Warganet Ungkap Kenangan di Malang Plaza Kebakaran: Beli HP Pertama di Sana

Warganet mengungkap kenangan mereka belanja di Malang Plaza usai tempat itu kebakaran.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 02 Mei 2023, 16:20 WIB
Diterbitkan 02 Mei 2023, 15:21 WIB
Mal Malang Plaza kebakaran. (Foto: Pemkot Malang)
Mal Malang Plaza kebakaran. (Foto: Pemkot Malang)

Liputan6.com, Jakarta Pusat Perbelanjaan yang berlokasi di Jalan KH Agus Salim 28, Malang, Malang Plaza, kebakaran pada Selasa dini hari (2/5/2023). Kebakaran yang melanda mal gadget terbesar di Malang itu mengakibatkan hampir seluruh mal, termasuk barang elektronik, gadget, dan pakaian di dalamnya hangus terbakar.

Wali Kota Malang Sutiaji di Kota Malang, mengatakan bahwa berdasarkan data awal yang diterima dari Pemadam Kebakaran Kota Malang, sumber api diduga kuat berasal dari lantai tiga dan terjadi kurang lebih pada pukul 00.30 WIB.

"Informasi sementara (api) diduga berasal dari lantai tiga, kondisinya sudah habis," kata Sutiaji.

Sutiaji menjelaskan, untuk melakukan pemadaman api yang membakar Malang Plaza yang berada dekat dengan kawasan Alun-Alun Kota Malang tersebut, ada kurang lebih sebanyak 13 mobil pemadam yang diterjunkan.

Kebakaran di salah satu pusat perbelanjaan di kota Malang itu cukup membuat warga kaget. Terlebih, sebanyak 70 kios hangus akibat kebakaran tersebut.

Warganet, khususnya warga Malang atau yang sering berbelanja di Malang Plaza mengungkapkan rasa prihatin serta kenangan mereka saat berbelanja di pusat perbelanjaan tersebut.

"Semoga segera pulih Malang Plaza. Opo kenanganmu ndek kene rek?" cuit akun Twitter @pakantono.

Warganet pun segera menyauti cuitan tersebut dengan kenangan mereka yang pernah berbelanja di tempat itu.

"Ngisi game ps2 mbek tuku memort card 8mb," ujar @misfe***.

"Nonton film horor karo arek2 pas liburan. Judul film'e wis lali," cuit @Shidqi***.

"Ngeterno koncoku tindikan pisan wkwk," @Kenny***.

"njaluk gogrokan e terang bulan, ngedol hp nemu, ambe nindik," @dFalse***.

"Semoga buat temen-temen atau kerabat yang terdampak kebakaran malang plaza diberi kekuatan buat menghadapinya, salah satu langganan juga terdampak," tukas @wargalokal***.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kebakaran Malang Plaza Hanguskan 70 Kios, Api Diduga Muncul dari Lantai 3

Malang Plaza kebakaran pada Selasa dini hari (2/5/2023). (Foto: Malang Raya Info)
Malang Plaza kebakaran pada Selasa dini hari (2/5/2023). (Foto: Malang Raya Info)

Kebakaran hebat melanda pusat perbelanjaan Malang Plaza, Selasa dini hari (2/5/2023). Api pertama kali muncul diduga dari lantai tiga dan terjadi pada sekitar pukul 00.30 WIB. Hal itu diungkapkan Wali Kota Malang Sutiaji berdasarkan data awal yang diterima dari Pemadam Kebakaran Kota Malang.

 "Informasi sementara (api) diduga berasal dari lantai tiga, kondisinya sudah habis," kata Sutiaji.

Sutiaji menjelaskan, untuk melakukan pemadaman api yang membakar salah satu pusat perbelanjaan yang berada dekat dengan kawasan Alun-Alun Kota Malang tersebut, ada kurang lebih sebanyak 13 mobil pemadam yang diterjunkan.

Menurutnya, sebanyak 13 mobil pemadam kebakaran tersebut berasal dari Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kabupaten Malang dan Pemerintah Kota Batu. Petugas telah melakukan proses pendinginan pada pusat perbelanjaan tersebut pada Selasa pagi.

"Dilakukan pembasahan, pada lantai dua," katanya.

Sutiaji menambahkan, petugas pemadam kebakaran sudah melakukan pembasahan pada tiap sisi bangunan agar tidak merembet pada bangunan lain yang ada di sekitar pusat perbelanjaan itu. Sebagai informasi, Malang Plaza berada pada deretan kompleks pusat perbelanjaan.

"Sudah dilakukan pembasahan supaya tidak menjalar ke bangunan yang lain," katanya.

Terkait dengan nilai kerugian akibat kebakaran Malang Plaza, Pemerintah Kota Malang akan melakukan koordinasi dengan pihak pengelola dan manajemen pusat perbelanjaan tersebut. Termasuk untuk memastikan berapa banyak pelaku usaha yang terdampak.

"Akan berkoordinasi dan mendirikan posko aduan, berapa jumlah yang terdampak. Ada kurang lebih 60-70 kios, nanti akan kita identifikasi dengan manajemen termasuk kerugian," katanya.

Pusat perbelanjaan Malang Plaza terbakar pada Selasa dini hari (2/5/2023) sekitar pukul 00.30 WIB. Pusat perbelanjaan itu merupakan salah satu sentra jual beli telepon genggam dan juga terdapat ritel pakaian dan bioskop.


Tim Labfor Polda Jawa Timur Diterjunkan Cari Penyebab Kebakaran Malang Plaza

Proses pemadangan Malang Plaza yang kebakaran pada Selasa dinihari (2/5/2023). (Istimewa)
Proses pemadangan Malang Plaza yang kebakaran pada Selasa dinihari (2/5/2023). (Istimewa)

Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto menyatakan, untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran di Malang Palza,  pihaknya akan mendatangkan tim Labfor Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur. Tim itu akan meneliti untuk mengetahui sumber api, yang saat ini diduga berasal dari lantai tiga.

Akan didatangkan tim Labfor dari Polda Jatim, untuk mengecek sumber api. Untuk informasi sementara, api diduga berasal dari lantai tiga," katanya, Selasa (2/5/2023).

Budi Hermanto menyatakan, berdasarkan laporan sementara ada puluhan kios yang terdampak kebakaran pada pusat perbelanjaan yang berlokasi di Jalan Agus Salim, Kecamatan Klojen, Kota Malang, tersebut.

Puluhan kios tersebut berada di lantai satu hingga lantai tiga pusat perbelanjaan Malang Plaza yang merupakan salah satu sentra penjualan telepon seluler tersebut.

"Ada sebanyak 36 kios di lantai satu, tiga kios di lantai dua dan 24 kios di lantai tiga," kata Budi.

Budi menjelaskan, namun hingga kini proses pendataan masih terus dilakukan guna memastikan berapa banyak jumlah kios yang terdampak kebakaran pusat perbelanjaan yang terjadi kurang lebih pada pukul 00.30 WIB pada Selasa (2/4) dini hari itu.

Menurut dia, untuk pendataan korban kebakaran tersebut, Polresta Malang Kota bersama Pemerintah Kota Malang akan membuka posko aduan guna mendapatkan informasi mendetil terkait jumlah pasti kios terdampak.

"Kami siapkan pos pengaduan di Pemkot Malang, kerja sama dengan Polresta Malang Kota agar masyarakat bisa melapor," katanya.

 

Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno
Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya