10 Ras Anjing dengan Umur Paling Panjang, Ada yang Sampai 29 Tahun

Ketika berbicara tentang ras anjing dengan rentang hidup terpanjang, biasanya ras anjing kecillah yang bertahan hidup paling lama.

oleh Resha Febriyana Putri diperbarui 28 Okt 2022, 13:30 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2022, 13:30 WIB
Tak Hanya Lucu, 6 Jenis Anjing Ini Harganya Selangit
Garis keturunan, warna bulu, bahkan lingkungan hidup membuat anjing-anjing ini harganya begitu mahal. (Doc: TheSpurce)

Liputan6.com, Jakarta - Kalian pasti menginginkan hidup lebih lama bersama hewan peliharaan Anda, bukan? Ketika berbicara tentang ras anjing dengan rentang hidup terpanjang, biasanya ras anjing kecillah yang bertahan hidup paling lama.

Anjing kecil umumnya hidup lebih lama daripada ras anjing besar. Hidup ras anjing kecil bisa mencapai 16 tahun atau lebih, sementara umur rata-rata anjing sedang atau besar lebih dekat ke 10 hingga 13 tahun.

Jadi, jika kamu menginginkan hidup bersana anjing lebih lama, jangan memilih ras anjing besar. Sebab, ras anjing besar jarang hidup lebih dari delapan tahun. Genetika juga dapat berperan dalam umur anjing.

Oleh karena itu, ketahui 10 ras anjing yang dikenal hidup paling lama, seperti melansir dari The Spruce Pets, Jumat (28/10/2022).

 

1. Chihuahua

Chihuahua adalah salah satu ras anjing yang berumur paling panjang. Banyak yang bertahan hidup melewati 15 tahun hingga 20 tahun.

Anjing kecil ini membutuhkan banyak latihan, stimulasi mental, dan pelatihan. Mereka umumnya sehat, tetapi ras ini masih rentan terhadap masalah jantung dan mata.

2. Dachshund

Tidak jarang kita bertemu dengan ras dachshund yang berusia lebih dari 15 tahun. Seekor dachshund bernama Chanel mencetak Rekor Dunia Guinness untuk dachshund tertua yang masih hidup. Dia meninggal pada tahun 2009 di usia 21 tahun.

Tetapi dachshund dapat memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan usia, terutama masalah punggung, yang dapat diperburuk oleh obesitas.

3. Toy Poodel

Toy Poodel yang lancang dan cerdas dapat menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat. Tetapi jangan meremehkan energi mereka atau jumlah stimulasi mental yang mereka butuhkan untuk pikiran mereka yang sibuk.

Ras ini bisa hidup mencapai usia 18 tahun. Tetapi ras ini rentan terhadap masalah ortopedi serta gangguan mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


4. Jack Russell Terrier

Jack Russell Terrier
Jack Russell Terrier (freepik)

Jack russell terrier adalah ras anjing kecil lainnya yang hidup hingga usia 16 tahun. Menurut Guinness World Records, jack russell tertua adalah Willie, yang mencapai usia 20 tahun pada 2014.

5. Shih Tzus

 

Shih Tzus yang ramah dan mudah beradaptasi biasanya hidup hingga 15 tahun atau lebih. Anjing-anjing ini dibiakkan untuk menjadi sahabat dan hanya membutuhkan jalan-jalan dan waktu bermain yang singkat setiap hari.

Bulu mereka yang panjang membutuhkan penyikatan setiap hari atau membutuhkan pemotongan secara rutin. Ras ini umumnya sehat tetapi rentan terhadap masalah ortopedi dan mata.

6. Maltese

 

Maltese biasanya merupakan ras kecil yang sangat sehat yang dapat hidup hingga 15 tahun atau lebih. Anjing ini tumbuh subur dengan teman dan kasih sayang, namun, hal ini juga berarti mereka rentan terhadap kecemasan akan perpisahan jika mereka ditinggal sendirian untuk waktu yang lama.


7. Yorkshire Terrier

Yorkshire Terrier
Yorkshire Terrier (sumber: Pixabay)

Yorkshire terrier adalah jenis toy breed (anjing kecil) yang populer dan cerdas, tetapi mereka bukanlah anjing peliharaan total.

Meskipun mereka setia dan penuh kasih sayang dengan keluarga mereka, mereka memiliki sifat-sifat terrier, termasuk naluri menjaga yang kuat dan sifat vokal. Ras ini dapat hidup sampai 15 tahun atau lebih.

8. Pomeranian

Pomeranian dikenal ramah tetapi terkadang sedikit bossy. Anjing ini sangat setia kepada keluarga mereka dan mungkin mengambil peran sebagai anjing penjaga mini.

Meskipun mereka bisa menjadi anjing yang penuh semangat, pelatihan yang konsisten dapat mengubah mereka menjadi hewan peliharaan keluarga yang hebat yang dapat hidup hingga 16 tahun atau lebih.


9. Shiba Inu

Shiba Inu
Foto: Nextshark.com

Untuk ras berukuran sedang, shiba inu memiliki umur yang panjang mencapai 16 tahun atau lebih. Anjing ini cenderung berkemauan keras dan suka menyendiri, jadi mereka tidak terbuka terhadap semua orang.

Tetapi mereka adalah ras yang bersih, tenang, dan setia. Dan mereka umumnya sehat, meskipun beberapa anjing rentan terhadap alergi.

10. Australian Cattle Dog

Australian cattle dog atau juga dikenal sebagai blue heeler, memiliki umur yang panjang dibandingkan dengan anjing lain seukurannya. Anjing tertua yang pernah hidup bernama, Bluey, hidup selama 29 tahun sampai 1939.

Anjing ras Australia ini biasanya dapat mencapai 16 tahun atau lebih. Ras ini sangat brilian dengan dorongan kerja yang tinggi. Mereka tumbuh subur di rumah yang aktif, berpartisipasi dalam olahraga anjing, dan kegiatan lainnya.

Infografis Ventilasi Penting untuk Cegah Penyebaran Covid-19
Infografis Ventilasi Penting untuk Cegah Penyebaran Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya