4 Makanan yang Bantu Cegah Munculnya Komedo

Berikut beberapa makanan yang bisa membantu mencegah komedo yang muncul di kulit wajah.

oleh Yulia Lisnawati diperbarui 28 Jan 2023, 10:03 WIB
Diterbitkan 28 Jan 2023, 10:03 WIB
Skincare untuk komedo
Intip cara ampuh untuk menghilangkan komedo membandel di pinggir bibir. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu, khususnya kaum hawa pasti mendambakan kulit wajah yang sehat, bercahaya dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

Namun, munculnya komedo dan jerawat di wajah tentu sangat sulit dihindari. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghilangkan masalah kulit wajah, mulai dari menggunakan produk kecantikan, hingga melakukan perawatan kulit.

Selain itu, memilih makanan yang tepat ternyata bisa menyelesaikan masalah kesehatan kulit dengan cara yang sehat.

Oleh karena itu, berikut beberapa makanan yang bisa membantu mencegah komedo yang muncul di kulit wajah, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (27/1/2023).

1. Makan kacang almond

Kacang almond memiliki banyak vitamin E, yang secara alami bisa memblokir hal-hal berbahaya yang memengaruhi kulitmu, seperti polusi dan bakteri.

Jika Anda khawatir almond mengandung banyak lemak, nyatanya kacang almond mengandung lemak sehat yang bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.

Lemak bisa memperparah jerawatmu, tapi makanan seperti kacang almond tidak bisa menyebabkannya kecuali bersentuhan langsung dengan kulitmu di bagian luar.

2. Makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 bisa mengurangi peradangan dan bisa membantu melawan jerawat. Anda cukup mengonsumsi makanan dengan omega-3 saja atau menggabungkannya dengan makanan sehat lainnya.

Selain itu, makan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 bisa membantu melawan kulit merah, kering dan gatal pada bayi.

Makanan-makanan tersebut di antaranya salmon, tiram, sarden, kaviar, biji chia, kedelai dan lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Minyak biji borage

Ilustrasi Minyak Esensial / Essential Oil (sumber: pixabay)
Ilustrasi Minyak Esensial / Essential Oil (sumber: pixabay)

Meskipun minyak biji borage mengandung asam lemak omega-3 (yang harus dihindari untuk menghilangkan komedo), minyak ini tidak menyebabkan peradangan kulit--justru ati peradangan.

Ini membantu memecah sumbat protein dan membantu mengurangi oksidasi.

4. Hentikan produk susu

Kebanyakan individu, terutama anak-anak, menyukai sereal dengan susu untuk sarapan pagi. Tapi ini ternyata bisa menimbulkan efek yang lebih berbahaya bagi kulitmu daripada yang Anda kira.

Protein yang ditemukan dalam susu sapi melepaskan insulin, dan ini diketahui menyebabkan kulit berjerawat, seperti komedo.

Protein dalam susu bahkan bisa bercampur dan tertukar dengan hormon alami dalam tubuh kita yang lagi-lagi bisa menyebabkan jerawat.


Cara lainnya menggunakan bahan alami

ilustrasi tea tree essential oil/freepik
ilustrasi tea tree essential oil/freepik

Tea Tree Oil

Minyak pohon teh dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan bakteri. Oleskan sedikit minyak pohon teh ke aplikator kapas dan gosokkan pada komedo.

Diketahui, minyak dapat membuat jalur di bawah penyumbatan pori-pori dengan menembus kulit masuk ke dalam. Ini kemudian membantu mendisinfeksi pori-pori dan mengeringkan komedo dan menyumbat pori-pori kita.

Scrub Gula atau Garam

Scrub gula atau garam dapat mengelupaskan sel-sel mati di permukaan kulit kita. Kalian bisa menggunakannya dengan basahi wajah, kemudian oleskan scrub garam atau gula ke area yang ada komedo dan pijat kulit kalian dengan gerakan melingkar kecil hingga 30 detik. Lalu, bilas wajah dengan air setelah selesai.

Daun Teh

Daun teh hijau basah dapat membantu mengurangi produksi minyak di kulit. Teh hijau juga kaya akan antioksidan. Kalian bisa menggunakannya dengan mencampurkan daun teh hijau kering dengan air dan pijat daun basah ke kulit kalian dengan gerakan melingkar kecil hingga 30 detik. Kemudian, bilas wajah dengan air setelah selesai. 

Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Area Wajah Sering Disentuh Tangan Rentan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya