Penting, Ketahui 7 Hal Ini Sebelum Ketemu Gebetan dari Dating Apps

Aplikasi kencan online menjadi populer akhir-akhir ini. Apa aja yang perlu diperhatikan sebelum menemui gebetan yang kamu temui di dating apps? Yuk, simak artikel berikut ini.

oleh Adelia Septi Viranti diperbarui 16 Mar 2023, 18:05 WIB
Diterbitkan 16 Mar 2023, 18:05 WIB
Ilustrasi Kencan Online
Ilustrasi kencan online. (dok. Pixabay.com/amrothman)

Liputan6.com, Jakarta - Dari tahun ke tahun, perkembangan dan penggunaan internet secara global di dunia ini sudah semakin meningkat.

Dengan munculnya teknologi, internet, dan media sosial, hampir semua aktivitas dapat Anda lakukan secara online. Mulai dari mengantar barang, memesan makanan, menggunakan jasa untuk bersih-bersih rumah, hingga berkencan. Berkencan di media sosial telah menjadi hal baru akhir-akhir ini.

Meskipun mendekati seseorang atau mengungkapkan cinta terlebih dahulu merupakan hal yang sulit, namun seiring berjalannya waktu, hal ini menjadi mudah dan menyenangkan.

Perlu diketahui bahwa segala sesuatu di dunia ini memiliki pro dan kontra, termasuk berkencan melalui media sosial. Memang, ada yang berhasil dalam melakukan online dating hingga langgeng. Namun, tak sedikit juga yang gagal dan menimbulkan dampak negatif dari online dating.

Jika Anda memutuskan untuk dating secara online, Anda harus berhati-hati karena dapat menimbulkan dampak negatif salah satunya penipuan. Mulai dari membuat akun palsu dengan memakai identitas orang lain, menipu atau bahkan menjahili dengan bantuan akun palsu tersebut.

Ruang digital telah menjadi ruang yang berbahaya untuk berkomunikasi jika Anda tidak berhati-hati. Karena itu, ada banyak hal yang harus Anda ketahui sebelum melangkah ke kencan online. Untuk membantu Anda mencapai hal tersebut, berikut ini adalah 7 cara untuk membuat pengalaman kencan Anda aman dan nyaman, melansir Time Of India, Senin(13/03/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Jangan ungkapkan data diri

3 Tips Membuat Profil Aplikasi Kencan Online Terlihat Lebih Menarik dari Pakar Hubungan
Begini trik membuat profil aplikasi kencan online terlihat lebih menarik. (pexels/andrea piacquadio).

Meskipun kencan online itu nyaman dan mengasyikkan, kencan online juga memiliki sisi buruknya sendiri. Meskipun mungkin memberi Anda kesan romantis, tetapi tidak ada alasan mengapa Anda harus mengungkapkan setiap hal tentang diri Anda kepada orang yang belum pernah Anda temui sama sekali.

Anda harus memastikan bahwa orang yang Anda ajak bicara adalah orang yang Anda ketahui dan Anda percaya, sebelum memberikan data pribadi Anda kepadanya.

2. Sebelum bertemu langsung, coba untuk berbicara melalui telepon

Jika memungkinkan, sebelum Anda bertemu dengan teman kencan, Anda harus tahu latar belakang dari orang yang Anda sukai. Ada banyak hal yang bisa Anda ketahui tentang orang tersebut dari cara dia mengirim pesan atau berbicara. Oleh karena itu, bicaralah dengan teman kencan online Anda beberapa kali sebelum bertemu langsung.

3. Bertemu di tempat umum

Jangan pernah bertemu dengan orang baru di tempat pribadi. Penting bagi Anda untuk merencanakan pertemuan di tempat umum, agar aman dan nyaman. Misalnya, Anda dapat bertemu dengannya di restoran atau tempat rekreasi seperti pantai yang dilalui oleh banyak orang.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif jika teman kencan Anda melakukan hal negatif. Karena Anda tidak akan pernah tahu orang asing itu seperti apa.


4. Bagikan lokasi pada seseorang

Cara Kenali Jebakan Predator Seks di Aplikasi Kencan Daring
Ilustrasi kencan online. (dok. Unsplash/ Yogas Design)

Jika Anda dan pasangan online Anda berencana untuk bertemu, maka Anda harus memberikan lokasi Anda kepada seseorang yang dapat Anda percayai, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak beres, setidaknya ada satu orang yang mengetahui keberadaan Anda.

5. Memilih transportasi sendiri

Hati-hati jika Anda dan pasangan online Anda berencana untuk bertemu namun pasangan Anda mengajak untuk menggunakan transportasi pribadi miliknya. Jangan menerima tawaran transportasi dari orang yang akan Anda temui. Memilih transportasi Anda sendiri selalu menjadi pilihan yang aman untuk terhindar dari hal buruk.

Untuk itu, Anda dapat mengatakan kepada pasangan Anda bahwa Anda memiliki kendaraan pribadi untuk pergi dan pulang dari lokasi pertemuan.

 


6. Jangan berlebihan

Dating Applications
Dating Applications (Photo by Hello I'm Nik on Unsplash)

Ingatlah untuk bersikap santai pada kencan pertama. Meskipun mungkin terlihat mendebarkan dan mengasyikkan, Anda tidak perlu lengah dan bersikap berlebihan. Anda mungkin akan terkejut atau mungkin merasa sedikit tidak nyaman, tetapi yang terpenting adalah Anda aman sampai akhir kencan.

7. Waspada dan selalu ingat dampak dari 'kencan online'

Satu hal yang harus Anda ingat adalah dampak yang akan Anda hadapi karena kencan online. Memang tidak terlihat jelas, namun tidak ada salahnya untuk waspada dan bersiap menghadapi situasi terburuk. Bukan berarti Anda harus mundur dari berbagai kemungkinan, tetapi selalu penting bagi Anda untuk melakukan tindakan pencegahan yang tepat dan selalu waspada.

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya