Fakta Menarik tentang Lettu Muhammad Fardhana, Tunangan dari Ayu Ting Ting

Lettu Muhammad Fardhana, seorang letnan dua di TNI AU, menjadi perhatian media karena ia tunangan dari artis terkenal Indonesia, Ayu Ting Ting.

oleh Ferniza Tri Aulia diperbarui 05 Mar 2024, 17:19 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2024, 10:12 WIB
Ayu Ting Ting dan Lettu Muhammad Fardhana
Ayu Ting Ting dan Lettu Muhammad Fardhana. (Instagram @ayutingting92)

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, perhatian publik tertuju pada Muhammad Fardhana setelah berita tentang lamarannya kepada pedangdut Ayu Ting Ting menyebar luas. Ternyata, Muhammad Fardhana adalah seorang anggota TNI yang saat ini bertugas di Batalyon Raider 509/Balawara Yudha di Jember. Dia juga merupakan tunangan Ayu Ting Ting dan menjabat sebagai Komandan Kompi Bantuan (Dankiban) untuk periode 2023.

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Muhammad Fardhana. Dirangkum Selasa (20/2/2024)


Mengikuti pelatihan militer di Jepang selama dua tahun.

Potret Lawas Lettu Fardhana Calon Ayu Ting Ting di Negeri Sakura, Lulusan NDA Jepang
Dhana menyimpan momen kelulusannya di sorotan Instagramnya. Jadi perhatian usai melamar Ayu Ting Ting meski sempat dirahasiakan, Muhammad Fardhana sudah mengantongi 500 ribu pengikut di Instagram. Netizen mengkulik latar belakang, foto lawas, hingga foto keluarga Dhana. Ini adalah foto lawas Muhammad Fardhana 11 tahun lalu tepatnya pada 2013. (Liputan6.com/IG/@derazala)

Bukan hanya lulus dari Akademi Militer, dia juga merupakan alumni universitas ternama di Jepang. Saat ini, dia memiliki gelar Sarjana Teknik (B.Eng.).


Nominasi Remaja Ceria Wakil I DKI Jakarta pada Tahun 2011

Potret Muhammad Fardhana Saat Remaja, Ikut Kontes Remaja Ceria
Dijodohkan oleh orang tua, potret calon suami Ayu Ting-Ting curi perhatian warganet. Sumber: IG @derazala

Pada masa remaja, Muhammad Fardana memperoleh pencapaian sebagai Wakil I DKI Jakarta dengan turut serta dalam kompetisi yang diadakan oleh Remaja Ceria di Jakarta Timur.


Sama seperti seorang aktor dalam drama.

Potret calon suami Ayu Ting ting, Muhammad Fardhana. [Foto: Instagram/derazala]
Potret calon suami Ayu Ting ting, Muhammad Fardhana. [Foto: Instagram/derazala]

Dikarenakan kegantengan wajahnya, banyak netizen yang membandingkan Muhammad Fardhana dengan Song Joong Ki, aktor dari Drama Korea.


Melaksanakan tugas di Batalyon Infanteri

Lettu Fardhana Calon Suami Ayu Ting Ting
Senjata laras panjang yang ia bawa makin membuat penampilan Muhammad Fardhana semakin gagah. (Liputan6.com/IG/@ayutingtingfardhana)

Setelah menyelesaikan pelatihan militer di Jepang, Fardana kini bertugas di Batalyon Infanteri Raider 509/Balawara Yudha, yang merupakan bagian dari Brigif 9/2/Daraka Yudha di bawah naungan Kostrad. Markas batalyon tersebut terletak di Sukorejo, Kabupaten Jember.


Muhammad Fardhana berhasil menyelesaikan pendidikan di Akademi Militer pada tahun 2017

Muhammad Fardhana. [Foto: Instagram/derazala]
Potret calon suami Ayu Ting ting, Muhammad Fardhana. [Foto: Instagram/derazala]

Seorang pria yang lahir pada tahun 1993 telah terbukti menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) setelah berhasil lulus dari Akademi Militer pada tahun 2017 di Magelang.


Di tahun berapa Lettu Muhammad Fardana menyelesaikan pendidikannya di Akademi Militer (Akmil)?

Pada 22 November 2022, serah terima jabatan itu berlangsung di lapangan upacara Yonif Raider 509 di Jember, Jawa Timur. Bakatnya di bidang akademik telah terlihat sejak masa SMA. Setelah lulus dari SMA, dia melanjutkan pendidikannya di Akademi Militer (Akmil) Magelang, dan berhasil menyelesaikan program pada tahun 2017.


Siapakah Muhammad Fardhana?

Muhammad Fardhana, seorang Letnan Satu dalam TNI, diperkenalkan kepada pasangannya melalui perjodohan yang diatur oleh orang tua mereka. Ternyata, latar belakang orang tua Muhammad Fardhana memiliki keistimewaan. Mari kita lihat lebih lanjut potret mereka di sini.


Apakah Akmil adalah lembaga pendidikan tinggi?

Akmil, yang merupakan singkatan dari Akademi Militer, adalah sebuah institusi pendidikan kedinasan yang diatur oleh Pemerintah Republik Indonesia.


Dimana Pendidikan Akmil TNI Angkatan Laut berada?

Akademi Militer tersebut berlokasi di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah, dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut dan memiliki iklim yang sejuk. Lingkungannya dikelilingi oleh Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Tidar.


Mengapa Akademi Militer tidak membuka pintu bagi siswa yang lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)?

Hal ini disebabkan oleh ketentuan bahwa lulusan SMK tidak memenuhi persyaratan untuk mendaftar di Akademi Militer. Mengapa Akademi Militer tidak memberikan kesempatan kepada lulusan SMK? Alasannya adalah karena pendidikan di SMK berfokus pada pengembangan keahlian khusus dalam bidang tertentu.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya