7 Manfaat Menonton Konser Musik Bagi Kesehatan Mental Maupun Fisik

Mulai dari heboh melihat artis favorit, hingga sekedar menyaksikan live instrument, live music dan konser memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Berikut deretan manfaat menonton konser bagi kesehatan fisik dan juga mental.

oleh Camelia diperbarui 31 Jul 2023, 13:30 WIB
Diterbitkan 12 Mei 2023, 12:07 WIB
Ilustrasi konser, musik
Ilustrasi konser, musik. (Sumber: Pixabay/Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Musik seperti pelukan bagi jiwa Anda. Musik adalah salah satu karunia terbesar yang kita miliki di bumi ini. Ini membantu kita mengekspresikan emosi kita, membantu terhubung dengan orang lain, dan bahkan dapat membantu kita rileks dan menghilangkan stres. 

Musik adalah salah satu seni kreatif yang paling dicintai. Ini membantu membuka emosi dan perasaan dalam diri kita semua yang mungkin tidak ingin kita hadapi secara langsung. Ada banyak manfaat mendengarkan musik, seperti yang disebutkan dalam artikel kami di sini, seperti membantu mengatasi kecemasan, daya tahan tubuh, pereda nyeri, dan kadar dopamin. 

Mendengarkan musik tidak hanya membantu kesehatan Anda, tetapi bisa menghadiri pertunjukan dan konser musik langsung juga memiliki banyak manfaat. Musik bermanfaat bagi otak dan emosi kita dalam banyak hal. Musik dapat mengaktifkan banyak bagian otak dan membantu emosi dan ingatan. 

Salah satu cara untuk membuat musik benar-benar beresonansi adalah apa yang oleh terapis disebut "mendengarkan secara mendalam". Anda membiarkan diri Anda duduk dan merasakan musik dan memahami perasaan dan pengalaman yang Anda kaitkan dengannya. Membiarkan otak Anda membumi dan membiarkannya rileks.

Mulai dari heboh melihat artis favorit, hingga sekedar menyaksikan live instrument, live music dan konser memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Dilansir dari Health Fitness Revolution, berikut deretan manfaat menonton konser bagi kesehatan fisik dan juga mental. 


1. Mengurangi Stres

Ilustrasi lagu, musik, konser
Ilustrasi lagu, musik, konser. (Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay)

Jika Anda pernah ke konser, Anda tahu bahwa suasananya tidak seperti yang lain. Anda dikelilingi oleh teman dan orang asing; semua orang tersenyum, menari, dan pada umumnya bersenang-senang. Dan ternyata berada di lingkungan ini justru bisa menurunkan tingkat stres Anda.

Stres terjadi ketika tubuh kita melepaskan kortisol, yang meningkatkan glukosa dalam aliran darah. Hal ini membuat kita merasa perlu bekerja lebih keras untuk mengikuti apapun yang membuat kita stres entah itu ujian atau presentasi di tempat kerja atau proyek besar di rumah. 

Tapi saat kita bersenang-senang? Tubuh kita tidak melepaskan banyak kortisol dan itu berarti lebih sedikit stres! Untungnya, menghadiri konser itu menyenangkan, sehingga mengurangi tingkat stres.


2. Melepaskan Hormon Bahagia

Kemenparekraf Bakal Luncurkan Calender of Event 2021 di Bulan April, Optimistis Bisa Dieksekusi
Ilustrasi konser musik. (dok. Pixabay)

Jika Anda ingin merasa lebih bahagia, pertimbangkan untuk pergi ke konser. Penelitian telah menunjukkan bahwa tindakan membeli tiket dan merencanakan acara melepaskan dopamin di otak Anda, membuat Anda merasa lebih bahagia bahkan sebelum Anda tiba di tempat tersebut. Kemudian, begitu Anda berada di sana, bernyanyi bersama dan menikmati musik itu sendiri melepaskan endorfin yang akan membuat Anda merasa lebih baik. Otak Anda memahami bahwa ini adalah peristiwa yang patut diingat, jadi itu akan membuat perasaan bahagia itu tetap bersama Anda selama berhari-hari.


3. Pereda Sakit

Ilustrasi konser musik (pixabay)
Ilustrasi konser musik (pixabay)

Jika Anda mengalami rasa sakit, Anda mungkin perlu pergi menghadiri konser. Tidak, ini tidak bercanda! Saat menghadiri konser, otak bisa mengeluarkan hormon endorfin yang membantu meredakan nyeri di tubuh. Selama pelepasan endorfin, mereka dapat membuat persepsi seseorang tentang rasa sakitnya berkurang dan bahkan dapat mencegat sinyal rasa sakit sebelum mencapai otak.


4. Memberikan Koneksi Sosial dan Komunitas

Ilustrasi konser, musik
Ilustrasi konser, musik. (Photo by Hanny Naibaho on Unsplash)

Musik adalah bahasa universal spesies manusia. Ini memberikan rasa pengertian dan keberadaan. Kita semua mengetahuinya dan menyukainya, apakah kita mendengarkannya atau memainkannya. Ada sesuatu tentang musik yang menghubungkan kita semua sebagai satu, tidak peduli berapapun usia, ras, jenis kelamin, atau orientasi seksual kita. Dan saat Anda pergi ke konser atau live music, Anda dapat merasakan hubungan itu secara langsung. 

Tentu, kemungkinan besar orang-orang yang duduk di sekitar Anda di konser tersebut adalah orang asing yang mungkin tidak akan pernah Anda temui lagi. Tetapi pada saat itu, kita semua adalah pecinta seni itu dan kita berada di sana bersama pada saat itu untuk berbagi kecintaan kita padanya.


5. Membakar Kalori

Ilustrasi konser, fans, penggemar
Ilustrasi konser, fans, penggemar. (Photo by Joey Thompson on Unsplash)

Konser terbaik adalah konser di mana Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda bayangkan, menari sepenuh hati, dan bernyanyi bersama sekuat tenaga. Anda mungkin tidak menganggap konser sebagai bentuk latihan, tetapi bisa jadi. Anda aktif bergerak sepanjang malam, yang berarti Anda membakar banyak kalori. Dan bahkan saat Anda hanya berdiri dan menonton, detak jantung Anda akan lebih tinggi dari biasanya.

Jadi apa kesimpulannya? Meskipun Anda tidak langsung berlari atau mengangkat beban, Anda membakar banyak kalori dan lebih banyak bergerak daripada dalam kehidupan sehari-hari. Konser adalah cara yang bagus untuk berolahraga bahkan tanpa memikirkannya!


6. Meningkatkan Fungsi Otak

Ilustrasi konser, musik
Ilustrasi konser, musik. (Photo by Vishnu R Nair on Unsplash)

Anda sudah tahu bahwa mendengarkan musik dapat membantu Anda rileks, fokus, dan bersemangat. Anda mungkin juga tahu bahwa itu dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Tapi tahukah Anda bahwa menonton konser langsung ternyata bisa menumbuhkan otak Anda?

Mendengarkan live music, alih-alih melalui headphone, memberi otak Anda media baru untuk mengalami. Live music menjadi pengalaman kreatif bagi seluruh tubuh, berbeda dengan sesuatu yang Anda lakukan saat berada di bus atau berolahraga. Konser langsung juga membuka dan mengaktifkan lebih banyak area otak Anda daripada aktivitas lainnya.

Mengalami musik live membantu mempromosikan Neurogenesis, yang menumbuhkan neuron baru di otak. Semakin banyak neuron yang Anda miliki, semakin baik fungsi otak Anda. Jadi jika Anda ingin memastikan otak Anda tetap sehat di usia tua (saat kebanyakan orang mulai mengalami kehilangan ingatan), tontonlah beberapa band!


7. Membantu Melawan Depresi

[Fimela] Stage Photography
Ilustrasi fotografi konser | unsplash.com/@johnmarkarnold

Musik adalah salah satu hal yang dapat masuk ke dalam jiwa seseorang dan membantu mereka dengan cara yang tidak pernah bisa dilakukan oleh kata-kata. Itu memberi mereka harapan, mengetahui bahwa hidup mereka belum berakhir, dan masih banyak pengalaman positif di luar sana untuk mereka.

Ada kalanya apapun yang Anda lakukan, itu tidak akan menyelesaikan masalah yang dihadapi. Live music adalah salah satu cara terbaik untuk membantu orang mengatasi situasi tersebut karena dapat membantu mereka menyadari bahwa mereka tidak sendirian dalam perjuangan mereka dan memberi mereka harapan untuk masa depan yang lebih baik.

Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia
Infografis Konser Musik Pilihan 2023 di Indonesia.  (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya