Elon Musk: Starlink Bisa Jadi Penyelamat di Dunia Kesehatan dan Pendidikan

Elon Musk menekankan bahwa dengan internet kecepatan tinggi, masyarakat daerah akan dapat melakukan banyak hal.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 19 Mei 2024, 17:57 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2024, 17:56 WIB
CEO Tesla Elon Musk meresmikan peluncuran Starlink di antor Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Kota Denpasar, Bali pada Minggu (19/5/2024). (Liputan6/Benedikta Miranti)
CEO Tesla Elon Musk meresmikan peluncuran Starlink di antor Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Kota Denpasar, Bali pada Minggu (19/5/2024). (Liputan6/Benedikta Miranti)

Liputan6.com, Denpasar - Peluncuran layanan jaringan satelit orbital Starlink yang resmi diluncurkan hari ini akan menjadi penyelamat dalam dunia pendidikan dan kesehatan. Hal ini disampaikan oleh Elon Musk dalam acara peluncuran Starlink pada Minggu (19/5/2024) sore di Kantor Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Kota Denpasar, Bali.

"Saya pikir ini akan menjadi life saver untuk klinik medis di lokasi-lokasi tertentu, dan saya pikir ini akan menjadi transformator untuk pendidikan juga," kata Elon dalam pernyataannya kepada media. 

"Jika Anda dapat mengakses internet, Anda bisa belajar apa saja, dan Anda juga bisa menjual barang-barang Anda di seluruh dunia. Jadi saya pikir ini akan sangat bermanfaat terutama untuk masyarakat daerah," lanjut dia.

Dengan fasilitas internet berkecepatan tinggi, Elon menggarisbawahi bahwa hal tersebut akan menguntungkan masyarakat di pedesaan atau wilayah terluar.

"Saya pikir sangat penting untuk menekankan manfaat dari Starlink adalah untuk terhubung terhadap konektivitas. Ketika Anda memiliki internet, Anda bisa belajar apa saja, bisa belajar dari universitas tertentu," papar dia.

"Bahkan jika Anda berada di wilayah yang cukup jauh dari kota, Anda tetap bisa melakukannya dengan internet. Saya pikir ini bisa membawa kemakmuran bagi masyarakat," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenakan Batik Hijau

Menkes Budi Gunadi Sadikin dan CEO Tesla Elon Musk menandatangani MoU di bidang kesehatan.
Menkes Budi Gunadi Sadikin dan CEO Tesla Elon Musk menandatangani MoU di bidang kesehatan terkait penggunaan Starlink di Kantor Puskesmas.Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Kota Denpasar, Bali pada Minggu (19/5/2024). (Liputan6/Benedikta Miranti)

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, Elon hadir dalam acata peresmian Starlink dengan mengenakan batik lengan panjang berwarna hijau.

Sebelumnya, Kuasa Usaha Ad Interim Amerika Serikat di Indonesia Michel Kleine, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi telah tiba terlebih dulu untuk turut menghadiri acara peluncuran Starlink.

Setibanya di puskesmas, ia pun menandatangani Memorandum of Understandings (MoU) bersama dengan Menkes Budi untuk peluncuran Starlink guna digitalisasi fasilitas kesehatan di pedesaan.

Usai penandatanganan MoU, Elon dan sejumlah jajaran menteri pun mengikuti penjelasan mengenai penggunaan Starlink yang menghubungkan antar fasilitas kesehatan.

Kader puskesmas pun melakukan uji coba dengan Puskesmas Pembantu Bumbungan, Klungkung, yang terhubung menggunakan layanan koneksi internet dengan Starlink.

INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Subsidi Kuota Internet Untuk Peserta Didik (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya