5 Cara Mudah Kurangi Nyeri Engkel Kaki Akibat Plantar Fasciitis

Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda coba untuk mengurangi nyeri engkel kaki akibat plantar fasciitis.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 06 Sep 2024, 09:03 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2024, 09:03 WIB
5 Cara Mudah Kurangi Nyeri Engkel Kaki Akibat Plantar Fasciitis
5 Cara Mudah Kurangi Nyeri Engkel Kaki Akibat Plantar Fasciitis. Photo by Ava Sol on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Sakit pada bagian engkel bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda mungkin merasakan nyeri atau ketidaknyamanan saat bergerak, yang bisa membuat langkah Anda terasa terbatas. Salah satu penyebab umum dari masalah ini adalah plantar fasciitis.

Apa Itu plantar fasciitis? Plantar fasciitis adalah kondisi yang melibatkan peradangan pada jaringan yang memanjang dari tumit hingga ujung jari kaki. Jaringan ini dikenal sebagai plantar fascia. Ketika plantar fascia mengalami iritasi atau peradangan, Anda akan merasakan nyeri, terutama saat Anda bergerak atau berdiri dalam waktu lama.

Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda coba untuk mengurangi nyeri engkel kaki akibat plantar fasciitis. Berikut ini beberapa langkah yang dapat membantu, seperti melansir dari Cleveland Clinic, Kamis (5/9/2024).

1. Istirahat dan Regangkan Kaki

Nyeri pada engkel dapat disebabkan oleh aktivitas dengan kaki Anda yang berlebihan. Anda memaksakan diri untuk bekerja terlalu berat dan membuat engkel Anda kelelahan. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan pemulihan dengan memberikan istirahat pada kaki Anda.

Selain itu, Anda dapat melakukan peregangan engkel kaki. Anda dapat melakukan senam atau latihan kekuatan otot yang fleksible. Dengan melakukan peregangan ini dapat menjaga sendi plantar fasciitis mengencang dan tidak tertarik. Sehingga, Anda dapat bebas bergerak lagi.

2. Menggunakan Alas Kaki yang Tepat

Jika Anda mengalami nyeri pada engkel atau memiliki riwayat masalah serupa, memilih alas kaki yang tepat bisa sangat membantu dalam mengurangi ketidaknyamanan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menggunakan sepatu yang dirancang khusus untuk mendukung kesehatan kaki dan engkel Anda.

Anda juga dapat menggunakan alas kaki yang tepat seperti sepatu lari atau sepatu kets. Sepatu lari seperti sepatu kets mambantu melindungi jaringan engkel dari keregangan dan iritasi.

Hindari penggunaan sepatu datar tanpa penyangga. Sepatu tanpa penyangga hanya membut engkel Anda semakin sakit. Anda juga disarankan untuk tidak berjalan kaki tanpa Alasan kaki. Berjalan dengan bertelanjang kaki dapat merusak jaringan pada engkel Anda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Kompres Kaki dengan Air Es

Es Batu dan Air Rendaman Beras
Ilustrasi Es Batu Credit: unsplash.com/Tomas

Untuk meredakan rasa sakit dan nyeri pada engkel, Anda dapat mengompres pada bagian tersebut. Anda dapat megompresnya dengan menggunakan air es. Air es memiliki fungsi yang baik untuk kaki yaitu mampu mencegah nyeri dan peradangan pada engkel.

Kompres untuk meredakan nyeri ini dapat dilakukan dengan menggulingkan botol isi air es ke kaki Anda selama 5 menit. Anda juga dapat menempelkan kompres air es ke telapak kaki selama 15 menit. Mengompres kaki dengan air es ini dapat dilakukan setelah Anda melakukan aktivitas berat.


4. Gunakan Belat

ilustrasi kaus kaki
Photo by Livi Po on Unsplash

Jika pergelangan kaki dan engkel Anda mengalami nyeri atau sakit yang parah, gunakan belat untuk mengobatinya. Disarankan menggunakan belat pada malam hari. Hal ini berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri dan meregangkan plantar fasciitis.

Cara penggunaannya dengan menempelkan belat di bagian kaki Anda. Kemudian, ratakan belat dengan menggunakan telapak tangan, sesuaikan posisi belat dengan pergelangan kaki. Kemudian isi cela pada bahan.


5. Hindari Latihan Kaki dan Berdiri Terlalu Lama

Ilustrasi Lari
Ilustrasi lari (Photo by Jonathan Chng on Unsplash)

Bagi Anda yang merasakan sakit pada kaki bagian engkel disarankan untuk tidak melakukan olahraga berat. Saat Anda melakukan olahraga berat seperti lompat, lari dan hiking, akan membuat kaki Anda mengalami benturan keras.

Hal ini menyebabkan kondisi kaki Anda memburuk. Untuk mehindari hal tersebut maka Anda perlu menghindari olahraga semacam itu.

Tidak hanya olahraga berat, berdiri terlalu lama juga dapat memperburuk keadaan kaki dan engkel Anda. Menahan kaki untuk berdiri terlalu lama membuat plantar fascitis mengalami tekanan. Anda perlu memperhatikan hal tersebut untuk menghindari nyeri dan sakit engkel.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya