5 Kesalahan Mencuci Wajah yang Mungkin Tidak Anda Sadari, Salah Satunya Tidak Menghapus Make Up

Mencuci muka tanpa membersihkan make up terlebih dahulu ternyata menyebabkan masalah pada kulit wajah Anda. Hal ini juga merupakan salah satu kesalahan dalam mencuci wajah.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 09 Okt 2024, 09:03 WIB
Diterbitkan 09 Okt 2024, 09:03 WIB
Cara Menghilangkan Belang di Wajah Akibat Berjilbab, Warna Kulit Makin Cerah dan Merata
Ilustrasi mencuci wajah. (c)ryanking999/Depositphotos.com

Liputan6.com, Jakarta - Saat bangun dari tidur Anda akan bergegas untuk mandi dan mencuci wajah. Hal ini dilakukan agar tubuh dan wajah tampak segar dan lebih berseri. Sehingga, Anda lebih siap untuk menjalani aktivitas seharian penuh.

Mencuci wajah juga dapat menghilangkan kotoran dan debu yang menempel sepanjang Anda beraktivitas. Hal ini membuat kulit wajah Anda mendapatkan kelembaban.

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa hal yang mungkin Anda tidak sadari sebagai kesalahan dalam mencuci wajah. Seperti yang dilansir dari Dermatology Consultants, Senin (07/10/2024) berikut ini cara yang salah dalam mencuci wajah dan wajib Anda ketahui:

1. Salah Pilih Produk Sabun Cuci Muka

Kulit Anda akan mengalami iritasi atau masalah lainnya jika Anda menggunakan produk sabun cuci yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu memperhatikan jenis kulit dan rekomendasi dari orang-orang yang dipercaya. Anda juga dapat melihat kandungan dalam produk sabun cuci muka tersebut.

Sabun cuci muka memilikir fungsi menghilangkan kotoran dan debu di wajah Anda. Jika Anda tidak menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami kulit terasa kering, tersa berminyak, hingga terasa berjerawat.

Jika Anda memiliki jenis kulit kering maka gunakan produk yang dapat menghindrasi dan melembutkan. Sedangkan, untuk jenis kulit berminyak gunakan produk yang memiliki gel anti-inflamasi.


2. Salah Menggunakan Air Pembilas

Mencuci Wajah Tidak Sampai Bersih
Ilustrasi Mencuci Wajah Credit: pexels.com/David

Sebagian orang tidak menyadari bahwa suhu air untuk membilas wajah terkadang menjadi kesalahan dalam mencuci wajah. Hal ini terjadi disebabkan oleh air bereaksi terhadap kulit Anda. Suhu air yang baik untuk membilas wajah setelah mencuci muka adalah dengan menggunakan air hangat.

Jika Anda menggunakan air dengan suhu ekstrem seperti air panas, maka besar kemungkinan kulit wajah Anda akan mengalami kekeringan akibatnya kelenjar minyak bekerja lebih keras. Hal ini juga menyebabkan kulit Anda mengalami kemerahan. Namun, jika Anda menggunakan air dengan suhu dingin menyebabkan pori-pori Anda sulit untuk terbuka dan mengalami penyumbatan.


3. Sering Mencuci Wajah

Mencuci Wajah dengan Facial Wash
Ilustrasi mencuci wajah dengan facial wash untuk kulit kombinasi dan beruntusan. /pexels.com Ron Lach

Mencuci wajah memiliki manfaat untuk menghilangkan kotoran dan polusi yang menumpuk di kulit. Namun, sering mencuci wajah menyebabkan kerusakan pada kulit Anda. Mencuci wajah lebih dari dua kali dalam sehari menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan produksi minyak lebih banyak.

Anda disarankan untuk mencuci wajah dua kali dalam sehari yaitu sebelum beraktivitas atau pagi hari dan setelah melakukan aktivitas atau malam hari. Kebiasaan ini membantu kulit Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari iritasi. Anda juga dapat mengaplikasikan tabir surya (sunscreen) seetelah mencuci wajah pagi hari.


4. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

eksfoliasi
Ilustrasi eksfoliasi yang penting dilakukan untuk wajah | copyright freepik

Tidak hanya mencuci wajah, kulit wajah juga membutuhkan perawatan eksfoliasi. Eksfoliasi diperlukan oleh kulit wajah untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk di wajah Anda. Hal ini juga dapat membantu meresapkan produk yang Anda aplikasikan ke dalam wajah.

Namun, terlalu sering melakukan eksfoliasi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah Anda. Terlalu sering mengeksfoliasi kulit menimbulkan beberapa masalah seperti kulir kering, kulit bersisik, dan iritasi. Anda disarankan untuk melakukan eksfoliasi satu kali dalam seminggu.


5. Tidak Menghapus Make Up

Tips Menyesuaikan Make Up dengan Bentuk Wajah
Ilustrasi wanita sedang make up. (dok. unsplash/Novi Thedora)

Jika Anda mencuci muka tanpa menghapus make up maka Anda akan mengalami masalah pada kulit wajah. Hal ini akan menjadi masalah karena make up di wajah Anda tidak bersih secara keseluruhan. Selain itu, produk sabun cuci muka yang Anda gunakan tidak akan menyerap dengan baik ke kulit wajah.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu menghapus make up terlebih dahulu sebelum mencuci wajah. Anda dapat menggunakan micellar water untuk membersihkan make up di wajah. Gunakan kapas untuk mengambil micellar water, kemudian usap ke wajah Anda hingga kering. Lalu cuci muka Anda dengan menggunakan produk cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit.

Infografis perawatan kecantikan
Infografis Macam-Macam Perawatan Kecantikan Terkini. (Dok: Liputan6.com/abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya