6 Alasan Mengapa Anda Tidak Menyukai Orang Lain Tanpa Sebab yang Jelas

Ini adalah jawaban mengapa Anda suka merasa benci dengan orang, padahal dia tidak melakukkan kesalahan sedikitpun kepada Anda.

oleh Fany Triany diperbarui 31 Mar 2022, 13:07 WIB
Diterbitkan 31 Mar 2022, 13:07 WIB
Arti Mimpi Melihat Orang Kesurupan yang Bermakna Buruk
Ilustrasi Mimpi Melihat Orang Kesurupan Credit: pexels.com/Engin

Liputan6.com, Jakarta - Secara umum, rasa tidak suka biasanya muncul ketika Anda melihat seseorang berbuat atau melakukan sesuatu yang salah. Namun, pernah tidak Anda memiliki perasaan kesal dengan orang lain padahal dia tidak berbuat salah sedikitpun kepada Anda?

Dalam situasi itu bisa saja Anda kesulitan mencari jawaban, mengapa rasa benci itu muncul begitu saja. Ini bukan fenomena yang aneh, tapi manusia memiliki naluriah atau respon alami mengenai rasa suka ataupun tidak.

Kebencian adalah mekanisme pertahanan pikiran untuk melindungi diri dari ancaman yang dirasakan atau sebenarnya. Ketika Anda langsung tidak menyukai seseorang, berarti Anda membuat keputusan cepat ‘bahwa mereka ancaman’.

Tidak menyukai seseorang secara naluriah terjadi pada tingkat alam bawah sadar, sehingga  hal tersebut tampak seperti tidak ada alasan atau penyebabnya. Lalu apa saja alasan secara naluriah yang mungkin menjadi penyebab Anda tidak menyukai seseorang, melansir dari psychmehanics.com, Selasa (29/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Beda pandangan atau presepsi

Egois dan Merasa Paling Benar
Ilustrasi Sifat yang Tidak Disukai Pria Credit: pexels.com/Clift

Secara naluriah, berbeda pendapat atau tidak sepakat dengan orang lain, bisa menjadi alasan kuat mengapa perasaan benci itu muncul secara mendadak.


Persaingan dan rasa cemburu

Ilustrasi persaingan di dunia kerja
Ilustrasi persaingan di dunia kerja. (Photo by Werner Pfennig from Pexels)

Kita semua terancam oleh adanya persaingan, dan perasaan terancam ini akan dengan mudah berubah menjadi rasa tidak suka atau benci. Selain itu, kecemburuan juga sering kali menjadi alasan besar untuk tidak menyukai seseorang tanpa alasan yang jelas.

Orang yang cemburu termotivasi untuk menjatuhkan orang yang membuat mereka iri. Sebab orang yang cemburu biasanya tahu bahwa mereka tidak dapat bersaing secara langsung, sehingga dia hanya mampu mengkeritik atau menjelek-jelekkan.


Ingatan buruk atau trauma

Wanita Muda Minim Vitamin D Rentan Alami Depresi?
Trauma akibat masa lalu, buat wanita rentan kena stroke maupun serangan jantung. (Foto: ilustrasi)

Otak dan ingatan seseorang merupakan jaringan asosiasi. Ketika Anda mendapatkan getaran buruk dan tidak mengetahui alasannya, bisa jadi Anda memiliki kenangan atau pengalaman negatif yang serupa atau pernah terjadi sebelumnya.

Dalam situasi tersebut, Anda akan langsung mempunyai rasa tidak suka pada hal yang berkaitan dan serupa dengan kenangan masa lalu.


Merasa terancam atau diancam

Mengalami Trauma
Ilustrasi Mengalami Trauma Credit: pexels.com/Juan

Jika seseorang pernah menyakiti Anda, mungkin Anda akan memutuskan hubungan dengan orang tersebut dan melupakan semuanya. Namun, ketika Anda tiba-tiba bertemu orang itu setelah bertahun-tahun kemudian, perasaan benci yang sudah hilang sebelumnya mungkin akan muncul kembali, hanya karena melihat orang tersebut.


Orang yang mengingatkan Anda pada keburukkan diri sendiri

Mengalami Trauma
Ilustrasi Trauma Credit: Freepik

Anda bisa benci kepada orang yang memiliki kekurangan, kualitas atau keburukkan yang sama dengan diri Anda sendiri. karena dalam situasi tersebut, alam bawah sadar yang Anda miliki akan memaksa dan mendorong untuk terus intropeksi diri dari kesalahan.


Bertemu orang yang pasif (komunikasi satu arah)

Melimpahkan Semua Kekesalanmu Padanya
Ilustrasi Pasangan Credit: unsplash.com/Khamkeo

Ketika Anda bertemu dengan seseorang yang ramah dan terbuka, maka Anda akan senang. Sebaliknya, jika mereka menunjukkan bahasa tubuh yang tertutup, mungkin alam bawah sadar Anda akan langsung memberi penilaian tidak suka, kesal atau bahkan benci.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya