Resolusi Tahun Baru: Hidup di Era Digital, Fresh Graduate Wajib Paham 3 Skill Berikut!

Cek tiga hard skill yang fresh graduate wajib pahami di era serba digital sekarang ini dan masukkan ke dalam resolusi tahun baru kamu.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 12 Jan 2023, 16:35 WIB
Diterbitkan 12 Jan 2023, 16:35 WIB
Digital Marketing
Ilustrasi Digital Marketing Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Menyusun resolusi menjadi salah satu hal penting yang perlu dilakukan untuk menjalani tahun baru 2023. Meninggalkan berbagai hal yang buruk dan mulai merencanakan hal-hal baru yang akan dikerjakan dapat mendukung perkembangan diri menjadi lebih baik. 

Selain memulai pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, rutin berolahraga, hingga mengurangi waktu begadang, penting juga buat kamu mulai mempelajari beberapa hard skill yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Tujuannya untuk memperbesar peluangmu diterima bekerja di era digital dan persaiangan yang ketat diantara para pencari kerja.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tiga hard skill yang fresh graduate wajib pahami di era serba digital sekarang ini dan masukkan ke dalam resolusi tahun baru kamu.

1. Digital Marketing 

Era digital yang berkembang pesat membuat tren marketing atau pemasaran ikut berubah. Masyarakat kini lebih banyak beralih ke belanja online mengandalkan internet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Ilustrasi digital marketing
Ilustrasi digital marketing. Dok: oracle.com

Bekerja dengan seseorang yang memiliki skill digital marketing membuat perusahaan dapat menjangkau target pelanggan dengan lebih efisien dan efektif. Itu sebabnya skill ini sangat dibutuhkan di era sekarang, karena dapat merangkul konsumen secara lebih cepat, tepat, dan luas. 

Contoh skill yang mencakup bidang digital marketing adalah mengenai SEO, SEM, digital ads, content marketing, hingga analisis data. Untuk fresh graduate tidak mungkin langsung paham semuanya, minimal pelajari dasar nya dan biarkan waktu dan pengalaman yang membuat kamu ahli di bidang tersebut.

 


2. UX Design 

UX Design 
Shutterstock/Gorodenkoff

UX design merupakan kemampuan dalam meningkatkan pelayanan berupa interaksi antara pelanggan dengan produk. Mudahnya, seorang UX Design memiliki kemampuan untuk membuat produk atau layanan bisa digunakan melalui aplikasi, namun memiliki tampilan yang menarik dan dapat diakses dengan mudah. 

Dalam skill ini, kamu harus memahami berbagai hal seperti user experience research, wireframing dan UI prototyping, interaction design, hingga coding. Hampir semua perusahaan memiliki aplikasi web yang dapat diakses masyarakat. Itu sebabnya skill ini sangat menjanjikan untuk jenjang karir kamu. Bahkan sebuah riset yang dikutip dari laman careerfoundry.com menjelaskan, bahwa permintaan akan keahlian UX design tumbuh sebesar 18% dari 2015 hingga 2025 mendatang.

3. Data Analyst

 

Ilustrasi Data Analyst
Ilustrasi Data Analyst. Kredit: PhotoMIX-Company via Pixabay

Di era sekarang, penggunaan data sudah menjadi bagian penting dalam mengembangkan bisnis. Data dikumpulkan, dianalisis dan digunakan untuk mendorong segala macam prediksi atau simulasi pengambilan keputusan jangka pendek maupun panjang. Perusahaan mana yang tidak butuh skill tersebut? 

Untuk memahami hal ini, kamu harus memiliki pengetahuan yang kuat dalam bidang matematika, statistik, dan pemrograman. Sedangkan untuk bagian yang lebih teknis, kamu bisa mempelajari beberapa bahasa pemrograman seperti SQL dan Python. Selain itu, pemahaman yang baik terhadap bisnis juga harus kamu miliki. 

Itulah tiga hard skill yang fresh graduate wajib pahami di era serba digital sekarang. Jangan lupa di masukin ke list resolusi tahun baru untuk segera kamu pelajari. Ingat, memahami dasarnya saja sudah cukup bagi generasi muda. Waktu dan pengalaman yang bisa membuat kamu jadi ahli dalam detail dan teknis skill tersebut.

Tidak perlu khawatir belajarnya di mana, sekarang sudah banyak platform media digital yang menawarkan bimbingan melalui kelas pelatihan secara online maupun offline. Tinggal tentukan waktunya memulai dan sertai dengan niat bersungguh-sungguh untuk belajar. 

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya