Resep Bikin Bakwan Jagung Tanpa Baking Soda, Renyah dan Tidak Berminyak

Menjadi salah satu lauk khas Indonesia yang banyak digemari, ternyata memasak bakwan jagung yang renyah dan tidak berminyak cukup mudah, lho! Yuk, simak langkah-langkahnya.

oleh Eka Fadhila Kharisma Putri diperbarui 08 Mei 2024, 13:19 WIB
Diterbitkan 08 Mei 2024, 13:10 WIB
bakwan jagung bayam
Ilustrasi bakwan jagung./Copyright shutterstock.com/g/GekkoGallery

Liputan6.com, Jakarta Bakwan jagung merupakan olahan simpel yang cocok dijadikan lauk maupun camilan. Namun, kendala yang sering dijumpai adalah setelah diangkat dari penggorengan bakwan jadi tidak renyah dan terlalu banyak menyerap minyak.

Untuk mengatasi hal ini, tips yang dibagikan salah satu warganet Instagram @aaron_laksana ini bisa ditiru. Ia membagikan tips dan tutorial membuat bakwan jagung mulai dari pemilihan bahan hingga cara menggoreng agar menghasilkan bakwan yang krispi, tapi tidak terlalu berminyak.

Dirangkum pada Rabu (8/5/2024), simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui resep dan cara membuatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bahan-bahan

Berikut beberapa bahan yang perlu disiapkan:

  • Jagung manis
  • Tepung beras
  • Tepung terigu protein sedang
  • Putih telu
  • rBumbu (garam, kaldu bubuk, lada, bawang putih parut, dan daun bawang iris)

1. Buat Adonan Bakwan Jagung

Langkah pertama, siapkan adonan bakwan. Campur jagung manis, tepung terigu protein sedang, tepung beras, garam, lada, kaldu bubuk, bawang putih parut, dan daun bawang iris. Aduk semua bahan hingga tercampur merata.


2. Tambahkan Putih Telur

Langkah kedua, setelah bahan-bahan utama tercampur, barulah bisa ditambahkan putih telur. Aduk kembali hingga putih telur menyatu dengan seluruh komponen adonan bakwan.


3. Goreng Bakwan di Minyak Panas

Langkah ketiga, goreng bakwan di minyak panas, lalu angkat ketika sudah golden brown. Selain pemilihan jagung, tepung, dan penggunaan putih telur, pastikan minyak benar-benar sudah panas ketika digunakan untuk menggoreng. Dengan begitu, bakwan bisa lebih krispi dan matang merata. 


4. Tips Memilih Bahan

Untuk menghasilkan bakwan jagung yang krispi tapi tidak berminyak, beberapa tips dari @aaroon_laksana dalam memilih bahan yang perlu diperhatikan:

  1. Pilih jagung manis pipil yang masih segar karena rasanya lebih manis dan kandungan airnya yang lebih sedikit dibanding jagung kalengan.
  2. Gunakan putih telur saja agar hasil bakwan jagung bisa lebih renyah.
  3. Ketika menggoreng, ambil adonan bakwan menggunakan scoop es krim. Masukkan ke penggorengan dan sedikit ratakan permukaannya agar hasilnya bisa lebih lebar, tipis, dan renyah. 

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Trik Masak Bakwan Jagung


Kenapa Bakwan Harus Pakai Tepung Beras?

Saat mengolah bakwan, gunakanlah tepung terigu untuk menghasilkan tekstur bagian dalam bakwan yang lembut, sedangkan tepung beras untuk membuat bagian luarnya kriuk. Dalam proses mencampur adonan, tambahkan air secara bertahap sebanyak 75 ml.


Apa yang Menyebabkan Bakwan Keras?

Jika jumlah tepung beras yang dipakai terlalu banyak atau tepung terigu yang kurang, bakwan jagung akan memiliki tekstur yang keras.


Apakah Adonan Bakwan Bisa Disimpan?

Adonan bakwan jagung dan menyimpannya di dalam kulkas untuk persediaan lauk selama tiga hingga empat hari.


Apakah Air Es Bisa Merenyahkan Gorengan?

Menggunakan air es untuk melapisi gorengan bertepung dapat memberikan efek renyah. Itulah sebabnya, dalam banyak resep, disarankan untuk memanfaatkan air es saat membuat adonan pencelup yang cair. Contohnya, ketika kita membuat gorengan bertepung seperti ayam tepung, langkah umumnya adalah mencelupkan daging ayam ke dalam telur terlebih dahulu sebelum dilapisi dengan tepung.


Apa Fungsi Tepung Tapioka pada Gorengan?

Yang membuatnya istimewa adalah ketahanan kerenyahan gorengannya, yang tetap terasa meskipun sudah dingin. Contohnya, rempeyek, cireng, cimol, dan kerupuk, semuanya memiliki tekstur yang renyah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya