Turunkan Kolesterol dengan Konsumsi Jus Tomat, Ketahui Kandungan dan Cara Mengolahnya

Jus tomat bukan hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 30 Jul 2024, 08:03 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2024, 08:03 WIB
Jus tomat (Sumber: freepik.com/fabrikasimf)
Jus tomat (Sumber: freepik.com/fabrikasimf)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam era modern ini, gaya hidup yang kurang sehat sering kali menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam darah, yang merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung.

Kolesterol tinggi adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi oleh masyarakat modern. Gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang buruk, dan kurangnya aktivitas fisik kerap menjadi penyebab utama.

Mengatasi masalah ini tidak selalu harus melalui obat-obatan kimia; ada solusi alami yang bisa diambil, salah satunya adalah dengan mengonsumsi jus tomat. Jus tomat bukan hanya lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Ya, jus tomat, dengan kandungan nutrisi yang kaya, bisa menjadi solusi alami bagi mereka yang ingin menjaga kesehatan jantung. Faktanya, tomat adalah sumber nutrisi yang kaya dan memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk dalam menurunkan kadar kolesterol. Berikut adalah beberapa kandungan utama dalam tomat yang berperan penting:

Kandungan Tomat yang Menurunkan Kolesterol

Tomat mengandung berbagai zat gizi penting yang berkontribusi dalam menurunkan kadar kolesterol:

1. Likopen

Pigmen merah alami pada tomat ini berfungsi sebagai antioksidan kuat. Penelitian menunjukkan bahwa likopen dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung.

2. Serat

Tomat juga kaya akan serat, yang membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam saluran pencernaan, sehingga mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

3. Vitamin C dan E

Selain meningkatkan sistem imun, vitamin C dalam tomat juga membantu mengurangi kadar kolesterol dengan menghalangi oksidasi LDL. Kedua vitamin ini memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL, yang merupakan langkah awal dalam pembentukan plak di arteri

4. Kalium

Kandungan kalium pada tomat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, yang secara tidak langsung membantu mengurangi risiko penyakit jantung akibat kolesterol tinggi.

5. Beta-karoten

Senyawa ini juga merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Resep Variasi Jus Tomat

[Fimela] Jus Tomat
Ilustrasi Jus Tomat | Pexels.com

Agar tidak bosan, berikut beberapa resep variasi jus tomat yang bisa Anda coba:

1. Jus Tomat Klasik

Bahan: 3 buah tomat matang, 1 gelas air dingin, 1 sdm madu.

Cara membuat: Blender semua bahan hingga halus, sajikan dengan es batu.

 

2. Jus Tomat dan Wortel

Bahan: 2 buah tomat, 1 buah wortel, 1 buah jeruk.

Cara membuat: Blender semua bahan hingga halus, sajikan segar.

 

3. Jus Tomat dan Seledri

Bahan: 3 buah tomat, 2 batang seledri, 1 sdm air jeruk nipis.

Cara membuat: Blender semua bahan hingga halus, tambahkan es batu jika diinginkan.

 

4. Jus Tomat dan Bayam

Bahan: 2 buah tomat, segenggam bayam, 1 buah apel.

Cara membuat: Blender semua bahan hingga halus, sajikan segera.

 


Hal yang Harus Diperhatikan

jus tomat
Ilustrasi jus tomat penurun kolesterol | copyright pixabay.com/Alexas_Fotos

Meskipun jus tomat bermanfaat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Konsumsi dalam jumlah wajar

Mengonsumsi jus tomat secara berlebihan bisa menyebabkan kelebihan likopen dalam tubuh, yang dapat mengganggu kesehatan.

2. Perhatikan tambahan gula

Hindari menambahkan gula berlebihan ke dalam jus tomat Anda, karena dapat meningkatkan kalori dan mengurangi manfaat kesehatannya.

3. Kualitas Tomat

Pastikan menggunakan tomat yang segar dan matang untuk mendapatkan manfaat maksimal. Hindari tomat yang sudah layu atau busuk.

4. Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat penurun kolesterol, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi jus tomat.

Dengan mengetahui manfaat dan cara yang tepat dalam mengonsumsi jus tomat, Anda dapat menjaga kadar kolesterol tetap terkendali dan menjaga kesehatan jantung Anda.


Detoksifikasi Tubuh hingga Turunkan Kolesterol, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Jus Tomat

10 Resep Minuman Segar dan Menyehatkan yang Cocok Dikonsumsi Setelah Makan Banyak Daging
Resep jus tomat stroberi (Sumber merdeka.com).

Buah merah yang indah ini tidak hanya menambah rasa tajam pada makanan, tetapi memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan yang ditawarkan.

Bukan hanya tomat, jusnya juga kaya nutrisi dan rendah kalori dan lemak. Jadi, jika ingin menurunkan berat badan, minuman ini dapat membantu Anda.

Faktanya, satu gelas jus tomat mengandung 74 persen dari asupan vitamin C harian yang direkomendasikan. Vitamin kunci lainnya termasuk K, B1, B2, B3, B5 dan B6 dan mineral seperti kalium, dan zat besi.

Jika Anda belum mengetahui banyak manfaat jus tomat, ada kemungkinan Anda melewatkan sesuatu yang penting dan bermanfaat.

Berikut manfaat kesehatan dari mengonsumsi jus tomat seperti dilansir dari food.ndtv.com.

Selengkapnya...

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional
Infografis tampilan kekinian camilan tradisional. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya