Jangan Biarkan Ngantuk Mengganggu Aktivitasmu, Ini 6 Cara Mengatasinya

Mengantuk dapat terjadi karena energi dalam tubuh Anda menurun. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mencoba untuk minum air putih secara rutin, berolahraga, dan tidur siang.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 03 Sep 2024, 18:03 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 18:03 WIB
Jangan Biarkan Ngantuk Mengganggu Aktivitasmu, Ini 6 Cara Mengatasinya
Jangan Biarkan Ngantuk Mengganggu Aktivitasmu, Ini 6 Cara Mengatasinya. Sumber foto: unsplash.com/Zohre Nemati.

Liputan6.com, Jakarta - Rasa ngantuk seringkali muncul ketika tubuh kekurangan energi. Energi adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan optimal.

Tak jarang kita melihat orang yang tertidur di tempat yang tidak sesuai, seperti saat menaiki transportasi umum atau duduk di ruang tunggu. Hal ini biasanya disebabkan oleh kelelahan akibat aktivitas yang padat atau kurang tidur.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara efektif untuk mengatasi rasa ngantuk, seperti yang dilansir dari Cleveland Clinic, Selasa (3/9/2024).

1. Minum Air Putih

Ketika rasa ngantuk melanda saat Anda menghadiri acara penting atau tengah menyelesaikan tugas, ada solusi sederhana yang bisa Anda coba, minum air putih. Ini adalah cara cepat dan efektif untuk mengatasi rasa lelah dan meningkatkan konsentrasi.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya serat dan mengandung banyak air, seperti buah-buahan dan sayuran, juga bisa membantu mengurangi rasa ngantuk. Buah-buahan seperti semangka, jeruk, dan apel, serta sayuran seperti mentimun dan selada, tidak hanya menyegarkan tetapi juga memberikan energi tambahan.

2. Membangun Percakapan

Rasa ngantuk seringkali muncul ketika Anda berada dalam keadaan diam dan tidak aktif. Salah satu cara efektif untuk mengatasi rasa ngantuk adalah dengan memulai percakapan. Jika Anda berada di ruang yang penuh dengan orang, manfaatkan kesempatan tersebut untuk mengajak orang lain berbicara.

Mulailah dengan topik yang relevan dengan tugas atau pekerjaan yang sedang Anda lakukan. Diskusikan proyek yang sedang berlangsung atau berbagi informasi terbaru. Percakapan tentang pekerjaan tidak hanya dapat mengalihkan perhatianmu dari rasa ngantuk, tetapi juga meningkatkan produktivitas.

Jika situasinya memungkinkan, cobalah untuk membicarakan topik-topik yang sedang hangat diperbincangkan. Diskusi mengenai berita terkini, tren terbaru, atau topik menarik lainnya dapat membuat percakapan lebih hidup dan berkelanjutan. Ini akan membantu Anda tetap terjaga dan terlibat secara aktif.

Berbicara dengan orang lain dapat menjadi solusi sederhana namun efektif untuk mengatasi rasa ngantuk dan meningkatkan energimu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Olahraga

Contoh ilustrasi olahraga
Beraktivitas fisik juga memberikan kenyamanan pada tubuh, tapi jangan lupa waktu terbaik untuk berolahraga ketika cuaca sedang panas-panasnya (Foto: Unsplash.com/Gabin Vallet)

Rasa ngantuk yang sering muncul bisa jadi akibat jam tidur yang tidak teratur. Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi rasa ngantuk adalah dengan rutin berolahraga.

Melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari dapat membantu tubuhmu mendapatkan energi lebih dan mengurangi kelelahan berlebihan.

Berolahraga secara teratur tidak hanya bermanfaat untuk kebugaran tubuh, tetapi juga dapat memperbaiki pola tidurmu. Dengan tubuh yang lebih bugar dan energik, Anda akan merasa lebih segar dan tidak mudah mengantuk.

Namun, penting untuk memperhatikan waktu makan setelah berolahraga. Usahakan memberi jeda sekitar tiga jam sebelum mengonsumsi makanan setelah berolahraga. Ini bertujuan agar energi yang dihasilkan dari aktivitas fisik dapat dipertahankan dengan optimal.

Selain itu, hindari langsung tidur setelah berolahraga untuk memberi tubuh waktu memulihkan diri dan mencerna makanan dengan baik.


4. Latihan pernapasan

[Fimela] Pernafasan
Ilustrasi pernafasan | unsplash.com

Rasa ngantuk bisa menjadi masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu cara sederhana namun efektif untuk mengatasi rasa ngantuk adalah dengan melakukan latihan pernapasan.

Latihan ini dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah, membantu jantung berdetak lebih lambat, dan meningkatkan sirkulasi serta energi tubuh.


5. Mulai bergerak

Ilustrasi jalan kaki di pagi hari
Ilustrasi jalan kaki di pagi hari. (Photo by Jordan McQueen on Unsplash)

Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan energi tubuh dan mengurangi rasa ngantuk adalah dengan berjalan kaki selama 10 menit setiap pagi. Aktivitas ini memiliki berbagai manfaat kesehatan yang penting.

Berjalan kaki memiliki manfaat untuk memompa oksigen lewat otot, otak dan pembulu darah. Ketika tubuh Anda dipenuhi energi maka kecil kemungkinan Anda akan mengantuk saat sedang melakukan aktivitas.

Jika aktivitas dan pekerjaan Anda hanya dilakukan tanpa banyak bergerak, maka coba lakukan beberapa aktivitas seperti berjalan santai sebelum melakukan pekerjaan. Sebab berjalan kaki sama dengan melakukan olahraga.

Ketika Anda berjalan kaki artinya Anda telah meningkatkan energi untuk memulai aktivitas Anda. Sehingga, kecil kemungkinan Anda akan mengantuk saat melakukan aktivitas.


6. Tidur Siang

Ilustrasi perempuan tidur, mimpi
Ilustrasi perempuan tidur, mimpi. (Photo by Niels Zee on Unsplash)

Setelah melakukan aktivitas pagi, rasa ngantuk seringkali muncul di siang hari. Jika Anda merasa mengantuk, penting untuk memberi tubuhmu waktu untuk tidur siang.

 

Tidur di meja kerja tidak akan membuat tidurmu nyaman dan tenang. Cobalah cari tempat ternyatan di ruangan yang disediakan oleh perusahaan Anda. Namun, jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, Anda dapat mencoba sekadar memejamkan mata selama 10 menit atau lebih di atas meja kerja untuk meredakan rasa ngantukmu.

Meskipun tidur siang mungkin terasa sulit dilakukan bagi pekerja, terutama di lingkungan kerja, istirahat ini sangat penting untuk memulihkan energi.

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya