5 Tips Berteman dengan Mantan Kekasih Usai Putus

Inilah yang harus dilakukan setelah putus cinta untuk mempermudah transisi dari romansa ke persahabatan.

oleh Camelia diperbarui 04 Feb 2023, 10:00 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2023, 10:00 WIB
pasangan lebih dari teman
ilustrasi pasangan bahagia/Image by N-Y-C from Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Ketika seseorang telah menjadi bagian besar dalam hidup Anda untuk waktu yang lama, sangat sulit membayangkan hidup Anda tanpa mereka. Wajar jika ingin berusaha untuk mempertahankannya karena ada kenyamanan jika mereka ada di dekat Anda.

Akibatnya, sangat sulit untuk beralih dari kekasih menjadi berteman dengan mantan setelah putus cinta. Jika Anda tidak berteman dengan orang tersebut sebelumnya, Anda tidak akan pernah belajar seperti apa persahabatan dengan mereka. 

Terus terang, Anda tidak tahu bagaimana berteman satu sama lain dan Anda tidak dapat berinteraksi dengan mereka sebagai teman seperti yang Anda lakukan saat berkencan.

Kenyataannya sederhana, setiap hubungan berbeda. Jadi, sulit untuk mengetahui apakah persahabatan setelah cinta itu mungkin. Bagi sebagian orang, itu berhasil. Bagi yang lain, ini adalah bencana.

Jika Anda optimis dan bertekad, atau jika Anda berada dalam situasi di mana Anda harus terus bertemu satu sama lain, inilah yang harus dilakukan setelah putus cinta untuk mempermudah transisi dari romansa ke persahabatan. Dilanisr dari Yourtango, berikut ulasannya:


1. Identifikasi keinginan, motivasi, dan perasaan Anda sendiri untuk membuat persahabatan ini berhasil

Tidak Terpaku Pada Pemikiran Konservatif Tentang Peran dalam Keluarga
Ilustrasi Pasangan Suami Istri Credit: pexels.com/pixabay

Jika Anda cukup fokus dan merasa akan bermanfaat bagi tujuan jangka panjang Anda untuk memiliki orang ini dalam hidup Anda, maka lakukanlah. Tapi, Anda harus mengevaluasi motivasi Anda dengan serius sebelum menjalin pertemanan.

Jika Anda berharap untuk kembali bersama atau jika Anda masih tertarik secara fisik kepada mereka, maka jangan berkomitmen untuk berteman, karena itu bukan yang terbaik untuk Anda saat Anda mencoba untuk melanjutkan hubungan.

2. Ambil waktu sejenak

Jika Anda mencoba memperbaiki keadaan terlalu cepat, seseorang pasti akan terluka. Anda perlu merenungkan akhir hubungan dan menerima nasib masa depan Anda bersama. Jika Anda berharap untuk menyalakan kembali romansa, persahabatan segera mungkin bukan solusi terbaik, karena itu hanya akan semakin menyakiti Anda berdua.


3. Tetapkan batasan

Memperlakukan Teman Secara Wajar
Ilustrasi Pertemanan Credit: pexels.com/pixabay

Anda harus jelas tentang apa yang membuat Anda nyaman dan tidak nyaman. Misalnya, Anda mungkin baik-baik saja dengan nongkrong di bar bersama tetapi tidak rela melihat mereka berhubungan dengan orang lain di depan Anda.

Demikian pula, mereka mungkin memiliki beberapa batasan juga. Jelaskan tentang harapan Anda dan komunikasikan dengan jelas dan sejak dini. Dan terus berkomunikasi jika ada hal lain yang muncul.


4. Lepaskan pola sebelumnya dan mulailah dari awal

Jangan Berekspektasi Untuk Diperlakukan Secara Spesial
Ilustrasi Pertemanan Credit: pexels.com/pixabay

Anda tidak dapat berharap bahwa mereka akan tetap menjadi pengirim pesan cepat atau hanya ingin tidur dengan Anda. Lihatlah persahabatan yang baru ditemukan ini dari tempat baru dan saling mengenal dengan cara yang berbeda. Ini bisa dalam bentuk berbelanja di pasar atau mengunjungi kafe baru yang belum pernah Anda berdua kunjungi.


5. Biarkan itu terjadi secara alami

Jangan Mengandalkan Temanmu Untuk Semua Situasi
Ilustrasi Pertemanan Credit: pexels.com/pixabay

Anda berdua telah mengalami saat-saat intim dan rentan bersama, jadi tidak apa-apa jika Anda membutuhkan ruang sendiri di awal. Anda tidak bisa mendorong persahabatan yang tidak ada. Jika tampaknya tepat untuk memulai hangout atau pergi ke bioskop, lakukanlah. Namun jika terasa lebih aman untuk mengizinkan mereka menghubungi Anda, lakukan saja. Biarkan itu terjadi secara alami.

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya