Kaesang Ngetwit Kode Malam Pertama, Begini Respons Kocak Warganet

Dalam prosesi pernikahan menjelang upacara panggih, Kaesang Pangarep masih sempat mengunggah gambar karakter Patrick serta bertuliskan 'wleowleowleo'.

oleh Benedikta Ave Martevalenia diperbarui 10 Des 2022, 19:24 WIB
Diterbitkan 10 Des 2022, 19:03 WIB
Kaesang Pangarep Suami Erina Gudono
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, memasangkan cincin nikah di jari sang istri, Erina Gudono seusai akad nikah di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022). Sejumlah pejabat dan tokoh hadir ikut menyaksikan momen sakral tersebut. (FOTO: Agus Suparto/Biro Pers Istana Kepresidenan)

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana, Kaesang Pangarep selalu mencuri perhatian masyarakat Tanah Air, dengan tingkah lakunya yang kocak dan slengean. 

Rasa-rasanya kurang afdol jika Kaesang tidak membuat geger publik, khususnya para pengguna jejaring sosial Twitter dengan twit-twitnya. 

Dalam prosesi pernikahan menjelang upacara panggih, Kaesang Pangarep masih sempat mengunggah gambar karakter Patrick serta bertuliskan 'wleowleowleo'. Sontak saja, twit tersebut langsung dibanjiri berbagai respons kocak warganet.

Melihat komentar-komentar warganet, 'wleowleowleo' ini diduga dikaitkan dengan hal-hal yang berbau dewasa. Pasalnya, Kaesang dan Eriana saat ini sudah sah menjadi pasangan suami istri baru. Tentunya warganet memaknai cuitan 'wleowleowleo' Kaesang sebagai bentuk mengungkapkan perasaan 'tidak sabar' atau kode malam pertama dengan sang istri, Erina. 

Berikut beberapa respons kocak warganet mengenai twit yang dibuat Kaesang, seperti merangkum dari Twitter.

"Pagi mam nassy. Malam mam pussy," tulis akun @hanmula.

"Wis cukur Kak?" sahut akun @apriyadidit.

"Sedang memikirkan alasan apa untuk membuka obrolan nnti malam," kata akun @andikabp_.

"Selamat ber wleowleowleo ria ya nanti malam Kaesang," ucap akun @MakrufTeguh.

"Yg mas kaesang pikirkan ntar malem aowkwowk," komentar akun @Desyysr_.

"Oh ini tandanya mas Kaesang siap untuk wleowleowleo," tulisa akun @neodranoel.

"Asik nih ntar malem," kata akun @buzlaigyear.

"Jangan brutal bang," sahut akun @jatinglo.

 

Sebelumnya, Kaesang Pangarep juga membuat twit 'sah.' twit ini pun tak luput menjadi sorotan warganet. Banyak dari warganet juga menuturkan ucapan selamat dan doa untuk Kaesang dan istrinya, Erina Gudono.  

"SAHHHHHHHHH!!! semoga bisa lebih aktif ngirim meme," tulis akun @97soohee.

"Ekpresiku ketika liat mas kaesang masih live tapi twitternya udah update," kata akun @senandungharap_.

"Alhamdulillah duta meme Indonesia sudah sah," sahut akun @svnootoonin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pesan Jokowi ke Kaesang-Erina: Saling Pengertian dan Harmonis Sampai Kakek Nenek

Kaesang Pangarep Suami Erina Gudono
Prosesi akad nikah putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Royal Ambarrukmo, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (9/12/2022). Kaesang Pangarep berhasil mengucapkan ijab kabul dalam satu kali tarikan nafas. (FOTO: Agus Suparto/Biro Pers Istana Kepresidenan)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersyukur acara akad nikah serta ijab kabul putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022), berjalan dengan baik dan lancar. Jokowi pun mendoakan agar keduanya dapat harmonis sampai tua.

"Kami mendoakan agar Mas Kaesang dan Mbak Erina bisa segera menempuh hidup baru. Saya pesan, saling pengertian, saling melengkapi kemudian rukun, harmonis sepanjang masa sampai kakek-kakek, nenek-nenek," jelas Jokowi kepada wartawan usai akad nikah di Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Dia mengaku bahagia dan lega melihat putra bungsunya sudah menikah. Jokowi sendiri tidak memberikan hadiah khusus di hari pernikahan Kaesang dan Erina Gudono.

"Hadiah cinta," ucapnya.

Usai acara akad nikah, Jokowi dan Ibu Negara Iriana akan kembali ke Solo Jawa Tengah, untuk acara tasyakuran Kaesang-Erina. Acara tasyakuran akan digelar di Pura Mangkunegaraan, Minggu 11 Desember 2022.

"Ini langsung (ke Solo) karena harus mempersiapkan diri," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep resmi menikah dengan Erina Gudono, Sabtu (10/20/2022). Pembacaan ijab kabul dilaksanakan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Seperti pasangan pada umumnya, Kaesang pun memberikan sebuah mahar atau mas kawin untuk Erina. Dalam hal ini, Kaesang memberikan seperangkat alat salat serta uang tunai sebesar Rp300.000, dengan tiga pecahan Rp100.000.


Makna Sakral Kembang Mayang dalam Prosesi Pernikahan Kaesang dan Erina

Momen akad nikah Kaesang dan Erina
Momen akad nikah Kaesang dan Erina. (Dok: YouTube Presiden Joko Widodo)

Rangkaian prosesi pernikahan Kaesang dan Erina Gudono akan digelar dengan menggunakan adat Jawa. Ternyata, prosesi adat tersebut bukan hanya sekadar ritual semata, melainkan bentuk penghormatan terhadap budaya yang ditinggalkan leluhur.

Salah satu ornamen pernikahan khas adat Jawa yang ada di pernikahan Kaesang dan Erina adalah keberadaan kembang mayang. Dikutip dari jurnal yang berjudul "Kembar Mayang Dalam Upacara Pernikahan Masyarakat Jawa" (2022) oleh STAHN Mpu Kuturan, kembar mayang dibentuk dan disusun dari janur, bunga atau kembang panca warna, dan buah hingga bentuknya menyerupai bunga yang indah.

Dari segi estetika, kembar mayang ini biasanya dilihat hanya sebagai dekorasi. Padahal secara filosofis, kembang mayang memiliki makna, doa, dan harapan yang mulia untuk calon pengantin.

Kembang mayang ini secara filosofis sebagai pohon kehidupan yang dapat memberikan segala hal yang diinginkan. Kembar mayang sering juga disebut megar mayang atau gagar mayang yang melambangkan mekarnya bunga pinang.

Maknanya adalah mengantarkan kepada kehidupan baru orang dewasa di dalam masyarakat. Kembar mayang berjumlah dua buah yang sama bentuk dan ukurannya.

Masing-masing memiliki nama Dewandaru dan Kalpandaru. Dewandaru berarti wahyu pengayoman dengan harapan pengantin pria dapat mengayomi keluarganya secara lahir batin.

Sementara itu, Kalpandaru berarti wahyu kelanggengan yang mengharapkan agar kehidupan pengantin panjang umur, langgeng, dan abadi selamanya. Kembar mayang dibuat dari susunan janur, bunga atau kembang panca warna, dan buah yang dirangkai hingga setinggi satu meter di batang semu pisang atau gedebog.

Janur yang digunakan pada kembar mayang ini dianyam atau dibentuk menjadi empat jenis. Bentuk keris, berarti melindungi dari mara bahaya.

Bentuk belalang, menjauhkan kehidupan rumah tangga dari segala macam halangan. Bentuk payung bermakna pengayoman. Bentuk burung melambangkan kesetiaan.


Menu Resepsi Kaesang dan Erina di Yogyakarta, Ada Hidangan Raja Mataram Islam

Kaesang Pangarep Suami Erina Gudono
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menyapa Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat prosesi akad nikah mereka di Royal Ambarrukmo, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (9/12/2022). Mensesneg Pratikno bertindak sebagai saksi dari pihak mempelai wanita, sedangkan Menteri Basuki Hadimuljono sebagai saksi pihak mempelai pria. (FOTO: Agus Suparto/Biro Pers Istana Kepresidenan)

Dalam acara akad nikah Kaesang dan Erina, terdapat beberapa menu resepsi yang terinspirasi dari Raja Mataram Islam.

Tak hanya hidangan mewah saat prosesi akad nikah hingga upacara panggih, namun  Kaesang dan Erina juga telah menyiapkan lebih dari 16 ribu makanan. Nantinya, makanan tersebut akan dibagikan secara gratis untuk masyarakat Solo, Minggu (11/12/2022).

Para tamu undangan yang hadir disuguhkan menu-menu khas Jawa. Pemilik Larasati Dekorasi, Anjas Larasati mengatakan, konsep acara makan di akad nikah ini menggunakan konsep 'a la carte'.

Makanan disajikan di meja tamu secara langsung, sehingga tamu bisa menikmati acara secara keseluruhan. Setidaknya ada empat hidangan yang disajikan, mulai dari menu pembuka, menu utama, dan menu penutup.

  1. Menu pembuka: salad sayur kalas. Salad tradisional ini merupakan hidangan sayur tradisional khas Bali yang diolah dari kacang panjang dan dibumbui santan gurih.
  2. Makanan utama ada 2: sop buntut beserta tumpeng nasi pandan wangi. Menariknya, sop buntut merupakan salah satu menu yang paling populer di Royal Ambarrukmo.
  3. Hidangan penutup: manuk nom. Bukan sembarang makanan manis, manuk nom adalah puding khas Keraton Yogyakarta yang merupakan kegemaran Raja-raja Mataram. Manuk nom terbuat dari puding ketan tape. Sajian ini biasanya menggunakan ketan hijau.

 

infografis journal
infografis Serangan 1 Maret 1949 di Yogyakarta. (Liputan6.com/Tri Yasni).
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya