Cara Mudah Simpan Sayur Agar Segar 1 Bulan di Kulkas

Trik sederhana simpan sayur di kulkas pakai kain basah agar tetap segar hingga sebulan.

oleh Dhea Roszihanita diperbarui 30 Agu 2024, 15:10 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 15:10 WIB
Sayuran Tidak Segar
Ilusstrasi Macam-Macam Sayuran / Freepik by azerbaijan_stockers

Liputan6.com, Jakarta Bagi banyak orang yang sering memasak di rumah, menyimpan sayuran agar tetap segar bisa menjadi tantangan tersendiri. Sayuran cenderung cepat layu dan busuk jika tidak disimpan dengan cara yang tepat. Pengguna TikTok @delviyandra25 membagikan pengalamannya, Dulu saya harus pergi ke pasar setiap hari karena sayuran cepat busuk, ungkapnya.

Untuk mengatasi masalah ini, @delviyandra25 memperkenalkan trik penyimpanan sayuran yang inovatif. Dengan trik ini, sayuran bisa tetap segar hingga satu bulan tanpa perlu menggunakan kontainer khusus.

Berikut adalah trik yang dirangkum pada Jumat (30/08/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Cuci dan Keringkan Sayuran

mencuci buah dan sayur
Ilustrasi/copyrightshutterstock/spass

Pastikan semua sayuran dicuci hingga bersih dan benar-benar kering sebelum Anda menyimpannya.


2. Gunakan Kain Basah

Pentingnya Mencuci Sayur Sebelum Dikonsumsi
Pentingnya Mencuci Sayur Sebelum Dikonsumsi

Letakkan kain basah di rak paling bawah dalam kulkas. Kain ini akan berfungsi sebagai alas yang menjaga kelembapan di dalam kulkas tetap optimal.


3. Susun Sayuran dengan Posisi Berdiri

Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas agar Lebih Awet dan Terjaga Kesegarannya
(c) Shutterstock

Aturlah sayuran secara vertikal di atas kain yang lembap. Cara ini efektif untuk mencegah sayuran saling menempel dan membusuk.


4. Tutupi Sayuran dengan Kain Basah

Contoh ilustrasi kain lap dari mikrofiber
Kain yang terkenal akan memudahkan untuk membersihkan dapur serta ruangan lain sebab menjadi magnet untuk kotoran-kotoran bisa kamu bersihkan dengan cara ini agar tetap wangi dan tidak bau lagi (Foto: Unsplash.com/everdrop GmbH)

Tutupi stok sayuran dengan kain basah lainnya untuk menjaga kelembapannya tetap optimal.


5. Pemeliharaan Berkala

kain
Ilustrasi kain lap yang digunakan untuk bikin spons. (Foto: Unsplash/Zoe)

Apabila bagian atas kain basah mulai mengering, segera basahi kembali untuk mempertahankan kelembapannya.


Manfaat dan Efektivitas Trik

@delviyandra25 menjelaskan, Kain basah ini berfungsi untuk menjaga kelembapan sayur dan buah. Metode ini dikatakan sangat efektif dalam menjaga kesegaran sayuran dan buah hingga satu bulan penuh.


Respon dari Pengguna TikTok

Unggahan TikTok ini berhasil mencuri perhatian banyak pengguna. Akun TikTok @ciko berbagi tips menarik, Kalau aku membungkus kangkung dengan plastik, kangkung bisa tetap segar selama berhari-hari, yang penting pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam plastiknya. Sementara itu, akun TikTok @Nanasdhia bertanya mengenai pemeliharaan kain basah, Kain basahnya lama-lama kering, apakah prosesnya perlu diulang? Pertanyaan ini dijawab oleh @delviyandra25, Cukup basahi ulang kain penutup setiap kali kering.

Pengguna lain, TikTok @Sr.ana, juga penasaran, Apakah metode ini bisa digunakan untuk kangkung atau bayam juga? Dijawab dengan yakin, Bisa banget, aku selalu stok bayam dengan cara ini.

Dengan trik sederhana ini, Anda bisa menjaga sayuran tetap segar dan awet tanpa perlu menggunakan kontainer khusus.


Netizen Juga Bertanya Seputar Sayur Segar


1. Apa manfaat sayur segar?

Sayur segar kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Mereka membantu menjaga sistem pencernaan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah berbagai penyakit kronis.


2. Apa yang dimaksud dengan sayur segar?

Sayur segar merujuk pada sayuran yang baru dipanen dan belum mengalami proses pengawetan atau penyimpanan dalam waktu lama. Sayuran ini biasanya memiliki rasa yang lebih segar dan kandungan nutrisi yang lebih tinggi.


3. Bagaimana cara menyimpan sayur segar agar tahan lama?

Untuk menyimpan sayur segar agar tahan lama, simpan di dalam kulkas dalam wadah yang kedap udara atau kantong plastik. Beberapa sayuran juga dapat disimpan dalam suhu ruangan, tergantung pada jenisnya.


4. Apa sayur segar yang cocok untuk diet?

Sayur segar seperti bayam, brokoli, wortel, dan paprika adalah pilihan yang baik untuk diet. Mereka rendah kalori dan tinggi nutrisi, yang mendukung penurunan berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.


5. Apa perbedaan antara sayur segar dan sayur beku?

Sayur segar adalah sayuran yang belum mengalami proses pengawetan, sedangkan sayur beku telah dibekukan untuk memperpanjang masa simpannya. Sayur beku bisa kehilangan sedikit nutrisi selama proses pembekuan.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya