6 Cara yang Bisa Bikin Kencan Online Jadi Lebih Mudah, Cobain Deh!

Berkencan pada masa kini telah berubah, semakin majunya teknologi kita diperkenalkan dengan aplikasi kencan online, dan berikut adalah cara yang dapat membuat kencan online menjadi lebih mudah dan sukses

oleh Fahmi Zaenal Mutakin diperbarui 18 Jul 2024, 18:03 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2024, 18:03 WIB
Ilustrasi Kencan Online
Ilustrasi Kencan Online (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Berkencan pada masa kini telah berubah, semakin majunya teknologi kita diperkenalkan dengan aplikasi kencan online, bahkan kini ada banyak sekali aplikasi-aplikasi tersebut yang bisa Anda pilih.

Dengan begitu, ada begitu banyak calon pasangan dan banyak hal yang perlu dikelola oleh mereka, terutama bagi mereka yang belum berpengalaman dalam dunia kencan sama sekali.

Menurut Pew Research Center (Pusat penelitian yang sering merilis informasi tentang tren isu sosial, opini publik, dan demografi di Amerika Serikat dan dunia) 79% pengguna aplikasi kencan baru-baru ini sangat tertarik dengan calon pasangan yang mereka lihat di aplikasi.

Meskipun terdengar menjanjikan, sampel yang sama juga menemukan bahwa 88% dari mereka merasa kecewa dengan pilihan yang ada.

Menurut Gary W. Lewandowski Jr. Ph.D. seorang psikolog dan mantan Ketua Departemen Psikologi di Monmouth University menyatakan bahwa aplikasi kencan dapat menyebabkan “dating apps burnout” yang diartikan sebagai mereka pengguna aplikasi kencan pada akhirnya kelelahan mencari atau mencoba kencan melalui dunia virtual tersebut.

Mengapa orang-orang menggunakan aplikasi kencan online?

Menurut penelitian Sharabi, L. L. pada tahun 2023 yang bertajuk “The enduring effect of Internet Dating: Meeting Online and the Road to Marriage” memberikan penjelasan bahwa alasan utama orang-orang menggunakan kencan online adalah agar mendapatkan banyak pengalaman kencan dengan efektif dan cepat.

Beberapa orang menganggap penggunaan aplikasi kencan sebagai "roda latihan" yang membantu mereka melakukan pemanasan sebelum kencan sebenarnya dan memahami apa yang mereka cari dalam pasangan.

Namun begitu, resikonya adalah terlalu mengandalkan strategi online dapat membuat mereka melewatkan peluang pengalaman di dunia nyata.

Tujuan mereka dalam menggunakan aplikasi kencan juga bisa berubah seiring waktu, misalnya dari mencari hubungan jangka pendek menjadi jangka panjang.

Banyak pengguna juga melaporkan pengalaman "unduh dan hapus" di mana mereka menggunakan beberapa aplikasi sekaligus selama beberapa waktu, kemudian menghapusnya dan mencoba lagi di lain waktu.

Dan Gary kali ini akan membagi cara yang dapat membuat kencan online menjadi lebih mudah dan sukses, melansir dari Psychology Today, Kamis (16/05/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Bagaimana saya bisa tahu siapa yang harus dipilih dan siapa yang harus saya hindari?

Ilustrasi kencan online
Ilustrasi kencan online. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Menemukan pasangan yang sesuai dimulai sebelum Anda bahkan membuka aplikasi kencan yang artinya Anda perlu mengenal diri sendiri dengan baik.

Ketika Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang diri sendiri, maka akan lebih mudah mengenali pasangan yang sesuai berdasarkan kualitas kepribadian, hobi, minat, dan nilai-nilai mereka.


2. Saya ingin membuat profil aplikasi kencan saya lebih menarik. Apa yang harus dilakukan untuk hal tersebut?

Ilustrasi
Ilustrasi kencan online. (dok. pixabay.com/Asnida Riani)

Orang-orang sering menulis profil kencan yang menekankan apa yang mereka cari dari pasangan mereka, seperti keinginan untuk didengarkan dan didukung, dengan begitu mereka menginginkan dukungan emosional pula.

Meskipun keinginan tersebut terdengar wajar, ada aspek yang sering dilupakan, dimana orang-orang jarang menyebutkan bahwa mereka dapat memenuhi peran tersebut untuk pasangan mereka.

Gary berpendapat bahwa calon pasangan akan menilai profil kencan yang menekankan pada keinginan untuk memiliki hubungan emosional yang lebih dalam, kemampuan mendengarkan yang kuat, dan sifat suportif yang secara signifikan hal tersebut membuat Anda lebih menarik.

Berikut adalah beberapa kalimat spesifik untuk menyoroti kemampuan Anda untuk menjadi pasangan yang hebat:

·  "Teman-teman saya mengatakan bahwa saya adalah pendengar yang baik."

·  "Saya ingin tahu tentang pengalaman hidup Anda dan ingin belajar tentang minat, nilai, dan ambisi Anda."

.  "Saya akan menjadi pendukung dan pembela terkuat Anda."


3. Haruskah Anda memposting foto

Ilustrasi swafoto, selfie
Ilustrasi swafoto, selfie. (Photo by Johan Mouchet on Unsplash)

Tonggak utama dalam kencan online adalah pertemuan tatap muka pertama. Saat itulah Anda akan melihat seperti apa orang lain sebenarnya.

Dalam sebuah sampel dari mereka yang menikah atau bertunangan setelah kencan online, "Hampir semua peserta melaporkan bahwa pasangan mereka memenuhi atau melampaui apa yang mereka bayangkan"

Tetapi menurut Gary, Anda lebih baik membagikan foto terbaru yang menunjukkan diri Anda yang sebenarnya, bukan versi Anda yang tidak realistis dari masa lalu.

Dikarenakan hal tersebut akan memberikan kejujuran yang sebenarnya, dan Anda akan melihat apakah calon pasangan dapat menerima Anda apa adanya atau tidak.


4. Apakah ada cara untuk mengetahui dari foto-foto di profil seorang pria apakah dia menginginkan hubungan yang nyata?

ilustrasi setelan jas pria
Ilustrasi setelan jas pria/Copyright unsplash/Luigi Estuye, LUCREATIVE®

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Zinck, M. J, Weir, L. K, dan Fisher, M. L yang diterbitkan pada jurnal  Evolutionary Psychological Science di tahun 2022 yang bertajuk “Dependents as signals of mate value: Long-term mating strategy predicts displays on online dating profiles for men.” menemukan bahwa pria menampilkan gambar (atau foto) yang berbeda tergantung pada jenis hubungan yang mereka inginkan.

Dan menurut Gary, para pria yang mencari hubungan jangka panjang cenderung menunjukkan tanggung jawab yang sedang mereka pegang dalam foto-foto mereka, contohnya dengan mengunggah foto bersama anjing mereka.


5. Apa yang sebenarnya dicari wanita dalam diri pasangannya?

Manfaat Melamun
Ilustrasi Wanita Sedang Melamun di Tempat Kerja / Freepik by drobotdean

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebuah survei global terhadap 20.000 wanita lajang berusia 18 hingga 67 tahun di 150 negara menilai berbagai sifat seperti daya tarik, pendidikan, keamanan finansial, kecerdasan, kebaikan hati, kesuksesan, dan sikap suportif, hal tersebut berdasarkan hasil penelitian oleh Botzet, L.J yang dirilis di jurnal Human Nature pada tahun 2023 lalu yang bertajuk “The link between age and partner preferences in a large, international sample of single women.

Dan menurut Gary, kualitas nomor satu yang diinginkan wanita adalah kebaikan. Di segala usia, perempuan menginginkan pasangan yang baik, ramah, dan suportif.


6. Apakah memulai hubungan secara online dapat menyebabkan kualitas hubungan tersebut akan berkurang atau menjadi buruk di kemudian hari?

Ilustrasi hubungan dengan pasangan
Ilustrasi hubungan dengan pasangan (Dok.Unsplash/ Priscilla Du Preez)

Para peneliti menemukan hasil bahwa partisipan percaya bahwa memulai hubungan pernikahan secara online mendorong pengungkapan diri, yang kemudian membangun hubungan berdasarkan keintiman emosional daripada keintiman fisik.

Mereka juga berpendapat bahwa bertemu secara online membantu mereka membuat pilihan pasangan yang lebih baik karena mereka tidak terbatas pada lingkungan sekitar mereka, sehingga memberi mereka lebih banyak pilihan dan memungkinkan mereka untuk tetap mempertahankan standar mereka.

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online
Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya