7 Cara Meredakan Masalah Buang Air Besar dan Wasir Tanpa Operasi

Cara-cara berikut dapat membantumu mengatasi wasar dan buang air besar berdarah tanpa operasi.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 26 Jun 2020, 17:01 WIB
Diterbitkan 26 Jun 2020, 17:01 WIB
Atasi Wasir dengan Kiat Sederhana Ini
Atasi Wasir dengan Kiat Sederhana Ini

Liputan6.com, Jakarta Masalah buang air besar dapat memengaruhi siapa saja, kapan saja, dan ini berarti banyak orang pernah mengalami ini.

Namun demikian, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan gejala-gejala buang air besar keras dan menyakitkan atau bahkan wasir.

Berikut ini tips-tipsnya seperti dihimpun dari Brightside.me.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


1. Minum lebih banyak air

2. Minum Air Putih
Dengan meminum air putih setelah jogging, bisa membantu mengembalikan cairan yang hilang (Sumber foto: Medimetry.com)

Tidak minum air yang cukup sepanjang hari adalah salah satu penyebab stagnasi darah dan kematian sel yang dapat menyebabkan wasir. Kekurangan air menyebabkan darah menebal yang kemudian mengarah pada kemunduran pergerakan darah melalui sistem kapiler rektum.

Ini menyebabkan eksaserbasi wasir. Jadi, pennting untuk minum lebih sering dan selalu membawa sebotol air.

 


2. Gunakan kompres es

Ilustrasi Es Batu
Ilustrasi es batu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Es memiliki efek anastesi dan hemostatik dan dingin dapat menjadi cara terbaik untuk mengobati rasa sakit wasir. Suhu dingin membuat pembuluh darah (termasuk vena di rektum) menjadi lebih sempit, yang menyebabkan aliran darah menjadi kurang melimpah dan berkurang atau melenyapkan pendarahan.

Untuk membuat kompres, letakkan perban atau tisu yang dilipat dalam air dingin dan tempelkan ke titik hemoroid selama beberapa menit. Ini akan cukup untuk "mendinginkan" peradangan dan mengilangkan rasa sakit.

 


3. Jangan memaksakan diri dan berlama-lama di toilet

[Bintang] Buang Air Besar
Mengejan saat buang air besar | via: sarcasmlol.com

Meski tampaknya tak berbahaya, duduk di toile untuk waktu yang lama dapat menyebabkan memburuknya wasir yang sudah ada. Saat menggunakan toilet duduk, tekanan di rongga perut naik dan pembuluh darah di rektum akan membengkak.

Pengulangan proses ini dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan trombosis (penyumbatan pembuluh darah) atau perkembangan wasir.

 


4. Berenang, jalan kaki, atau lari

Ilustrasi
Ilustrasi anak bermain di kolam renang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Gaya hidup yang banyak duduk adalah faktor yang terbukti dalam pengembangan wasir. Banyak pasien wasir percaya karena penyakit ini mereka tidak dapat berolahraga. Padahal yang perlu dilakukan hanyalah memilih jenis kegiatan yang tepat.

Jenis-jenis kegiatan yang direkomendasikan bagi mereka yang menderita wasir biasanya berjalan, berenang, jogging, kegiatan-kegiatan yang melebarkan pembuluh darah, memperkuat sistem kardiovaskular, dan pada saat yang sama, tidak mengerahkan otot perut dan panggul.

 


5. Makan lebih banyak serat

[Fimela] sayur dan buah-buahan
sayur dan buah yang kaya akan serat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lewat pemeliharaan sistem pencernaan | pexels.com/@oleg-magni

Usus harus bekerja dengan lancar dan efek seperti itu dapat dicapai melalui diet konsisten sayuran yang kaya serat, roti gandum, buah-buahan, plum, oatmeal, soba, dan gandum.

Serat membantu menghilangkan racun, menormalkan kadar kolestrol darah, dan mendorong peningkatan massa feses dalam volume, serta memperkuat peristaltik usus.

 


6. Memilih pakaian dalam berbahan katun

Celana dalam wanita (iStock)
Ilustrasi celana dalam wanita (iStockphoto)

Jika Anda menderita wasir, sebaiknya pilih pakaian berbahan katun. Pakaian dalam dari katun meningkatkan sirkulasi udara yang baik dan menenangkan kulit sensitif.

Sangat penting untuk mengganti pakaian dalam Anda setiap hari. Disarankan juga untuk mengenakan pakaian yang tidak kencang sehingga kulit Anda memiliki ruang untuk bernapas.

 


7. Tiduran

Fakta, Kaus Kaki Bisa Buat Tidur Anda Lebih Nyenyak
Ingin tidur lebih nyenyak di malam hari? Simak di sini fakta cerdas di baliknya. (iStockphoto)

Tiduran paling nyaman bagi mereka yang menderita wasir karena dengan cara ini dimungkinkan untuk menghilangkan sensasi menyakitkan di daerah panggul dan anus. Posisi yang paling cocok adalah tidur berbaring di sisi tubuh Anda dan bergantian sisi kiri dan kanan agar darah tidak mandek.

Tidak disarankan tidur telentng karena posisi ini memudahkan darah mengalir ke dilatasi vena pembuluh rektum, sehingga meningkatkan tekanan pada area ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya