Cara Membuat Lemper Ayam Tahan Lama hingga Tiga Hari, Resepnya Simpel

Pelajari cara membuat lemper ayam yang lezat dan tahan hingga tiga hari dengan trik sederhana dari Channel YouTue Dapur Ibu Waliyah.

oleh Amanda Sam diperbarui 25 Okt 2024, 14:42 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2024, 14:41 WIB
lemper
Tips agar lemper lebih tahan lama./Copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Lemper adalah salah satu jajanan pasar yang masih sangat populer hingga saat ini. Makanan berbahan dasar beras ketan ini terkenal dengan berbagai variasi isian, seperti abon, daging sapi, udang, dan serundeng kelapa. Namun, isian ayam tetap menjadi favorit banyak orang. Selain rasanya yang lezat, harga lemper ayam juga terjangkau. Kamu bisa membelinya di pasar atau bahkan membuatnya sendiri di rumah.

Sayangnya, banyak yang mengalami masalah lemper buatan sendiri cepat basi karena teknik pengolahan yang kurang tepat. Namun, seorang pengguna internet bernama Waliyah berbagi cara agar lemper tidak cepat basi dan bisa bertahan hingga tiga hari. Ini sangat berguna bagi kamu yang ingin menjadikannya sebagai peluang bisnis.

"Pokoknya dari proses ke proses itu semuanya penting agar lemper bisa bertahan hingga tiga hari," jelasnya, dikutip Jumat (24/10), dari YouTube Dapur Ibu Waliyah.

Pengolahan Daging Ayam

Daging ayam
Ilustrasi daging ayam. (Pexels.com/Laudia Tysara)

Daging ayam yang akan digunakan sebagai isian sebaiknya dikukus terlebih dahulu. Meskipun ayam bisa direbus, mengukusnya lebih baik karena kadar air dalam daging ayam yang dikukus lebih sedikit. Hal ini penting untuk memastikan lemper tidak cepat basi, sehingga rasanya tetap enak dan tahan lama.

Setelah dikukus, daging ayam dapat disuwir menjadi bagian-bagian kecil. Proses ini akan memudahkan pengisian lemper dan memastikan setiap gigitannya kaya akan rasa. Dengan menggunakan teknik pengolahan yang tepat, kamu bisa menikmati lemper yang lezat dan awet lebih lama.

Membuat Bumbu Halus

Bumbu dapur
Ilustrasi/copyright shutterstock.com/Kerdkanno

Siapkan bumbu halus dan tumis sampai benar-benar matang untuk mencegah lemper cepat basi. Setelah matang, masukkan ayam suwir, bumbu bubuk, dan santan. Tumisan ini harus dimasak hingga kering tanpa menambahkan daun bawang atau seledri.

"Agar nanti lempernya bisa bertahan, saya tidak menyarankan untuk memasukkan daun-daunan ke sini. Kalau lempernya hanya untuk 1 hari, bisa ditambahkan daun bawang atau seledri, tapi untuk bertahan hingga 3 hari, itu tidak disarankan," jelas Waliyah. 

Kebersihan Wadah

Ilustrasi tempat, wadah penyimpanan makanan kedap udara
Ilustrasi tempat, wadah penyimpanan makanan kedap udara. (Image by freepik)

Semua wadah yang digunakan untuk menaruh bahan-bahan harus dalam keadaan bersih dan kering. Kebersihan wadah sangat penting untuk menjaga kualitas dan kesegaran makanan, termasuk lemper yang sedang kamu buat. Jika wadah tidak bersih, bakteri dapat berkembang biak dan memengaruhi cita rasa serta keawetan lemper.

Kondisi wadah yang basah atau kotor dapat memicu lemper mudah basi, sehingga penting untuk memastikan setiap wadah yang digunakan benar-benar steril. Dengan menjaga kebersihan alat dan wadah, kamu akan mendapatkan lemper yang tidak hanya lezat tetapi juga aman untuk dikonsumsi.

Mengolah Beras Ketan

beras ketan
ilustrasi beras/Photo by Foto T on Unsplash

Ketan harus dikukus selama 20 menit. Siapkan juga santan yang direbus dengan daun salam dan serai. Setelah keduanya matang, campurkan ketan dan santan saat masih panas agar santan meresap dengan baik.

"Kalau sudah dingin, santan akan sulit meresap sempurna," ungkap Waliyah.

Pengemasan Lemper

Ilustrasi Daun Pisang
Ilustrasi Daun Pisang (pixabay.com)

Setelah beras ketan tercampur dengan baik, langkah selanjutnya adalah mendinginkannya. Setelah dingin, kamu bisa mengisi beras ketan dengan ayam suwir. Pastikan isiannya cukup merata sebelum membungkusnya menggunakan daun pisang agar semua rasa terjaga.

Setelah terbungkus rapi, kukus kembali lemper untuk memastikan semua bahan matang sempurna. Proses pengukusan ini penting untuk mendapatkan tekstur lemper yang lembut dan enak, serta memastikan bahwa cita rasa dari semua bahan dapat menyatu dengan baik.

Bagaimana? Ternyata mudah kan membuat lemper yang tahan lama? Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana, Anda bisa menikmati lemper lezat yang tetap awet hingga tiga hari. Rahasia di balik keawetan ini telah dibagikan oleh Waliyah dalam video resepnya yang informatif.

Video resep ini telah ditonton lebih dari 800 ribu kali, dan respons warganet pun sangat antusias. Banyak yang berbagi pengalaman mereka setelah mencoba resep ini, menunjukkan betapa populer dan bermanfaatnya tips ini bagi para pecinta kuliner.

Pertanyaan Umum Seputar Cara Mengolah Lemper Ayam

Bagaimana cara agar lemper ayam tidak cepat basi? Menggunakan teknik pengolahan yang tepat, seperti mengukus ayam dan memastikan semua bahan serta wadah bersih dan kering, sangat penting untuk menjaga kesegaran lemper.

Berapa lama lemper ayam bisa bertahan?

Dengan pengolahan yang tepat, lemper ayam dapat bertahan hingga tiga hari. 

Apa yang perlu diperhatikan saat membuat bumbu halus untuk lemper?

Bumbu halus harus ditumis hingga matang untuk menghindari lemper cepat basi. Jangan tambahkan daun bawang atau seledri jika ingin lemper tahan lama. 

Bagaimana cara mengolah beras ketan untuk lemper?

Beras ketan harus dikukus selama 20 menit, kemudian dicampur dengan santan yang masih panas agar meresap dengan baik. 

Apakah ada tips untuk mengemas lemper?

Bungkus lemper dengan daun pisang setelah diisi ayam suwir, dan kukus kembali untuk memastikan semuanya matang. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya