Langkah BlackRock Jajaki Bitcoin Hasilkan Arus Masuk Besar

Peneliti mengatakan masuknya perusahaan keuangan tradisional ke pasar sering mendorong arus masuk yang besar.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 01 Jul 2023, 16:53 WIB
Diterbitkan 01 Jul 2023, 16:53 WIB
Langkah BlackRock Jajaki Bitcoin Hasilkan Arus Masuk Besar
Berita tentang pengajuan lisensi perdagangan ETF Bitcoin BlackRock awal bulan ini menjadi sentimen positif untuk industri kripto. (Foto: Traxer/unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Berita tentang pengajuan lisensi perdagangan ETF Bitcoin BlackRock awal bulan ini menjadi sentimen positif untuk industri kripto setelah sebulan terakhir mendapat tekanan dari Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC).

Akibat berita tersebut harga Bitcoin mencapai tertinggi sejak Juni 2022. Pada saat yang sama, para pelaku pasar mengatakan langkah ini secara efektif dapat memberikan pengaruh yang sangat besar kepada perusahaan dan industri kripto secara keseluruhan.

Kepala penelitian di Coinshares, James Butterfill mengatakan masuknya perusahaan keuangan tradisional ke pasar sering mendorong arus masuk yang besar. 

Ketika ProShares, manajer beberapa ETF keuangan tradisional, meluncurkan salah satu ETF berjangka Bitcoin pertama, pada 2021, ada pemasukan USD 1 miliar atau setara Rp 14,9 triliun (asumsi kurs Rp 15.040 per dolar AS) ke dalam aset digital dalam kurun waktu sepekan.

Di belakang pengajuan perdagangan spot ETF Bitcoin oleh BlackRock, beberapa perusahaan manajemen aset lain seperti Invesco dan WisdomTree masing-masing juga mengajukan pendaftaran. 

“Ini segera diikuti dengan aliran masuk sebesar USD 199 juta atau setara Rp 2,9 triliun. Sekitar 94 persen di antaranya masuk ke Bitcoin,” kata Butterfill, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (1/7/2023).

Di sisi lain, menurut kepala Swan Bitcoin, sebuah perusahaan jasa keuangan, Steven Lubka ada risiko BlackRock dan rekan-rekannya dapat menggunakan pengaruh mereka untuk mendorong perubahan pada blockchain Bitcoin yang mendasarinya. 

Ini bisa seperti “garpu” yang akan menciptakan dua mata uang kripto yang terpisah. Bitcoin pernah bercabang satu kali sebelumnya, setelah pengguna dan pengembang tidak setuju dengan masa depannya, menghasilkan penciptaan koin baru, Bitcoin Cash.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


SEC Sebut Pendaftaran ETF Bitcoin BlackRock dan Fidelity Tak Jelas

Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat
Ilustrasi Bitcoin. Liputan6.com/Mochamad Wahyu Hidayat

Sebelumnya, Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC) memberikan pernyataan negatif terkait pengajuan lisensi ETF Bitcoin Spot oleh perusahaan raksasa manajer aset. SEC mengatakan aplikasi pendaftaran kurang jelas dan informasi lebih lanjut diperlukan sebelum mereka dipertimbangkan untuk disetujui.

Dilansir dari Yahoo Finance, Sabtu (1/7/2023), komisi tersebut mengatakan kepada bursa Nasdaq dan Cboe Global Markets, yang mengajukan aplikasi atas nama BlackRock dan Fidelity Investments, pengajuan mereka tidak mencukupi, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut. 

Seorang juru bicara Cboe mengonfirmasi itu akan diajukan ulang atas nama Fidelity. Nasdaq sedang bekerja untuk menjawab pertanyaan dan memberikan pembaruan untuk pengulangan pengajuan berikutnya.

Ada sekitar 30 percobaan untuk produk Bitcoin, menurut penghitungan dari Bloomberg Intelligence. Namun, aplikasi pendaftaran menghadapi tantangan dari regulator, yang di masa lalu mengutip kekhawatiran pasar dan kurangnya perlindungan investor.

Fidelity awalnya mengajukan Wise Origin Bitcoin Trust pada 2021, yang ditolak oleh SEC pada Januari 2022. SEC telah menyetujui ETF Bitcoin berjangka.

Penggemar aset digital sangat antusias dengan prospek kripto yang berpotensi menjadi lebih mudah diakses oleh investor sehari-hari, dan gelombang pengajuan telah mendorong kenaikan di pasar kripto. 

Bitcoin melonjak kembali di atas USD 30.000 atau setara Rp 451,2 juta (asumsi kurs Rp 15.040 per dolar AS) pada Juni dan diperdagangkan pada level tertinggi dalam waktu sekitar satu tahun setelah beredar informasi pengajuan lisensi ETF Bitcoin dari para raksasa manajemen aset.

Baik Nasdaq dan Cboe sedang berupaya memberikan informasi baru dengan harapan mereka memenuhi ambang persetujuan SEC, menurut orang yang meminta untuk tidak disebutkan namanya secara publik.

Mereka berencana untuk merevisi dan mengajukan ulang aplikasi berdasarkan umpan balik dan pembicaraan dengan regulator, kata orang-orang tersebut.

 


Kepemilikan Bitcoin di Dompet Kustodi Coinbase Melonjak Usai Pengajuan BlackRock ETF

Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin (iStockPhoto)

Sebelumnya, Bitcoin (BTC) yang disimpan dalam satu dompet Coinbase Custody melonjak 2.500 BTC, setelah BlackRock mengajukan spot bitcoin ETF minggu lalu.

Coinbase Custody adalah layanan yang ditawarkan oleh pertukaran crypto yang memungkinkan investor institusi untuk menyimpan token dalam jumlah besar, seperti bitcoin, dalam dompet yang aman.

Ini akan berfungsi sebagai penjaga bitcoin yang diadakan di BlackRock Bitcoin ETF, jika permintaan tersebut disetujui oleh regulator.

Dompet yang dilacak oleh CryptoQuant menunjukkan bitcoin yang dikirim ke dompet kustodian berasal dari Coinbase (COIN).

Dompet tersebut sebelumnya menyimpan lebih dari 5.000 bitcoin yang disimpan antara 19 Mei dan 20 Mei. Analis CryptoQuant Bradley Park mengatakan bahwa pengajuan ETF BlackRock mungkin telah memacu sentimen positif di antara pemegang bitcoin dan investor, yang dapat menjelaskan transaksi tersebut.

"Efek BlackRock secara positif mempengaruhi sentimen pasar dan bahkan pembelian bitcoin institusi," kata Park, dikutip dari CoinDesk, Kamis (22/6/2023).

Volume perdagangan di Coinbase naik hampir dua kali lipat dalam seminggu terakhir karena harga bitcoin naik 20 persen.

Data CoinGecko menunjukkan token senilai lebih dari USD 2 miliar telah diperdagangkan di bursa dalam 24 jam terakhir, dua kali lipat dari rata-rata harian USD 1 miliar sejak awal Juni.

Bitcoin (BCT) dan tether (USDT) menyumbang USD 900 juta dari volume tersebut. menunjukkan permintaan di antara para pedagang karena aset tersebut menembus angka USD 30.000 pada Kamis.

 


Raksasa Manajemen Aset, BlackRock Bakal Tawarkan Perdagangan Bitcoin

Bitcoin - Image by MichaelWuensch from Pixabay
Bitcoin - Image by MichaelWuensch from Pixabay

Sebelumnya, raksasa manajemen aset BlackRock meluncurkan dana yang diperdagangkan di bursa untuk Bitcoin. Dalam dokumen yang diajukan pada Kamis, (15/6/2023) perusahaan meminta izin untuk menjual mata uang melalui cara yang disebut iShares Bitcoin Trust.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (16/6/2023), langkah ini signifikan karena jangkauan BlackRock yang sangat besar, dan karena hal itu memungkinkan investor ritel untuk membeli Bitcoin sebagai saham ETF dari akun broker biasa. 

Demikian pula, akan memudahkan investor institusi, termasuk dana pensiun, untuk memegang aset tersebut. Dokumen ETF menyatakan Coinbase akan ditugaskan untuk memegang kepercayaan yang mendasari Bitcoin sebagai kustodian. 

Dokumen ini juga menyatakan Nasdaq akan mengawasi data penetapan harga yang menginformasikan harga pasar spot faktor yang berpotensi kritis karena Komisi Sekuritas dan Bursa sejauh ini menolak untuk mengizinkan ETF Bitcoin, dengan alasan kekhawatiran manipulasi pasar.

Harga Bitcoin, yang telah merosot karena tekanan peraturan dan kebijakan moneter hawkish dari Federal Reserve, sempat melonjak sekitar 3 persen di tengah berita pengajuan BlackRock.

Meskipun semakin mudah untuk membeli Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir dengan semua orang mulai dari Coinbase hingga PayPal hingga Robinhood menawarkan kripto, tetapi masih belum ada cara mudah untuk mendapatkannya dalam bentuk saham tradisional. 

Hal ini terbukti menjadi hambatan bagi institusi besar, yang tunduk pada peraturan yang membatasi jenis aset yang dapat mereka miliki atas nama pelanggan mereka.

Saat ini, opsi paling populer untuk memperoleh Bitcoin dalam bentuk saham adalah Grayscale Bitcoin Trust, yang tidak diperdagangkan di bursa saham utama. Grayscale Bitcoin Trust juga membebankan biaya manajemen sekitar 2 persen per tahun, yang dianggap terlalu tinggi oleh banyak investor.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya