Harga Bitcoin Bisa Tembus Rp 16 Miliar? Ini Prediksi Analis

ETF Bitcoin berada di ambang gelombang besar adopsi lebih lanjut oleh raksasa keuangan tradisional. Para analis berpendapat bahwa dukungan seperti itu akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

oleh Arthur Gideon diperbarui 21 Jun 2024, 10:48 WIB
Diterbitkan 21 Jun 2024, 10:45 WIB
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan investasi global Alliance Bernstein mengatakan bahwa mereka tetap yakin Bitcoin sedang menuju kenaikan harga yang besar dalam beberapa tahun mendatang. Bahkan perusahaan ini berani bertaruh bahwa harga Bitcoin yang merupakan mata uang kripto teratas dunia ini akan mencapai USD 1 juta per token dalam dekade berikutnya.

Artinya jika rupiahkan, harga Bitcoin bisa menyentuh Rp 16,44 miliar dengan estimasi kurs rupiah saat ini di angka 16.440 per dolar AS.

Dalam catatan penelitian yang diterbitkan minggu ini, analis Bernstein menggandakan keyakinan mereka bahwa Bitcoin ditakdirkan untuk mencapai USD 500.000 pada 2029, dan USD 1 juta pada akhir 2033. Mereka menegaskan bahwa BTC saat ini hanya berada pada tahap awal dari siklus bullish.

Apa penyebab kenaikan tersebut?

Bernstein memperkirakan bahwa ETF Bitcoin berada di ambang gelombang besar adopsi lebih lanjut oleh raksasa keuangan tradisional. Para analis berpendapat bahwa dukungan seperti itu akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan.

“Kami melihat ETF Bitcoin berada di titik puncak persetujuan di wirehouse besar dan platform bank swasta besar pada kuartal III atau kuartal IV,” tulis analis Bernstein, Gautam Chhugani dan Mahika Sapra, dikutip dari decrypt.co, Jumat (21/6/2024).

“Perdagangan berbasis institusional tampak seperti kuda trojan untuk diadopsi, dan para investor ini sedang dalam proses mengevaluasi posisi net long karena mereka merasa nyaman dengan peningkatan likuiditas ETF.” tambah mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Usai Halving Bitcoin

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis. Bitcoin naik 0,13 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 2,85 persen sepekan. Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 64.950 atau setara Rp 1,07 miliar (asumsi kurs Rp 16.489 per dolar AS). Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Lebih lanjut, para analis menentukan bahwa siklus harga Bitcoin di masa lalu menunjukkan bahwa token tersebut akan segera mengalami pertumbuhan harga yang besar—yang belum terwujud setelah peristiwa halving Bitcoin terbaru pada bulan April.

Para analis membandingkan posisi Bitcoin saat ini dengan ketika koin berada di bawah USD 10.000 pada musim panas 2020. Beberapa bulan kemudian, BTC melonjak melewati USD 60.000.

“Kami percaya bahwa siklus baru yang dimulai dengan halving bukanlah suatu kebetulan, namun didorong oleh dinamika permintaan dan pasokan yang unik, dan bahwa kita berada di ambang siklus baru,” tulis para analis.

Pekan lalu, Bernstein menerbitkan laporan serupa yang menguraikan potensi Bitcoin untuk melonjak ke level tertinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Pada hari-hari berikutnya, BTC telah mengalami volatilitas yang besar, berayun di bawah $65,000 dan kembali lagi dalam pergerakan berulang yang memicu likuidasi senilai ratusan juta dolar.


Harga Kripto Hari Ini 21 Juni 2024: Bitcoin Menguat Terbatas, Bagaimana Koin Lain?

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang beragam pada Jumat (21/6/2024). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau masih berada di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) menguat tipis. Bitcoin naik 0,13 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 2,85 persen sepekan.

Saat ini, harga Bitcoin berada di level USD 64.950 atau setara Rp 1,07 miliar (asumsi kurs Rp 16.489 per dolar AS).

Ethereum (ETH) masih melemah. ETH anjlok 1,23 persen sehari terakhir, tetapi masih menguat 1,01 persen sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level Rp 57,9 juta per koin.

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) masih terkoreksi. Dalam 24 jam terakhir BNB merosot 1,24 persen dan 1,67 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga Rp 9,74 juta per koin.

Kemudian Cardano (ADA) kembali berada di zona hijau. ADA naik tipis 0,10 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 8,87 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level Rp 6.346 per koin.

Adapun Solana (SOL) masih lesu. SOL merosot 0,83 persen dalam sehari dan 9,69 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level Rp 2,20 juta per koin.

 


Koin Lainnya

XRP terpantau kembali berada di zona merah. XRP merosot 0,95 persen dalam 24 jam, tetapi berhasil menguat 2,07 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga Rp 8.061 per koin.

Koin Meme Dogecoin (DOGE) kembali menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 1,78 persen, tetapi masih melemah 12,10 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level Rp 1.997 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 2,41 triliun atau setara Rp 39.740 triliun.

Lipsus Bitcoin
Infografis bitcoin (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya