Sederet Fakta Si Kucing Hitam 'Bombay' yang Memikat

Kamu harus tahu bahwa kucing ini bukan merupakan ras kucing yang berasal dari Bombay, India.

oleh stella maris diperbarui 09 Sep 2021, 09:00 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2021, 09:00 WIB
Kucing hitam (Sumber: Wikimedia Commons)
Kucing hitam (Sumber: Wikimedia Commons)

Liputan6.com, Jakarta Tubuhnya dipenuhi bulu berwarna hitam dan warna mata tembaga yang tajam. Ya, itulah ciri khas kucing ras bombay yang sering kita lihat. 

Kucing bombay juga banyak diadopsi untuk dijadikan hewan peliharaan karena sifatnya yang aktif dan menyenangkan. Kucing yang dijuluki Parlor Panther ini dan ideal menjadi sahabat manusia serta menyukai anak-anak ini juga memiliki sederet fakta menarik lho. 

Dikutip laman Rover, berikut fakta menarik kucing hitam: 

Bukan Berasal dari India

Kamu harus tahu bahwa kucing ini bukan merupakan ras kucing yang berasal dari Bombay, India. Kucing ini pertama kali dikembangbiakkan oleh peternak asal Louisville, Ketucky, Amerika bernama Nikki Horner. Saat itu Horner menginginkan kucing yang menyerupai macan tutul. 

Oleh karena itu, dalam pembiakannya, dia mengawinkan kucing ras Black American Shorthair dengan Sable Burmese. Alasan dinamakan bombay karena rupanya yang mirip dengan macan tutul yang berasal dari sebuah kota eksotis di India. 

Punya Sisi 'Liar' 

Sama seperti kucing Savannah atau kucing Bengal, Bombay dibiakkan dengan tujuan menghasilkan kucing domestik dengan penampilan liar. Horner menyilangkan Black American Shorthair dengan Sable Burmese untuk mendapatkan tampilan eksotis seperti mini panther. 


Suka Suhu yang Hangat

Kucing ini senang beristirahat dengan tenang di dekat sumber panas yang dirasanya nyaman. Mereka suka meringkuk di depan jendela yang cerah di siang hari, untuk mendapatkan kehangatan. Bukan hanya itu saja, bombay juga menyukai tidur di atas pangkuan adopter-nya karena manusia memiliki suhu yang dinilainya hangat. 

Perawatan Minimal

Hal ini akan menjadi kejutan bagi siapa saja yang mencari kucing dengan perawatan rendah. Rambut pendek Bombay yang bebas rewel tidak membutuhkan banyak perhatian, selain penyikatan mingguan.

Beda Bombay Amerika dan Bombay Inggris

Peternak Amerika dan Inggris mengambil pendekatan berbeda untuk menciptakan macan tutul versi mereka sendiri. Breeder Inggris menyilangkan kucing Burma dengan kucing domestik hitam. Kedua ras itu serupa, namun perbedaan utamanya di bagian mata. American Bombay memiliki warna mata emas atau tembaga sementara mata British Bombay sering berwarna hijau.


Merawat Kucing Hitam

Muezza
Muezza.

Meski perawatannya terbilang lebih mudah, namun bukan berarti kamu mengabaikan kesehatan ras kucing ini ya. Salah satu yang istimewa dari ras kucing ini, selain bulu hitam yang pekat, juga mata yang indah. 

Oleh karena itu, bagi kamu yang memelihara anak bulu alias anabul, perlu menjaga kesehatan mata kucing. Caranya dengan memberikan asupan makanan yang tepat. 

Rekomendasi makanan terbaik bagi kucing adalah Muezza. Ini merupakan makanan kering (dry food) yang diberikan untuk kucing dewasa dan tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand.

Muezza juga mengandung ekstrak Yucca Schidigera untuk menghilangkan bau, meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah bakteri baik, guna menjaga kondisi saluran usus.  Selain itu, ada empat manfaat lainnya ketika kucingmu mengonsumsi Muezza, yaitu: 

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing dewasa karena dikombinasikan dengan vitamin, asam lemak, dan omega
  2. Menyehatkan kulit dan bulu karena mengandung komposisi Omega3 dan Omega
  3. Mengoptimalkan sistem pencernaan karena Muezza dibuat dengan banyak yang sangat mudah dicerna
  4. Menstimulasi penglihatan kucing dewasa karena mengandung taurin yang mencegah Feline Central Retinal Degeneration (degenerasi retina pusat pada kucing) dan Cardiomyopathy (lemah jantung)

Nah ada empat pilihan varian rasa Muezza, seperti Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Dari empat varian itu, kamu bisa memilih rasa yang paling disukai oleh si kucing kesayangan.

Jangan ditunda, tentukan pilihan variannya sekarang karena Muezza lagi ada promo bundling yang dijamin bikin hemat kantong. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di ShopeeBeli Muezza di Tokopedia

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya