5 Minuman Alami yang Mampu Meredakan Sakit Perut, Salah Satunya Air Kelapa

Saat perut terasa sakit Anda dapat mencoba minum-minuman alami yang mampu mengobati sakitnya seperti air putih, air kelapa, dan teh jahe.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 19 Sep 2024, 16:04 WIB
Diterbitkan 19 Sep 2024, 16:04 WIB
Ilustrasi sakit perut. (Unsplash)
Ilustrasi sakit perut. (Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda mengalami diare lebih dari dua kali dalam sehari? Tahukah Anda bahwa hal semacam itu adalah sakit yang menyerang tubuh bagian perut Anda.

Sakit pada bagian perut biasanya terjadi karena kekurangan cairan yang menyebabkan tubuh Anda mengalami dehidrasi. Tidak hanya penyakit diare, penyakit pada perut juga dapat menyerang organ tubuh bagian dalam seperti lambung.

Saat Anda mengalami sakit lambung yang akan Anda rasakan adalah nyeri dan sakit yang menekan perut. Gejala ini terkadang menganggu aktivitas dan membuat Anda sulit untuk mengerjakan sesuatu.

Solusi yang terbaik adalah Anda perlu memeriksanya ke dokter. Namun, ditemukan beberapa minuman alami yang mampu meredakan dan mengobati sakit perut Anda seperti yang dilansir dari BuzzRx, Rabu (18/09/2024) berikut ini:

1. Air Kelapa

Obat alami yang dapat menyembuhkan sakit perut adalah air kelapa. Air kelapa kaya akan kandungan magnesium dan kalium. Kandungan tersebut mampu mengurangi kontraksi nyeri pada lambung dan kejang otot yang menyebabkan perut Anda sakit.

Air kelapa dipercaya mampu mengembalikan cairan yang hilang dalam tubuh. Air kelapa baik untuk mereka yang mengalami sakit perut karena tidak menyebabkan keasaman, kandungan gula yang rendah, serta kalorinya. Untuk mengobati nyeri sakit perut Anda dapat minum air kelapa setiap 2-3 jam sebanyak satu gelas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


2. Susu

Pasteurisasi
Ilustrasi Produk Susu Hasil Pasteurisasi Credit: unsplash.com/EnginAkyurt

Sakit di bagian bawah dada menyebabkan tubuh terasa sesak dan terbakar. Hal ini terjadi karena refluks asam lambung. Refluks asam lambung adalah penyakit yang meyerang sistem pencernaan yang menyebabkan iritasi pada lambung di saluran makanan.

Akibatnya perut terasa sakit dan nyeri, bahkan sulit untuk menerima makanan masuk. Untuk mengatasi penyakit ini Anda dapat minum segelas susu. Susu dipercaya mampu menetralisir sakit perut dan asam lambung. Namun, perlu diketahui bahwa bagi sebagian orang yang tidak cocok dengan laktosa disarankan untuk tidak meminum susu untuk meredakan nyeri sakit perut.


3. Teh Jahe

jahe
Ilustrasi Wedang Jahe. (Foto: Unsplash/Jessica Mangano)

Minuman herbal yang mudah untuk diolah dan ditemukan di pasar atau supemarket ini dapat membantu meredakan sakit di perut Anda. Anda dapat mengonsumsinya dengan dibuat teh jahe. Cara untuk membuat teh jahe adalah dengan rebus jahe dengan air segar. Anda juga dapat menambahkan gula merah untuk menambah rasa manis.

Selain itu, Anda juga dapat mengunyah jahe untuk mengatasi rasa sakit perut seperti diare hingga rasa ingin mual dan muntah. Jika Anda malas untuk mengolahnya, Anda dapat membeli minuman yang mengandung jahe seperti wedang dan sekuteng. Namun,perlu diketahui bahwa untuk mengonsumsi jahe disarankan untuk tidak berlebihan.


4. Cuka Sari Apel

Ilustrasi cuka sari apel
Ilustrasi cuka sari apel. Sumber foto: unsplash.com/RawPixel.

Cuka sari apel memiliki khasiat yang dapat mengatasi sakit bagian perut seperti perut kembung, sembelit, dan diare. Hal ini terjadi karena cuka sari apel mampu meningkatkan produk asal lambung dan enzim pencernaan. Sehingga, dapat membantu menjaga usus dari bakteri agar tetap sehat.

Untuk mengonsumsinya Anda dapat meminum satu sendok cuka sari apel yang dicampurkan dengan air hangat dan sedikit madu untuk menambah rasa. Olahan ini mampu meredakan gangguan dan gas pencernaan yang menyebabkan seseorang menderita sakit perut.

Catatan bagi Anda bahwa tidak disarankan untuk mengonsumsi cuka sari apel murni, keasamannya menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan merusak gigi.


5. Air Putih

Minum Air Putih
Ilustrasi mengonsumsi air mineral. Credit: unsplash.com/Dylan

Minum air putih adalah obat yang paling manjur untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah sakit perut. Sakit perut dapat terjadi karena tubuh kekurangan cairan dan menyebabkan dehidrasi. Dengan mengonsumsi air putih yang cukup mampu meredakan sakit di perut Anda.

Minum air putih memiliki banyak khasiat membantu memperlancar sistem pencernaan tubuh Anda. Saat Anda mengalami sakit perut di bagian bawah, Anda disarankan untuk meminum air putih untuk meredakannya. Untuk memberikan khasiat yang menghangatkan Anda dapat meminum air putih hangat.

Banner Infografis Wacana Susu Ikan Pengganti Alternatif Susu di Program Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Banner Infografis Wacana Susu Ikan Pengganti Alternatif Susu di Program Makan Bergizi Gratis. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya