Intip 8 Kepribadian Seseorang dari Caranya Menata Buku

Bagaimana cara Anda menyusun buku di rak? Ternyata semua itu bisa mengungkapkan kepribadian Anda, lho.

oleh Bella Zoditama diperbarui 02 Jul 2023, 17:03 WIB
Diterbitkan 02 Jul 2023, 17:03 WIB
Intip 8 Kepribadian Seseorang dari Caranya Menata Buku
Intip 8 Kepribadian Seseorang dari Caranya Menata Buku | Credit: pexels.com/cottonbro

Liputan6.com, Jakarta - Sudah tidak diragukan lagi bila jenis-jenis buku yang Anda baca bisa mengungkapkan banyak hal tentang siapa diri Anda sebenarnya. Namun, percaya tidak jika cara menata buku ternyata juga bisa mengungkapkan kepribadian Anda?

Ya, rak buku Anda bisa "berbicara" mengenai siapa diri Anda yang sesungguhnya. Lebih dari genre buku, rak buku dapat mengungkapkan minat seseorang atau seberapa rapinya mereka, seperti layaknya sebuah cermin.

Apalagi saat sedang maraknya video call untuk online meeting, rak buku sering dijadikan latar belakang video, baik Anda sadari atau tidak. Hal ini karena buku sering diinterpretasikan sebagai bentuk pengetahuan serta identitas pemiliknya.

Bagi Anda si kutu buku, rak buku yang dimiliki seperti "tumbuh" bersama Anda. Apakah Anda sendiri masih menyimpan buku-buku fiksi masa kecil yang menemani sewaktu pulang sekolah? Atau jenis buku yang Anda baca menyesuaikan dengan usia dan minat Anda yang baru? Semua bisa terungkap! Karena setiap rak buku memiliki keunikannya masing-masing yang cukup mengagumkan.

Coba temukan tipe Anda saat menata buku serta lihat apa yang dikatakannya tentang Anda, seperti melansir dari Bustle, Jumat (30/6/2023). 

1. Disusun berdasarkan abjad

Adakah di antara Anda yang menyusun buku berdasarkan abjad? Jika Anda salah satunya, bisa jadi Anda merupakan orang yang terorganisir dan suka membuat rencana yang matang.

Salah satu kemampuan yang dimiliki yaitu mampu menyelesaikan sebuah masalah. Maka tidak mengherankan kalau banyak orang atau teman yang akan meminta nasihat kepada Anda. 

2. Disesuaikan dengan warna yang sama

Faktanya, ada banyak buku yang memiliki warna yang sama. Jadi saat koleksi buku Anda ternyata berwarna-warni, tentu Anda akan menyusunnya sesuai warna atau color coordinated. Sama seperti pelangi, jika Anda lebih suka menata buku seperti ini bisa dibilang Anda termasuk orang yang kreatif. Ini merupakan salah satu sifat terbaik Anda.

Bahkan kalau Anda sendiri tidak merasakannya, Anda sebenarnya sangat terampil dalam membuat kerajinan tangan, lho. Selain itu, biasanya Anda memiliki jalan sendiri daripada harus memilih mengikuti aturan dan jalur yang sudah berlaku sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Berantakan dan tidak beraturan

Rayakan Hari Buku Sedunia 2019, Berikut Fakta-Faktanya
Ilustrasi perpustakaan (Sumber: Pixabay)

Walaupun seorang pencinta buku, tapi Anda cenderung menata buku dengan sembarangan dan tanpa pola yang teratur.

Bisa jadi koleksi buku akan ditumpuk satu sama lain, disandarkan ke samping, dan beberapa di antaranya didorong ke sudut kecil dari ruang yang tersisa. Meskipun orang lain melihat ketidakaturan, tapi Anda tidak mempermasalahkannya.

Dengan begitu, Anda memiliki kepribadian yang tidak melihat seseorang dari tampilan luarnya saja. Menurut Anda, sangat penting, melihat inner beauty atau kepribadian dari dalam yang menyertainya. 

4. Cerah dan berwarna-warni

Berbeda dengan menyusun berdasarkan warna, kali ini buku koleksi Anda disusun berdasarkan sampul yang menarik dengan dekorasi warna-warni yang unik.

Kalau rak buku Anda seperti ini, orang lain akan menganggap Anda memiliki kepribadian yang manis dan unik, bahkan ketika Anda diam sekalipun. Selain itu, Anda juga sangat sopan dan pandai menempatkan diri dalam situasi apapun.


5. Gelap dan misterius

Ilustrasi rak buku | pexels
Ilustrasi rak buku | pexels

Jika Anda penyuka cerita misteri, sci-fi, dan horor, tanpa sadar buku koleksi Anda memiliki cover dengan warna gelap. Hal ini ternyata juga memengaruhi kepribadian Anda.

Mungkin orang lain akan melihat Anda sebagai sosok yang misterius, tapi Anda sebenarnya tidak keberatan berbicara dengan orang lain dan berbagi cerita menarik. Mungkin tidak semua orang dapat memahami Anda, tapi akan ada teman-teman terdekat yang bisa melakukannya.

6. Unik dan penuh pernak-pernik

Apakah rak buku Anda lebih banyak aksesori dan pernak-pernik ketimbang koleksi buku itu sendiri? Jika iya, bisa jadi Anda adalah seseorang yang memiliki sifat kekanak-kanakan. Sebab, Anda sering mengenang masa lalu dan menceritakannya berulang-ulang.

Bahkan Anda sering bertanya-tanya, kenapa Anda hidup di masa sekarang. Namun berkat itu semua, Anda bisa memiliki ingatan yang hebat serta dapat menceritakan kisah-kisah terbaik.


7. Sederhana dan kecil

Ilustrasi perpustakaan. (dok. mohamed_hassan/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)
Ilustrasi perpustakaan. (dok. mohamed_hassan/Pixabay/Tri Ayu Lutfiani)

Bagi Anda yang tinggal di apartemen atau kos dengan lahan terbatas, pasti memiliki rak buku yang tidak terlalu besar atau penuh. Namun, bukan berarti Anda tidak suka membaca.

Hal ini mungkin saja menandakan bahwa Anda senang meminjamkan buku kepada teman dan lebih senang membaca secara digital atau membaca di perpustakaan secara langsung. Seperti rak buku ini, Anda juga termasuk orang yang cenderung hemat dan sederhana. 

8. Rak buku besar seperti perpustakaan

Memiliki rak buku yang memenuhi ruangan, bisa jadi impian banyak orang. Apakah Anda memilikinya di rumah? Jika iya, Anda adalah tipe orang yang sangat menyayangi orang-orang terdekat dan tidak segan menunjukkan perasaan tersebut.

Anda juga termasuk orang yang peduli, karena seluruh buku sudah semua dibaca. Namun sayangnya, Anda dikenal cukup kompetitif terhadap orang lain.

Infografis Perpustakaan Kekinian di Berbagai Kota di Indonesia
Infografis Perpustakaan Kekinian di Berbagai Kota di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya