Tanpa Disadari, 10 Makanan Berbahaya Ini Sering Dikonsumsi

Ketahui apa saja makanan tidak sehat yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

oleh Ine Vania Putri diperbarui 07 Nov 2022, 17:30 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2022, 17:30 WIB
Apakah Kamu Alami Pandemic Pound Selama Pandemi?
Ilustrasi makan. (dok. Jarritos Mexican Soda/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Apapun yang rasanya enak belum tentu sehat. Kebanyakan makanan yang tidak sehat memang memiliki rasa terbaik higga membuat kita sulit untuk menjauhinya.

Namun, mengendalikan keinginan dan menjaga konsumsi makanan yang tidak sehat tentu perlu diperhatikan karena demi kepentingan Anda sendiri.

Tidak hanya sebagian besar makanan ini memiliki sedikit atau tidak ada nilai gizi, mereka juga dapat menciptakan penumpukan racun yang berdampak buruk pada kesehatan Anda secara keseluruhan.

Melansir dari Health Shots Senin (7/11/2022), berikut 10 makanan tidak sehat yang sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

1. Gula

Berapa kali Anda disarankan untuk mengurangi gula? Pernahkah Anda menganggapnya sebagai reaksi yang berlebihan? Tentunya tidak. Gula adalah salah satu penyebab terbesar diabetes dan obesitas di seluruh dunia.

Gula juga memberi banyak tekanan pada hati, pankreas, dan sistem pencernaan Anda. Gula menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar terkena flu, pilek, ketidakseimbangan hormon, atau bahkan depresi.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua gula itu buruk, tetapi Anda harus selalu mengonsumsinya dalam jumlah sedang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Soft Drink

FIMELA Beauty: Kandungan alkohol di dalam skincare dan makeup/Photo by Chris Ralston on Unsplash
FIMELA Beauty: Kandungan alkohol di dalam skincare dan makeup/Photo by Chris Ralston on Unsplash

Soft drink atau minuman ringan berkarbonasi adalah salah satu sumber tambahan gula dan kafein terbesar dalam makanan.

Konsumsi teratur makanan ultra-olahan ini dapat menyebabkan beberapa kondisi kesehatan, termasuk obesitas, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, dan penyakit inflamasi.

Sangat disarankan untuk mengganti minuman ini dengan alternatif yang lebih sehat seperti teh herbal dan air lemon.

3. Karbohidrat olahan

Karbohidrat adalah bagian penting dari makanan seimbang, orang harus mencoba mengonsumsi makanan utuh dan menghindari biji-bijian olahan.

Karbohidrat olahan, yang biasa ditemukan dalam makanan olahan seperti pasta, roti putih, dan muffin, dengan cepat dipecah oleh tubuh Anda, menghasilkan lonjakan cepat kadar gula darah.

Hal ini dapat meningkatkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2. Coba tambahkan karbohidrat sehat ke dalam diet Anda seperti barley, beras merah, soba, millet, dan oatmeal. Ini secara otomatis akan mengurangi keinginan Anda dalam mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

4. Alkohol

Semua orang tahu alkohol buruk bagi kesehatan. Terlalu banyak alkohol dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan jangka panjang, termasuk sirosis hati dan gagal hati.

Selain itu, dapat mengiritasi jaringan dan membuatnya rentan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh karsinogen (zat penyebab kanker).

Masalah lain yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan termasuk dehidrasi, sakit kepala, dan lekas marah.


5. Keripik Kentang

Camilan biskuit kentang
Camilan biskuit kentang. (Foto: pixabay)

Makanan yang digoreng pada suhu tinggi dapat membentuk akrilamida, yang dikenal sebagai karsinogen. Selain itu, keripik kentang tidak hanya tinggi lemak tetapi juga dilapisi dengan terlalu banyak garam, yang membuatnya tinggi sodium.

Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah dan masalah kolesterol, meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

6. Margarin

Margarin adalah olesan populer yang digunakan untuk memanggang, memasak, dan membumbui di seluruh dunia. Meskipun disukai secara luas, ia memiliki lemak trans yang tidak sehat.

Lemak ini tidak dapat diproses oleh tubuh Anda dan sangat berbahaya. Mereka meningkatkan peradangan, meningkatkan kadar kolesterol jahat, dan merusak dinding pembuluh darah Anda.

7. Sup kalengan

Banyak yang menganggap sup kalengan sebagai camilan sehat untuk mengekang rasa lapar. Namun, bertentangan dengan kepercayaan populer, sup ini dikemas dengan garam.

Meskipun penting dalam jumlah kecil, garam merupakan sumber utama natrium, dan konsumsi berlebih dapat meningkatkan risiko hipertensi dan serangan jantung.


8. Donat

Donat
Donat glazed/copyright: unsplash/heather scwartz

Terbuat dari karbohidrat olahan dan gula putih, donat sangat buruk bagi lingkar pinggang dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Mereka tidak hanya digoreng, tapi juga sarat dengan lemak trans, yang meningkatkan kadar kolesterol dan merusak pembuluh jantung.

9. Daging olahan

Daging olahan tinggi natrium dan nitrat, yang keduanya cukup berbahaya bagi kesehatan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi daging ini terkait dengan peningkatan kerentanan terhadap kanker usus besar.

Selain itu, nitrat berubah menjadi nitrit saat dicerna, yang selanjutnya dapat membentuk nitrosamin, bahan kimia penyebab kanker yang sangat berbahaya.

10. Mi instan

Salah satu tips kesehatan terbaik yang dapat Anda ikuti adalah menghindari makanan apa pun yang dimulai dengan "instan." Sama seperti sup kalengan, jumlah natrium dalam mi instan sangat tinggi.

Selain itu, mengandung monosodium glutamat (MSG) dalam jumlah tinggi, yang bertindak sebagai racun bagi saraf dan sistem reproduksi.

Jadi, untuk menjalani hidup yang sehat dan mencapai kesejahteraan yang sempurna, jangan menyerah pada keinginan Anda akan makanan tidak sehat yang disebutkan di atas.

Infografis Alasan Makan Bersama Berisiko Tinggi Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Infografis Alasan Makan Bersama Berisiko Tinggi Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Niman)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya