Pangarmatim Resmikan Renovasi Gedung Gereja

Pangarmatim Laksda TNI Agung Pramono meresmikan renovasi gedung gereja dan Konsistori GPIB jemaat Galilea.

oleh Liputan6 diperbarui 21 Okt 2013, 10:15 WIB
Diterbitkan 21 Okt 2013, 10:15 WIB
131021agereja.jpg
Citizen6, Surabaya: Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Agung Pramono  meresmikan renovasi gedung gereja dan Konsistori GPIB jemaat Galilea yang terletak di  Jalan Olahraga No. 6 Koarmatim, Ujung, Surabaya.

Peresmian renovasi gedung Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) pada Minggu 20 Oktober 2013 tersebut merupakan renovasi  pertama kali sejak berdiri 1969, yang dibiayai secara swadaya oleh para jemaat dan donatur. Gereja yang berdiri di atas tanah milik TNI Angkatan Laut itu merupakan wadah dan tempat ibadah bagi umat Kristiani khususnya jemaat gereja yang tinggal disekitar komplek Koarmatim.

Dalam peresmian yang diawali dengan ibadah dan pentahbisan gedung dan seluruh isinya oleh Ketua Umum Majelis Sinode GPIB Pdt M F Manuhuttu M Th, seluruh prosesi berjalan dengan lancar. Kegiatan peresmian itu sendiri ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Pramono dan Ketua Umum Majelis Sinode Pdt M F Manuhuttu M Th.

Gereja memiliki jemaat sekitar 400 orang irenovasi di bawah kepemiimpinan Ketua Panitia Renovasi gedung gereja Mayor Laut (KH) Mellis Kumambong. Gereja yang berdiri kokoh sejak jaman kolonial Belanda itu, kini dipimpin oleh Pdt Ny Christina Agustina Handoyo Bangun, yang merupakan pendeta ke 9 menggantikan Pendeta Ny Esterina Sarwo Sri Manusiwa-Permono S Th.

Pada kesempatan tersebut, Pramono dalam sambutannya mengatakan, naik turunnya keimanan bukan disebabkan oleh sarana dan prasaranan yang bagus, tetapi dengan sarana yang sederhanapun keimanan harus tetap terjaga dan naik terus. Oleh karena itu, ia tidak menginginkan prajurit TNI Angkatan Laut beserta keluarga yang tinggal disekitar Koarmatim tidak bisa beribadah, lantaran tidak ada tempat dan fsilitas yang memadai untuk beribadah.

Lebih lanjut Pramono menegaskan, setiap umat Kristiani harus selalu bisa menjadi pelita dalam pribadi, keluarga, dan lingkungan dalam berbangsa dan bernegara. Kehadiran Pangarmatim dalam kegiatan ini tidak lain adalah menjalankan tugas yang diemban TNI dalam tema "bersama rakyat TNI kuat" . Oleh karenanya dalam kesempatan tersebut Pramono mengajak seluruh komponen dan masyarakat Kristiani yang ada di sekitar komplek Koarmatim untuk bersama-sama membangun Koarmatim untuk semakin kuat dan dicintai rakyat.

Dalam prosesi ibadah yang dipimpin oleh Ketua Umum Majelis Sinode itu mengambil bacaan dalam Amsal 22: 17-19 dengan tema "mempercayakan hidup kepada-Nya". Dalam prosesi ibadah tersebut juga ditampilkan Paduan Suara (PS) Koarmatim yang merupakan juara 1 lima kali berturut-turut dan juara 2 dalam lomba Pesparawi 2013 TNI Angkatan Laut se–wilayah Surabaya, juga Vocal Group (VG) Koarmatim, VG Galilea Voice, VG GPIB Sidoarjo, dan musik kolintang dari gereja GPIB Galilea.

Pada kesempatan itu pula Pangarmatim beserta ibu dan keluarga berkenan memuji Tuhan bersama dengan iringan musik Kolintang. (Dispenarmatim/mar)

Dispenarmatim adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya