Bukan Pakai Larutan Tepung, Begini Cara Jernihkan Minyak Goreng Keruh

Kini tidak perlu bingung lagi bagaimana membersihkan minyak yang mengandung residu setelah digunakan untuk menggoreng makanan berempah. Satu alat ini bisa bantu jernihkan kembali minyak yang keruh. Yuk, simak!

oleh Eka Fadhila Kharisma Putri diperbarui 07 Mei 2024, 12:24 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2024, 11:37 WIB
Ilustrasi gambar minyak goreng bekas
Ilustrasi gambar minyak goreng bekas atau jelantah (dok congerdesign/pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta Makanan yang digoreng sepertinya sudah menjadi salah satu menu harian wajib bagi sebagian orang, baik untuk lauk atau sekadar camilan. Namun, proses penggorengan, terutama makanan berempah bisa menimbulkan residu pada minyak.

Hal inilah yang kemudian mengakibatkan minyak goreng jadi tampak lebih keruh. Untuk mengatasi hal ini, akun Instagram @vhe.veronicaa memberi tips sederhana bagaimana cara menjernihkan minyak goreng yang berkerak. 

Cukup tambah satu alat yang sering dijumpai di dapur ini, minyak goreng bisa jernih kembali. Berikut penjelasannya, dirangkum pada Selasa (7/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Peralatan yang Dibutuhkan

Pertama, siapkan terlebih dahulu:

  • Tisu towel 
  • Saringan berpori kecil
  • Mangkuk

2. Lakukan Penyaringan

Langkah kedua, saring minyak menggunakan saringan dengan menambahkan tisu towel. Letakkan saringan di atas mangkuk, lalu lapisi saringan dengan beberapa lapis tisu towel. 


3. Minyak Jernih Siap Digunakan Kembali

Tuang minyak perlahan-lahan. Bisa dilihat, minyak yang masuk ke dalam mangkuk terlihat jernih kembali. Cara sederhana ini bisa dicoba sebagai alternatif pengganti tepung, sehingga bisa lebih heat tepung juga. 


Respon Positif Warganet

Hingga tulisan ini dibuat, postingan @vhe.veronicaa ini sudah ditonton oleh lebih dari 287 ribu kali. Bahkan postingan tersebut juga banyak dipenuhi komentar-komentar positif warganet lainnya.

“Baru tau nih cara nya mau coba ah” tulis akun Instagram @iinkamila4

“Waaa nice tips ci tengkyuuu” Imbuh pemilik akun @bukaan_barbie

“Kamu brilian banget si kok bisa kepikiran sampe situ” Puji pemilik akun @asnirizza


Tips Memilih Minyak Goreng

Berikut beberapa tips memilih minyak goreng yang sehat dan aman:

  1. Perhatikan kandungan kolesterol yang tertera pada kemasan
  2. Perhatikan juga kandungan asam lemaknya
  3. Pilih minyak dengan titik asap yang tinggi
  4. Pilih minyak dengan kandungan antioksidan alami

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cara Menjernihkan Minyak Goreng


Minyak Jelantah Biar Bening Dikasih Apa?

Bisa dengan haluskan arang kayu hingga berubah menjadi serbuk dengan lembut. Selanjutnya, campurkan dua genggam serbuk arang kayu ke dalam satu liter minyak jelantah. Aduk hingga merata dan biarkan hingga warna minyak memudar menjadi lebih terang. Saringlah campuran minyak dan arang kayu tersebut, sehingga minyak yang jernih bisa digunakan kembali.


Untuk Membersihkan Minyak Pakai Tepung Apa?

Cara yang digunakan adalah tepung tapioka. Langkah awal, minyak goreng yang hendak dibersihkan dipanaskan terlebih dahulu. Setelah itu, persiapkan sekitar satu sendok tepung tapioka yang telah dicampur dengan sedikit air mentah. Adonan tepung tersebut diaduk hingga rata, kemudian dimasukkan ke dalam minyak goreng yang telah dipanaskan.


Bagaimana Cara Menghilangkan Bau dan Menjernihkan Minyak Jelantah?

Minyak bekas yang berbau tidak sedap dapat dinetralkan aromanya dengan bantuan kentang. Untuk melakukannya, kentang dipanaskan dalam minyak bekas selama sekitar 15 menit, sehingga aroma yang tidak diinginkan hilang. Apabila terdapat sisa-sisa makanan dalam minyak, larutkan maizena untuk membersihkannya atau mengembalikan kejernihannya.


Mengapa Kulit Pisang Dapat Menjernihkan Minyak Jelantah?

Media adsorben pada minyak jelantah dapat dibuat dengan menggunakan kulit pisang kepok. Kulit pisang kepok terpilih karena kaya akan selulosa dan antioksidan yang berfungsi sebagai adsorben.


Kenapa Minyak Goreng Berbusa Padahal Masih Baru?

Ketika makanan digoreng pada suhu yang tidak tepat, minyak dapat berbusa. Sebelum mulai menggoreng, penting untuk memeriksa suhu minyak dan mengatur api dengan tepat. Jika api terlalu kecil, proses memasak makanan akan menjadi lebih lambat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya