Mengapa Menangis Selalu Bikin Mengantuk? Ini Kata Ahli

Menangis menjadi bentuk ekspresi diri terhadap suatu hal yang membuat mereka sedih.

oleh Haya Aulia diperbarui 04 Nov 2022, 18:03 WIB
Diterbitkan 04 Nov 2022, 18:03 WIB
Ilustrasi menangis dan air mata
Ilustrasi menangis dan air mata. (Photo by Tom Pumford on Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Tangisan yang menetes dari mata ke area pipi ditimbulkan oleh berbagai macam faktor, contohnya, perasaan emosional yang tidak karuan. Menangis merupakan bentuk ekspresi yang dikeluarkan oleh seseorang ketika dihadapkan pada satu kondisi.

Saat kamu mengalami putus cinta, biasanya kamu akan mengurung diri di kamar dan menangis tanpa henti.

Alhasil, matamu akan terlihat sembab dan bengkak. Kondisi ini akan mengganggu penampilan, sehingga membuatmu terus menerus mengunci diri.

Air mata yang keluar tanpa henti dan terus menetes di area pipi terkadang membuatmu semakin lelah. Meskipun sebagian orang mengatakan, menangis dapat melepaskan beban dan melegakan hati.

Kamu mungkin pernah tertidur begitu saja setelah menangis berjam-jam. Lalu, muncul pertanyaan mengapa setiap habis menangis seseorang mudah mengantuk?

Dilansir dari Menshealth, Jumat (4/11/2022), setelah menangis seseorang akan merasa lega, meski ada efek sedikit lelah. Secara tidak langsung, fisik akan terasa begitu lelah saat mata mulai mengeluarkan air mata.

Tangis yang dilakukan seseorang pun membutuhkan banyak energi, sehingga seusai menangis badan akan terasa letih. Bukan hanya air mata saja, organ tubuh lainnya pun ikut bereaksi.

Saat menangis biasanya seseorang akan mengeluarkan cairan dari hidungnya yang terkadang membuat pernapasan menjadi terganggu.

Selain itu, menangis dan mengeluarkan air mata ternyata memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, di antaranya melepaskan hormon stres, melumasi mata dan menjaga mata agar tidak kering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tangis Emosional Bikin Kamu Lelah

[Bintang] Kata Astrologer: Nangis, 5 Zodiak Ini Pilih Sembunyi di Kamar
Virgo. (Sumber foto: unsplash.com)

Dilansir dari Theswaddle, sejumlah ahli percaya menangis dapat melelahkan fisik seseorang. Profesor psikologi di University of Pittsburgh, Lauren Bylsma, menjelaskan menangis membutuhkan banyak energi.

“Menangis merupakan hal yang berat bagi tubuh. Banyak energi yang terkuras dari tubuh ketika seseorang menangis,” jelas Lauren Bylsma.

Tingkat kelelahan yang dialami seseorang bergantung pada seberapa keras dan durasi tangisan mereka.

Saat menangis, detak jantung akan meningkat dan pernapasan pun akan melambat. Semakin lama mereka menangis, jumlah oksigen yang diterima otak pun semakin berkurang.

Otak akan menangkap sinyal dan membuat tubuh bereaksi pada kondisi kantuk. Inilah yang menyebabkan setelah menangis, biasanya orang akan kelelahan dan tertidur.

Namun setelah bangun dari tidur, kamu akan mengalami sembab di area mata yang mungkin akan mengganggu penampilan.


Menangis Dapat Melepas Beban

Ilustrasi menangis dan air mata
Ilustrasi menangis dan air mata. (Photo by Beniamin Şinca on Unsplash)

Saat menangis, tubuh akan melepaskan hormon yang berhubungan dengan stres. Oleh karena itu, menangis menjadi tindakan yang membantu tubuh untuk melepaskan trauma emosional yang dirasakan seseorang.

Para peneliti percaya menangis adalah perilaku yang dilakukan seseorang guna menenangkan dirinya dari segala situasi yang sedang dialami.

Dilansir melalui Healthline, para peneliti di Tilburg University mengamati tangis berdasarkan jenis kelamin mereka.

Hasil menunjukan rata-rata wanita di Amerika lebih sering menangis dibanding laki-laki, yaitu 3,5 kali setiap bulannya. Sedangkan, laki-laki menangis sekitar 1,9 kali setiap bulan.

Mereka juga mengungkap rata-rata frekuensi tangisan yang dilakukan seseorang akan bervariasi pula, sesuai dengan negaranya.

Selain itu, lingkungan dan permasalahan hidup seseorang akan berbeda pula. Maka dari itu, semua balik lagi ke individu masing-masing.


Manfaat Menangis untuk Kesehatan

[Bintang] Stok Air Mata 5 Shio Ini Gak Habis-Habis, Gampang Banget Nangis!
Shio ini nggak pernah berhenti nangis, bahkan buat hal yang sepele. (Sumber foto: unsplash.com)

Tubuh dapat mengeluarkan reaksi ketika dihadapkan pada situasi emosional sekali pun. Menangis menjadi bentuk reaksi tubuh terhadap situasi emosional yang sedang dialami.

Setelah mengetahui tangisan ternyata dapat menyebabkan kantuk, adapun manfaat bagi tubuh ketika seseorang menangis.

Tangisan yang dilakukan seseorang dapat mengeluarkan racun tubuh, menghilangkan rasa sakit, menenangkan diri, dan menyeimbangkan emosional diri.

Air mata dibagi menjadi tiga jenis, yakni air mata refleks, air mata yang terus muncul, dan air mata emosional.

Air mata refleks dapat bermanfaat untuk membersihkan kotoran, seperti asap dan debu. Air mata yang terus menerus keluar dari mata memiliki fungsi untuk melumasi mata agar tidak kering.

Sedangkan, air mata emosional akan mengandung hormon stres. Dengan begitu, ketika seseorang menangis karena adanya sebuah masalah, ia akan mengeluarkan hormon yang membantu dirinya lebih lega dari sebelumnya.

Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat
Infografis Zodiak yang Punya Daya Ingat Kuat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya