4 Manfaat Konsumsi Anggur Muscat, Baik untuk Jantung hingga Bisa Cegah Kanker

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi anggur Muscat, mulai dari baik untuk jantung hingga bisa cegah kanker.

oleh Camelia diperbarui 20 Sep 2023, 12:32 WIB
Diterbitkan 20 Sep 2023, 10:45 WIB
Anggur Muscat sedang jadi favorit topping dessert
Anggur Muscat sedang jadi favorit topping dessert. (Dok: Instagram @the_fruit_chemistry)

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pecinta anggur, Anda mungkin tertarik untuk mencoba jenis anggur Muscat. Anggur ini memiliki rasa dan aroma unik yang membedakannya dengan varietas anggur lainnya. Anggur Muscat termasuk dalam keluarga Vitaceae, yang mencakup lebih dari 60 spesies anggur. 

Mereka dikenal karena rasa dan aromanya yang unik, yang sering digambarkan sebagai bunga, musky, dan manis. Anggur Muscat juga digunakan untuk membuat wine, yang terkenal dengan profil rasanya yang berbeda. Varietas anggur Muscat diyakini berasal dari Timur Tengah, namun kini ditanam di berbagai belahan dunia, termasuk Eropa, Australia, dan Amerika Serikat.

Anggur Muscat memiliki rasa unik yang membedakannya dengan varietas anggur lainnya. Anggur ini memiliki aroma bunga musky yang sering digambarkan mengingatkan pada melati, bunga jeruk, atau kelopak mawar. 

Rasa anggur Muscat juga khas, dengan rasa manis yang diimbangi dengan sedikit rasa asam. Buah anggurnya berair dan empuk, dengan kulit tipis yang mudah dikupas.

Seperti varietas anggur lainnya, anggur Muscat kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara. Dilansir dari shukranoman, Rabu (20/9/2023) berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi anggur Muscat:


Manfaat Konsumsi Anggur Muscat Bagi Kesehatan

anggur
ilustrasi buah anggur/Photo from Pixabay
  • Kaya antioksidan: Anggur Muscat kaya akan antioksidan seperti resveratrol, yang dapat membantu melindungi sel Anda dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas.
  • Meningkatkan kesehatan jantung: Anggur Muscat mengandung flavonoid, yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Memperbaiki pencernaan: Kandungan serat pada anggur Muscat dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Dapat membantu mencegah kanker: Anggur Muscat mengandung senyawa yang telah terbukti memiliki sifat anti kanker, seperti antosianin dan asam ellagic.

Cara Menikmati Anggur Muscat

Tanaman rambat hias
Anggur (sumber: Pixabay)

Anggur Muscat dapat dinikmati dengan beberapa cara, tergantung kesukaan Anda. Berikut beberapa cara menikmati buah yang manis dan harum ini:

  • Makanlah secara langsung: Anggur Muscat sangat cocok untuk camilan, karena berair dan manis. Anda bisa memakannya langsung atau saat dingin, tergantung selera Anda.
  • Tambahkan dalam makanan penutup: Anggur Muscat dapat digunakan untuk membuat berbagai makanan penutup, seperti kue tar, pai, dan sorbet.
  • Pasangkan dengan keju: Anggur Muscat cocok dipadukan dengan keju lembut dan lembut, seperti brie atau camembert.
  • Gunakan untuk membuat wine: Anggur Muscat sering digunakan untuk membuat anggur manis, seperti Muscat de Beaumes de Venise dan Moscato d'Asti.

6 Fakta Anggur Muscat, Varietas Anggur Tertua yang Kini Jadi Favorit Topping Dessert

Anggur Muscat disebut sebagai varietas anggur tertua
Anggur Muscat disebut sebagai varietas anggur tertua. (Dok: Instagram @fruitnetic_by_mik)

Anggur muscat dianggap sebagai varietas anggur tertua di dunia. Sejarah budidaya manusia yang tercatat sudah ada sejak zaman Yunani dan mungkin jauh lebih awal.

Mengutip dari laman Muscat Wine, Selasa (19/9/2023), buah ini kemungkinan merupakan nenek moyang dari semua varietas anggur yang dikenal sekarang ini. Saat ini, terdapat ratusan varietas dan hibrida anggur muscat yang tersedia. Anggur memiliki ciri khas buket yang sangat aromatik dan rasa menyegarkan, seperti buah jeruk mandarin, aprikot, persik dengan manis mirip madu.

Rasa anggur muscat akan bervariasi menurut wilayah pembuatannya, teknik pembuatan wine, dan variasi anggur Muscat yang digunakan. Semakin baik anggur muscat, semakin besar ukurannya.

Anggur Muscat kini jadi favorit topping dessert, selain karena warnanya yang hijau segar ikut mempercantik tampilan kue-kue manis. Berikut fakta anggur muscat yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (19/9/2023). 

Selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya