7 Fakta Tim Walz, Sosok yang Ditunjuk Kamala Harris Jadi Cawapres di Pilpres Amerika Serikat

Berikut ini beberapa fakta terkait Tim Walz yang ditunjuk jadi cawapres Kamala Harris

oleh Sulung Lahitani diperbarui 07 Agu 2024, 15:12 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 15:12 WIB
Kamala Harris Pilih Tim Walz Sebagai Pasangan Cawapres AS
Walz merupakan seorang veteran Garda Nasional Angkatan Darat AS berusia 60 tahun dan mantan guru. (AP Photo/Matt Rourke)

Liputan6.com, Jakarta Dalam "perebutan wakil presiden" Kamala Harris – pencarian calon wakil presiden untuk melawan Donald Trump dan JD Vance – gubernur Minnesota, Tim Walz, muncul dari ketidakjelasan untuk meraih hadiah yang gemerlap. Jadi, siapa dia dan apa yang perlu Anda ketahui tentangnya?

Kamala Harris memperkenalkan pasangannya Tim Walz sebagai "wakil presiden yang pantas bagi Amerika" untuk melawan pasangan Donald Trump dan JD Vance.

Menyebut kampanye mereka sebagai "perjuangan untuk masa depan", Harris dan Walz berulang kali disela oleh tepuk tangan dan sorak-sorai saat mereka berbicara kepada ribuan pemilih yang mengenakan gelang yang berkelap-kelip merah, putih, dan biru di Liacouras Center, Universitas Temple - kerumunan yang menurut tim Harris merupakan yang terbesar hingga saat ini.

"Terima kasih telah membawa kembali kegembiraan," kata Walz yang berseri-seri kepada Harris seperti dihimpun dari The Guardian.

Kamala Harris mengumumkan gubernur berusia 60 tahun itu sebagai pasangannya pada Selasa pagi, beberapa jam setelah ia secara resmi mendapatkan nominasi Demokrat, menjadi wanita kulit berwarna pertama yang memimpin pasangan calon utama. 

Dengan terpilihnya gubernur tersebut, Demokrat mengakhiri salah satu periode terliar dalam kehidupan politik Amerika yang menyebabkan Biden meninggalkan pencalonannya kembali dan mendukung wakil presidennya bulan lalu.

Berikut ini beberapa fakta terkait Tim Walz yang perlu diketahui: 

1. Dia pernah membuat marah kaum Republik

Pengumuman bahwa Harris telah memilih Walz disambut dengan serangan sayap kanan yang dapat diprediksi. Komite Nasional Partai Republik misalnya, menyoroti pernyataan Walz saat membahas peta elektoral Minnesota dengan istilah yang terdengar kasar.

"Anda lihat peta-peta itu," kata Walz di Minneapolis pada tahun 2017. "Merah dan biru dan ada banyak sekali warna merah di sana. Dan Demokrat menjadi depresi karenanya. Sebagian besar batu dan sapi berada di area merah itu." 

Komite tersebut juga menyebut bahwa Walz amat lemah terkait keamanan perbatasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Dia populer di kalangan progresif 

Tim Walz
Gubernur Minnesota Tim Walz dipilih Kamala Harris sebagai calon wakil presidennya dalam Pilpres AS 2024. (Dok. AP Photo/Matt Rourke)

Saat mengalahkan Jensen, Walz mengatakan kepada warga Minnesota bahwa mereka telah "membuat pilihan sadar ... untuk menolak politik yang negatif dan memecah belah dan memilih seluruh jalan kita masing-masing untuk menjadi yang terbaik semampu kita". 

Pada hari Selasa, para juru kampanye yang memuji pilihan Harris untuk calon wakil presiden menekankan pencapaian progresif Walz. 

NextGen Pac, sebuah kelompok yang dipimpin oleh pemuda, mengatakan Walz telah meloloskan “perundang-undangan penting … yang melindungi hak-hak kita, memperjuangkan keadilan iklim, dan membangun ekonomi yang lebih kuat bagi masyarakat biasa … yang mengabadikan hak aborsi, menetapkan cuti sakit dan keluarga berbayar, memberlakukan keringanan pajak anak terkemuka di negara ini, dan menandatangani 40 inisiatif iklim menjadi undang-undang”.

Walz juga telah mengawasi reformasi pengendalian senjata yang signifikan, sebuah pencapaian penting dari seorang politisi yang pernah didukung oleh National Rifle Association yang didorong oleh putrinya untuk mendukung larangan senjata serbu, setelah serangkaian penembakan di sekolah.

 


3. Dia pandai memenangkan pemilu

Kamala Harris Pilih Tim Walz Sebagai Pasangan Cawapres AS
Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Kamala Harris dan calon Wakil Presiden, Gubernur Minnesota Tim Walz tiba pada rapat umum kampanye di Philadelphia, Selasa (6/8/2024). (AP Photo/Matt Rourke)

Walz adalah seorang guru studi sosial sekolah menengah – dan penasihat bagi siswa LGBTQ+ – hingga, pada tahun 2006, ia mengalahkan seorang petahana dari Partai Republik di daerah pedesaan untuk memenangkan kursi di Kongres. 

Setelah enam masa jabatan di DPR AS, ia mencalonkan diri sebagai gubernur Minnesota pada tahun 2018. Ia memenangkan perlombaan itu, melawan Jeff Johnson dari Partai Republik, dengan selisih 11 poin. 

Tantangan di masa jabatan pertamanya meliputi respons terhadap Covid-19, penerapan dan pemeliharaan karantina wilayah serta penutupan sekolah dan bisnis, dan dampak dari pembunuhan George Floyd oleh polisi. Saat mencalonkan diri untuk pemilihan ulang pada tahun 2022, melawan Scott Jensen, Walz menang dengan mudah lagi.

4. Ia adalah seorang sersan di garda nasional

Walz menghabiskan 24 tahun di garda nasional, dari Nebraska, dan kemudian Minnesota. Seperti yang dilaporkan oleh Stars and Stripes, ia mendaftar sebagai prajurit infanteri pada usia 17 tahun, didorong oleh ayahnya, seorang veteran perang Korea, kemudian kuliah dengan biaya GI. Mendaftar kembali setelah 9/11, Walz dikerahkan selama bencana alam di tanah AS dan ke Italia untuk mendukung operasi di Afghanistan.

Pada tahun 2005, Walz pensiun sebagai sersan mayor komando di artileri – dan menghadapi kritik karena meninggalkannya saat batalionnya bersiap untuk pergi ke Irak.

 


5. Ia memiliki sedikit pengetahuan tentang Tiongkok

Kamala Harris Pilih Tim Walz Sebagai Pasangan Cawapres AS
Walz pernah terpilih sebagai anggota parlemen Amerika Serikat pada 2006 di distrik yang condong ke Partai Republik itu. (AP Photo/Matt Rourke)

Berkat program yang dijalankan Harvard, Walz mengajar di Tiongkok selama setahun – kebetulan tahun 1989, tahun protes Lapangan Tiananmen dan tindakan keras pemerintah yang brutal – dan sebagai hasilnya ia berbicara sedikit bahasa Mandarin. Pada tahun 1994, ia dan Gwen menghabiskan bulan madu mereka di Tiongkok, dalam perjalanan yang telah mereka atur untuk sekelompok mahasiswa. Menurut biografi resmi kenegaraan Gwen Walz, pasangan itu terus mengatur perjalanan seperti itu hingga tahun 2003.

6. Ia tidak minum alkohol

Pada bulan September 1995, saat ia berusia 31 tahun, Walz dihentikan saat mengemudi dengan kecepatan 96mph di zona 55mph. Setelah gagal dalam tes kesadaran, ia mengaku bersalah atas tuduhan mengemudi secara gegabah dan membayar denda sebesar $200. Walz telah mengakui kejadian tersebut dan mengatakan bahwa ia tidak lagi minum. Minuman kesukaannya adalah Diet Mountain Dew – kebetulan, juga disukai oleh Vance, calon wakil presiden dari Partai Republik.

 


7. Dia seorang pria berkeluarga

Kamala Harris Pilih Tim Walz Sebagai Pasangan Cawapres AS
Karir politik itu dijalani Walz selama 12 tahun sebelum terpilih sebagai Gubernur Minnesota pada 2018. (Brendan SMIALOWSKI / AFP)

Istri Walz, Gwen Walz, adalah seorang guru sekolah umum seperti suaminya dan juga seorang juru kampanye terkemuka untuk reformasi pendidikan, khususnya seorang pejuang peningkatan pendidikan di penjara sebagai cara untuk mengurangi pengulangan tindak pidana. 

Gwen Walz juga ibu dari dua orang anak, Hope, 23 tahun, dan Gus, 17 tahun, yang lahir dengan bantuan fertilisasi in vitro, atau IVF – perawatan yang terancam oleh Partai Republik dan penganut Kristen sayap kanan yang menginginkan kemenangan lebih lanjut setelah pencabutan hak aborsi federal. 

“Jika Anda sendiri tidak pernah mengalami neraka ketidaksuburan, saya jamin seseorang yang Anda kenal pernah mengalaminya,” kata Walz pada bulan Maret, selama pidato kenegaraannya.

Infografis Kerusuhan Rasial Anti-Imigran Melanda Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Kerusuhan Rasial Anti-Imigran Melanda Inggris. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya