FTX Ungkap Kripto Senilai Rp 6,2 Triliun Telah Diretas

Peretasan kripto ini terjadi pada bebreapa anak peruasahaan FTX.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 18 Jan 2023, 10:17 WIB
Diterbitkan 18 Jan 2023, 10:17 WIB
Pendiri Kripto FTX Sam Bankman-Fried Ditangkap Polisi di Bahama
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (kiri) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Berita penangkapan ini tentunya tidak mengejutkan, mengingat pada Jumat lalu, Departemen Kehakiman mengatakan bahwa pihaknya terus memantau kebangkrutan FTX, yang diperkirakan akan merugikan lebih dari satu juta orang. (Mario Duncanson/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pertukaran kripto yang bangkrut FTX mengatakan pada Selasa, 17 Januari 2023 kripto senilai USD 415 juta atau setara Rp 6,2 triliun (asumsi kurs Rp 15.176 per dolar AS) diretas dari akun bursa, mewakili porsi yang cukup besar dari aset yang teridentifikasi yang coba dipulihkan oleh perusahaan.

Dilansir dari CNBC, Rabu (18/1/2023). dalam presentasi berjudul "Memaksimalkan Pemulihan FTX", pengacara dan penasihat untuk debitur FTX telah memperbarui total aset likuid yang diidentifikasi untuk pemulihan nilainya sekitar USD 5,5 miliar atau setara Rp 83,4 triliun. 

Presentasi 20 halaman dari pengacara dan penasihat FTX memberikan perincian aset FTX dan di mana mereka mencari pemulihan potensial yang dapat dikembalikan ke debitur. Itu termasuk properti bernilai ratusan juta dolar di Bahama, tempat Bankman-Fried tinggal dan menjalankan perusahaan.

Namun, dari total aset yang tercatat ada aktivitas yang tidak sah sebesar USD 323 juta atau setara Rp 4,9 triliun dari akun FTX.com dan USD 90 juta atau setara Rp 1,3 triliun dari akun FTX AS, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

Anak perusahaan FTX lainnya, Alameda Research juga mengalami pencurian sebesar USD 2 juta atau setara Rp 30,3 miliar. Secara total, ada USD 415 juta kripto yang diretas dari perusahaan FTX.

FTX mengajukan kebangkrutan setelah gelombang penarikan melumpuhkan bursa dan anak perusahaannya, Alameda Research. Pendiri dan mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried didakwa oleh jaksa federal atas tuduhan penipuan dan pencucian uang pada bulan Desember. 

Bankman-Fried mengaku tidak bersalah atas dakwaan awal bulan ini. Dia dibebaskan dengan jaminan USD 250 juta atau setara Rp 3,7 triliun menjelang persidangannya, yang ditetapkan pada Oktober 2022.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Mantan Direktur Teknik FTX Diduga Negosiasi dengan Jaksa demi Bebas Hukuman

Pendiri Kripto FTX Sam Bankman-Fried Ditangkap Polisi di Bahama
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (kedua kiri) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Penangkapan ini terjadi setelah kantor kejaksaan menerima pemberitahuan resmi dari Amerika Serikat bahwa mereka telah mengajukan tuntutan pidana terhadap Sam Bankman-Fried dan kemungkinan akan meminta ekstradisinya. (Mario Duncanson/AFP)

Sebelumnya, beberapa hari lalu, sebuah laporan merinci, mantan direktur teknik di FTX, Nishad Singh berada di bawah radar pengawasan petugas penegak hukum AS dari Distrik Selatan New York (SDNY). 

Dilansir dari Bitcoin.com, Senin (16/1/2023), informasi tersebut diungkapkan oleh “orang-orang yang mengetahui masalah tersebut” dan aktivitas Singh akhir-akhir ini tidak diketahui.

Sejauh ini, hal yang diketahui tentang Nishad Singh adalah dia menyumbangkan USD 9,3 juta atau setara Rp 143,7 miliar (asumsi kurs Rp 15.457 per dolar AS) kepada kandidat politik Demokrat AS sejak 2020. 

Singh juga diduga menyumbangkan kode ke platform FTX dan detail dokumen kebangkrutan Singh meminjam USD 543 juta atau setara Rp 8,3 triliun dari Alameda Research sebelum bisnisnya runtuh.

Lakukan Penawaran dengan Penegak Hukum Setempat

Pada Selasa, 10 Januari 2023 laporan lain yang diterbitkan oleh Bloomberg merinci Singh telah terlihat di wilayah Distrik Selatan New York (SDNY) dan telah mengadakan sesi penawaran dengan penegak hukum setempat. 

Seringkali, sesi penawaran dimaksudkan untuk memungkinkan terdakwa atau tersangka mengurangi atau membebaskan paparan kriminal mereka.

 

 


Sesi Penawaran

Pendiri Kripto FTX Sam Bankman-Fried Ditangkap Polisi di Bahama
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (kedua kiri) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Bankman-Fried dijadwalkan akan bersaksi di hadapan Kongres di Komite Jasa Keuangan DPR AS, namun hal itu batal dilakukan karena eks CEO FTX itu telah ditahan berdasarkan dakwaan tertutup. (Mario Duncanson/AFP)

Namun, mereka tidak selalu berhasil untuk individu tersebut dan setelah sesi penawaran dikatakan dan dilakukan, seorang peserta masih dapat didakwa dengan tindak pidana yang sama. Dugaan pertemuan Singh juga didokumentasikan dan diungkapkan oleh "orang-orang yang mengetahui masalah tersebut".

Ava Benny-Morrison dari Bloomberg merinci jika Singh bekerja sama dengan cara yang sama seperti salah satu pendiri FTX Gary Wang dan mantan CEO Alameda Caroline Ellison. 

Selain dugaan sesi penawaran dengan jaksa Singh dan SDNY, Charles Gasparino dari Fox Business Network merinci minggu ini jaksa mengeluh sumber daya mungkin habis dalam penyelidikan penipuan yang melibatkan FTX dan SBF.

“Jaksa memberi tahu pengacara yang terkait dengan investigasi penipuan Sam Bankman-Fried kasus ini sangat luas sehingga dapat menghabiskan sumber daya Distrik Selatan karena mencakup potensi suap, pelanggaran kontribusi kampanye, manipulasi pasar selain pencurian dan penipuan,” tulis Gasparino pada Senin.

Akibat pernyataan itu, tidak sedikit orang yang bergurau tentang keadaan pemerintah dan beberapa orang juga mencemooh soal SBF yang menyebut menghabiskan sumber daya adalah keahlian SBF.

 


Pegawai FTX Sewa Firma Hukum saat Proses Kebangkrutan

Pendiri Kripto FTX Sam Bankman-Fried Ditangkap Polisi di Bahama
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (tengah) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Kantor Kejaksaan Agung Bahama mengumumkan bahwa Sam Bankman-Fried telah ditangkap dan kemungkinan akan diekstradisi dalam waktu singkat kembali ke Amerika Serikat untuk diadili. (Mario Duncanson/AFP)

Sebelumnya, beberapa karyawan FTX menyewa firma hukum Covington & Burling untuk membantu mereka menangani pertanyaan dari otoritas AS yang menyelidiki runtuhnya pertukaran kripto dan tindakan pendirinya Sam Bankman-Fried.

Dilansir dari Channel News Asia, Sabtu, 14 Januari 2023, informasi ini berasal dari tiga orang yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters. 

Arlo Devlin-Brown, mitra Covington yang berbasis di New York dan mantan jaksa federal Manhattan, bertindak sebagai penasihat gabungan yang mewakili karyawan FTX saat ini sebagai individu yang diminta untuk berbagi informasi dengan jaksa dan regulator.

Perusahaan yang menghadapi penyelidikan luas sering kali menyewa penasihat gabungan untuk karyawan. Penggunaan pengacara menunjukkan jaksa federal di Manhattan yang menyelidiki keruntuhan FTX mungkin tertarik untuk mempertanyakan daftar karyawan yang mendalam.

Bankman-Fried, ditangkap pada Desember atas tuduhan mencuri dana pelanggan untuk menutup kerugian di hedge fund-nya, Alameda Research, dan berbohong kepada investor dan pemberi pinjaman.

Mantan miliarder itu mengaku tidak bersalah. Di sisi lain, dua rekan dekat dan mantan pegawainya mengaku bersalah dan setuju untuk bekerja sama dengan jaksa. Damian Williams, jaksa federal teratas di Manhattan, telah mendesak orang lain yang mengetahui kesalahan untuk maju.

Penggunaan penasihat hukum memungkinkan satu tim hukum untuk mendapatkan keahlian dalam kasus ini, membuatnya lebih efisien daripada meminta setiap karyawan mempertahankan pengacara individu.

Pengaturan tersebut tidak berarti Covington mewakili FTX, yang telah beralih ke Sullivan & Cromwell, firma hukum lainnya. 

FTX menyatakan kebangkrutan pada 11 November setelah gelombang penarikan pelanggan yang dipicu oleh kekhawatiran bursa telah mencampurkan dana dengan Alameda.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya