Apa Perbedaan Antara Body Wash, Body Soap, dan Shower Gel?

Kenali perbedaan macam-macam sabun mandi, shower gel, boody wash, dan body soap.

oleh Naba'ulma Chilmi Noor diperbarui 21 Apr 2024, 18:48 WIB
Diterbitkan 21 Apr 2024, 18:36 WIB
Perbedaan Shower Gel, Body Wash dan Body Soap
Perbedaan jenis-jenis sabun mandi (pexels/katebranch)

Liputan6.com, Malang Ada beragam jenis sabun mandi seperti body wash, body soap, dan shower gel yang digunakan untuk membersihkan kulit dari kotoran dan kuman setelah beraktivitas sepanjang hari. Meskipun memiliki manfaat yang serupa, ketiganya memiliki perbedaan dalam komposisi, tekstur, cara penggunaan, dan karakteristik. Body wash mirip dengan shower gel, namun shower gel biasanya memiliki warna yang lebih bening, sedangkan body soap atau sabun mandi biasanya dalam bentuk padat. Untuk memahami perbedaan antara ketiganya, baca artikel berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Body Wash

Waktunya Self Pampering! Halau Stres dengan Rutinitas Body Care yang Bikin Kulit Lembap dan Ternutrisi
Cleansing Hand Wash Sukin (Sukin)

Body wash dengan formula ringan melembabkan kulit dengan kandungan pelembab, vitamin, dan minyak alami, cocok untuk kulit kering dan sensitif. Tekstur gelnya menghasilkan busa melimpah.

Ada berbagai jenis body wash dengan berbagai kandungan bahan untuk memenuhi kebutuhan kulitmu.

Body wash dengan brightening agent dan exfoliating agent membantu mencerahkan kulit kusam sebagai tambahan dalam rutinitas skincare.


Shower Gel

L'Occitane Mint Verbena Exfoliating Shower Gel
Berbahan dasar alami yang fresh yaitu daun mint, L'Occitane luncurkan rangkaian produk body care terbarunya. (Dok/L'Occitane).

Komposisi dari produk ini mirip dengan body wash karena mengandung bahan tambahan seperti glycerin atau oil. Teksturnya berbentuk cair atau gel, namun lebih transparan jika dibandingkan dengan body wash. Untuk cara penggunaannya, produk ini dapat diaplikasikan langsung ke kulit atau digunakan dengan menggunakan spons mandi.


Body Soap

Contoh ilustrasi sabun batang
Kamu bisa gunakan sabun batang untuk hilangkan minyak pada lap dapur (Foto: Unsplash.com/freestocks)

Body soap dibuat dari campuran minyak nabati dan sodium hydroxide, biasanya dalam bentuk padat, yang digunakan dengan cara menggosokkan langsung ke kulit yang basah.


Apa Perbedaan Shower Gel dan Body Wash?J

Jika dilihat dari konsistensinya, shower gel memiliki tekstur gel yang berat karena dirancang untuk meningkatkan viskositas. Sementara itu, body wash memiliki konsistensi yang lebih encer dan ringan dengan tekstur mirip krim dan lotion.

 


Shower Gel Digunakan untuk Apa?

Manfaat dari shower gel adalah melembabkan dan membersihkan kulit Anda dengan busa yang kaya dan lembut.

 


Apa yang Dimaksud dengan Body Wash?

Body wash adalah produk pembersih kosmetik yang sering digunakan untuk membersihkan tubuh. Produk ini mengandung surfaktan sebagai komponen utamanya, yang berfungsi sebagai agen pembersih, pembasah, dan penghasil busa.


Kapan Waktu yang Tepat untuk Body Wash?

Menggunakan pelembap setelah mandi adalah waktu yang ideal, karena pada saat itu kulit lebih mudah menyerap nutrisi dan terhindar dari kekeringan.


Bagaimana Cara Menggunakan Body Wash?

Pertama, basahi kulit Anda dengan air panas atau menggunakan shower. Kedua, tuangkan sekitar satu sendok makan body wash ke spons mandi atau pouf. Basahi dengan air sedikit untuk menghasilkan busa.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya