Viral Penemuan Kura-Kura Langka Berwarna Kuning, Warganet: Mirip Keju Meleleh

Seekor kura-kura albino ditemukan di kolam desa di Bengal Barat, India.

oleh Ulya Kaltsum diperbarui 10 Nov 2020, 10:00 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2020, 10:00 WIB
kura kura albino
Viral Penemuan Kura-Kura Albino Bewarna Kuning. Sumber: BoredPanda

Liputan6.com, India - Umumnya kura-kura cenderung berwarna hijau gelap, tetapi berbeda dengan kura-kura satu ini. Untuk kesekian kalinya, petugas dinas kesehatan India menemukan seekor kura-kura langka. Kura-kura tersebut berwarna kuning di seluruh tempurung dan tubuhnya.

Diketahui, warna kuning pada kura-kura tersebut disebabkan oleh albinisme atau sebuah kelainan pigmen. Hal ini ditandai dengan tidak adanya sama sekali atau hanya sebagian pigmen tirosin pada kura-kura tersebut. Selain itu, kondisi tersebut juga bisa terjadi jika adanya mutasi dalam urutan gen.

Kura-kura jenis ini biasanya dapat ditemukan di negara-negara Asia Selatan, seperti Pakistan, SriLanka, Nepal, Bangladesh, dan Myanmar. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Penemuan kura-kura albino yang kedua kalinya

kura kura albino
Viral Penemuan Kura-Kura Albino Bewarna Kuning. Sumber: BoredPanda

Kura-kura flapshell India biasanya hanya memiliki panjang 22 cm hingga 35 cm. Kura-kura flapshell masuk ke dalam hewan omnivora yang memakan beragam makanan, seperti siput, katak, dan tumbuhan air.

Penemuan kura-kura flapshell ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, kura-kura berwarna kuning langka ini juga ditemukan di Odisha, India pada Juli lalu.


Kura-kura diselamatkan dari kolam desa oleh petugas

kura kura albino
Viral Penemuan Kura-Kura Albino Bewarna Kuning. Sumber: BoredPanda

Kura-kura albino ini diselamatkan oleh petugas dari sebuah kolam desa di Bengal Barat, India. Petugas bernama Debashish Sharma, kemudian mengunggah momen langka tersebut ke dalam akun Twitter-nya.

"Hari ini seekor kura-kura kuning diselamatkan dari sebuah kolam di Burdwan, Bengal Barat. Ini adalah salah satu jenis Flapshell Turtle yang jarang muncul," keterangan dalam unggahan Debashish Sharma.


Respons Warganet

kura kura albino
Viral Penemuan Kura-Kura Albino Bewarna Kuning. Sumber: BoredPanda

Video berdurasi 10 detik ini viral dan telah ditonton lebih dari 700 ribu kali. Kura-kura tersebut pun mencuri perhatian warganet.

"Golden yellow! Beautiful," tulis Aharishankar

"Wow! That's awesome. Great find," tulis Ichinmaypatnaik

"Very different," tulis Rpushparani

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya