Tokocrypto Bagikan Pentingnya Edukasi Kripto

Edukasi akan menambah pengetahuan seseorang, sehingga lebih banyak wawasan terkait kripto.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 26 Feb 2023, 16:54 WIB
Diterbitkan 26 Feb 2023, 16:54 WIB
Indonesia Punya Tingkat Stres Tinggi Terkait Kripto
Berdasarkan riset, Indonesia masuk dalam daftar tiga besar negara yang punya tingkat stres tinggi terkait kripto untuk kawasan Asia Tenggara. foto: istimewa

Liputan6.com, Jakarta - Pasar aset kripto  pada 2022 benar-benar bergetar ke segala arah. Bitcoin (BTC) turun 65 persen dari level tertinggi sepanjang masa. Hal ini tentu membuat banyak investor khawatir akan masa depan pasar kripto ke depan.

Situs web data kripto, CoinKickoff, melaporkan Indonesia masuk dalam daftar negara yang memiliki tingkat stres terkait investasi kripto yang tinggi di kawasan Asia Tenggara. 

Riset ini menganalisa 131 negara dan melakukan pengumpulan data berdasarkan analisis tweet yang diberi geotag untuk tagar dari 50 aset kripto paling populer berdasarkan kapitalisasi pasar.

Menurut riset bertajuk “Where Are People Most Stressed About the State of Crypto?” Indonesia masuk dalam daftar tiga besar negara yang punya tingkat stres tinggi terkait kripto untuk kawasan Asia Tenggara. 

Alasannya karena 19,29 persen tweet tentang kripto yang berasal dari Indonesia mengandung sentimen stres. Singapura dan Malaysia menduduki posisi pertama dan kedua dengan masing-masing persentase 24,18 persen dan 20,89 persen.

Pentingnya Edukasi Kripto

Berdasarkan riset tersebut, membuktikan volatilitas pasar kripto dan kurangnya edukasi investasi menjadikan instrumen ini penuh tekanan. Kurangnya edukasi kripto membuat investor melakukan keputusan yang kurang tepat, sehingga biasanya berakhir dengan kinerja yang agak lebih buruk daripada yang dipikirkan sebelumnya.

Public Relations Tokocrypto, Bianda Ludwianto mengatakan edukasi akan menambah pengetahuan seseorang, sehingga lebih banyak wawasan terkait kripto. Ini dapat memberikan perspektif pasar yang lebih luas, sehingga mengidentifikasi berbagai opsi strategi investasi.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Fokus Bangun Konten Edukasi

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Harapannya bisa meningkatkan kepercayaan, karena kerumitan memasuki dunia kripto mungkin cukup menakutkan bagi pemula. Namun, begitu seseorang mulai paham, dekat dan akrab dengan pasar kripto, pandangannya akan berubah dan proses investasi meningkat pesat.

Seiring berkembangnya industri, edukasi tentang kripto terus berkembang. Itu sebabnya Tokocrypto fokus pada pengembangan dan memperbarui konten edukasi dan menambahkan materi baru agar terus relevan,” ujar Bianda dalam keterangan tertulis, dikutip Minggu (26/2/2023).

Bianda menambahkan fokus membangun konten edukasi yang bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat. Edukasi kripto bukan hanya untuk generasi Z atau milenial, tetapi segala usia. 

“Kami berusaha untuk mencoba dan memberikan pemahaman tentang dunia keuangan baru ini dan membuka pikiran terhadap peluang investasi alternatif,” pungkas Bianda. 


Harga Kripto Minggu 26 Februari 2023

Crypto Bitcoin
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, mayoritas harga kripto jajaran teratas bergerak melemah pada perdagangan saham, Minggu (26/2/2023). Harga bitcoin juga bergerak di zona merah tetapi melemah tipis.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Minggu, 26 Februari 2023, harga kripto berkapitalisasi pasar terbesar bitcoin (BTC) turun tipis 0,13 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepakan terakhir, harga bitcoin terpangkas 6,37 persen. Saat ini, harga bitcoin bergerak di posisi USD 23.127 atau sekitar Rp 352,02 juta (asumsi kurs Rp 15.221 per dolar AS).

Harga ethereum juga ikut bergerak di zona merah. Harga ethereum melemah 0,79 persen dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan, harga ethereum (ETH) tergelincir 6,2 persen. Kini, harga ethereum berada di posisi USD 1.592,12 atau sekitar Rp 24,23 juta.

Harga binance coin (BNB) susut 0,24 persen selama 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga BNB merosot 5,03 persen. Saat ini, harga BNB berada di posisi USD 301,07.

Harga XRP juga tertekan. Harga XRP melemah 0,22 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga XRP susut 4,55 persen. Kini, harga XRP berada di posisi USD 0,3774.

Harga cardano anjlok 1,8 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga cardano jatuh 11,46 persen. Saat ini, harga cardano (ADA) berada di posisi USD 0,359.

 


Harga Dogecoin hingga Tether

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Harga polygon terperosok 2,17 persen dalam 24 jam terakhir.Dalam sepekan terakhir, harga polygon (MATIC) terbenam 16,99 persen. Kini, harga polygon berada di posisi USD 1,24.

Harga dogecoin (DOGE) terpangkas 0,89 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga dogecoin merosot 9,47 persen. Saat ini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,080.

Harga kripto hari ini seperti stablecoin tether (USDT) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Dalam sepekan terakhir, harga USDT melemah 0,01 persen. Harga tether berada di posisi USD 1,00.

Harga USD Coin (USDC) dalam 24 jam dan sepekan terakhir berada di zona merah. Kini, harga USDC berada di posisi USD 1,00.

Harga binance USD (BUSD) menguat dalam 24 jam terakhir. Harga BUSD naik 0,02 persen. Selama sepekan terakhir, harga BUSD bertambah 0,03 persen. Saat ini, harga BUSD berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global turun 0,69 persen dalam sehari ke posisi USD 1,06 triliun.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya