Memukau, Parade Ulos Terpanjang di Karnaval Pesona Danau Toba

Karnaval akan dibuka dengan defile 100 penari cawan dengan membawa air perasan daun sirih jeruk perut.

oleh Azwar Anas diperbarui 21 Agu 2016, 12:02 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2016, 12:02 WIB
Memukau, Parade Ulos Terpanjang di Karnaval Pesona Danau Toba
Memukau, Parade Ulos Terpanjang di Karnaval Pesona Danau Toba

Liputan6.com, Jakarta Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba (KKPDT) 2016 akan menggunakan jalan utama Balige dengan jarak tempuh sepanjang 3,5 Km. Dijadwalkan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo beserta Ibu Negara, Iriana Widodo akan mengikuti karnaval pesona Danau Toba dengan memakai ulos.

Koordinator KKPDT 2016, Jay Wijayanto mengatakan, karnaval akan dibuka dengan defile 100 penari cawan dengan membawa air perasan daun sirih jeruk perut. Dilanjutkan dengan penampilan dari 50 pesilat untuk membuka jalan.

"Tujuannya agar raja (presiden-red) menjadi satu dengan alam. Diberikan air daun sirih agar rombongan raja disucikan, sedangkan jeruk purut bermakna agar raja dianugerahi kekuatan untuk memasuki wilayah," ujarnya.

Jay melanjutkan KKPDT akan dibagi dalam 3 kelompok besar, yaitu Parade Pembukaan yang mengangkat ekspresi budaya dari 7 kabupaten di kawasan Toba dan Sumatera Utara. Bahkan penampilan langka dari 300 pemain suling juga akan ditampilkan.

Selain arak-arakan di jalan, panitia juga membangun satu panggung bertema rakyat yang akan menjadi pusat karnaval. Panggung pembebsan akan dimeriahkan dengan pertunjukan dari Lima Puak dar lima subetnik Batak. "Dengan ciri khas kostum masing-masing, penampilan Tari Lima Puak dilengkapi dengan pola-pola musikal dari Lima Puak. Tujuannya untuk menyatukan perbedaan-perbedaan dari Lima Puak," jelas Jay.

Jay menambahkan, iring-iringan karnaval ini telah mengantongi penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) dengan kategori arak-arakan ulos terpanjang yakni dengan panjang 500 meter. Arak-arakan ulos itu akan dibawakan oleh 244 kepala desa dari berbagai sukuetnik di Batak.

Karnaval ini merupakan komposisi dari tampilan visual dan bunyi-bunyian. Karnaval ini akan menjadi ajang ekspresi kegembiraan seluruh warga masyrakat. "Sebab semua elemen ada di sini, termasuk penonton yang juga menjadi peserta karnaval perayaan HUT Republik kita yang ke-71," uajr Jay menambahkan. (War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya