Coinbase Luncurkan Layanan Transaksi Kripto Pakai AI

CEO Coinbase menggambarkan transaksi ini instan, global, dan gratis, yang memungkinkan AI untuk berinteraksi lebih efisien dengan manusia, pedagang, dan bahkan AI lainnya.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 02 Sep 2024, 18:00 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2024, 18:00 WIB
Coinbase Luncurkan Layanan Transaksi Kripto Pakai AI
CEO Coinbase Brian Armstrong mengumumkan platform tersebut telah melakukan transaksi mata uang kripto AI-ke-AI pertama. (Foto: Kanchanara/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - CEO Coinbase Brian Armstrong mengumumkan platform tersebut telah melakukan transaksi mata uang kripto AI-ke-AI pertama, yang menyoroti aplikasi baru aset digital oleh agen Kecerdasan Buatan (AI).

Melansir News.bitcoin.com, Senin (2/9/2024) Armstrong yakin layanan baru ini akan meningkatkan kapasitas AI untuk secara mandiri memperoleh sumber daya dan terlibat dengan manusia dan sistem AI lainnya.

Ia pun mendorong para pengembang untuk menambahkan dompet kripto guna mendukung pertumbuhan transaksi AI-ke-AI.

"Minggu ini di Coinbase Developer Platform, kami menyaksikan transaksi kripto AI ke AI pertama kami," ujar Armstrong.

"Apa yang dibeli satu AI dari yang lain? Token! Bukan token kripto, tetapi token AI (pada dasarnya kata-kata dari satu LLM ke yang lain). Mereka menggunakan token untuk membeli token," bebernya.

Tidak seperti manusia, Agen AI tidak dapat membuka rekening bank, tetapi mereka dapat menggunakan dompet kripto untuk melakukan transaksi dengan USDC di Base, sebuah platform blockchain, Armstrong menjelaskan.

CEO Coinbase itu menggambarkan transaksi ini instan, global, dan gratis, yang memungkinkan AI untuk berinteraksi lebih efisien dengan manusia, pedagang, dan bahkan AI lainnya.

Selain itu, Armstrong juga membahas implikasi yang lebih luas dari perkembangan ini untuk teknologi AI. Ia mengungkapkan, bahwa agen AI saat ini menghadapi keterbatasan dalam menyelesaikan tugas secara mandiri karena kurangnya akses mereka ke perangkat keuangan tradisional, seperti kartu kredit atau metode pembayaran untuk layanan seperti AWS, Github, atau Vercel.

Armstrong mendorong pengembang yang mengerjakan model AI untuk mengintegrasikan dompet kripto menggunakan Dompet MPC Coinbase. Ia juga menyarankan agar bisnis mempersiapkan pembayaran yang mendukung AI, karena integrasi layanan keuangan untuk AI dapat menguntungkan semua pihak yang terlibat. 

"Ternyata semua orang mendapat manfaat dari memiliki akses ke layanan keuangan yang baik, termasuk AI!," ujar dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Coinbase Raup Pendapatan Kuartal II 2024 USD 1,4 Miliar

Coinbase. AP/ Seth Wenig
Coinbase. AP/ Seth Wenig

Diwartakan sebelumnya, Coinbase melaporkan pendapatan pada kuartal II-2024 mencapai USD1,4 miliar di tengah kemajuan regulasi industri. Hasil kuartal II-2024 Coinbase menyoroti kinerja keuangan yang beragam.

Meskipun terjadi penurunan pendapatan transaksi sebesar 27% dari kuartal ke kuartal menjadi USD781 juta, perusahaan mengalami peningkatan signifikan dalam pendapatan langganan dan layanan, yang tumbuh sebesar 17% menjadi USD599 juta.

Dikutip dari laman Bitcoin.com, ditulis Sabtu (3/8/2024), perusahaan menyatakan diversifikasi aliran pendapatan berkontribusi pada laba bersih sebesar USD36 juta. Namun, kuartal tersebut juga dipengaruhi oleh kerugian aset kripto pra-pajak sebesar USD319 juta, terutama yang belum terealisasi, karena nilai aset kripto berfluktuasi.

Selain kinerja keuangan, Coinbase menjelaskan fokusnya pada inovasi produk, khususnya dalam meningkatkan utilitas dan aksesibilitas platformnya. Perusahaan melaporkan peningkatan transaksi sebesar 300% dari kuartal ke kuartal di Base, solusi lapisan dua (L2), dan memperluas penawarannya dengan memperkenalkan dompet pintar.

Perkembangan ini merupakan bagian dari strategi Coinbase yang lebih luas untuk mengurangi gesekan dalam transaksi onchain dan mendorong adopsi kripto yang lebih luas. Lebih jauh, perusahaan menyebutkan perluasan USDC, yang difasilitasi oleh kemitraan dengan Stripe.

Di sisi regulasi, Coinbase membuat kemajuan signifikan dalam mengadvokasi regulasi kripto yang lebih jelas di Amerika Serikat. Perusahaan mendukung inisiatif "Stand With Crypto", yang telah mengumpulkan lebih dari 1,3 juta pendukung.

Selain itu, perusahaan melihat persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa ethereum (ETF) di AS dan kepatuhan USDC terhadap kerangka kerja MiCA Uni Eropa sebagai tonggak penting dalam membangun lanskap regulasi yang lebih jelas untuk industri kripto. Coinbase juga mencatat bahwa mereka mencetak laporan pendapatan Q2 2024 secara onchain.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Coinbase Bagikan Tips Agar Investor Terhindar Penipuan Kripto

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Sebelumnya, pertukaran kripto Coinbase membagikan kiat dan tips agar investor terhindar dari kejahatan berupa penipuan kripto. Direktur pelaksana Coinbase APAC, John O'Loghlen mencatat meskipun aktivitas ilegal mewakili kurang dari 0,34% transaksi kripto secara global, para penipu semakin menargetkan kelompok tertentu.

John menyebut ada beberapa hal yang dapat dilakukan investor untuk melindungi diri mereka dari penipuan. Pertama adalah tidak terburu-buru, bersabar dan ekstra waspada saat memeriksa permintaan mendesak dari pengirim yang tidak dikenal atau tidak diminta.

“Periksa apakah Anda menggunakan URL situs web yang benar dan periksa kembali apakah situs web tersebut sah. Lihat URL dan pastikan tidak ada kesalahan ketik atau kesalahan ejaan di alamat web,” kata Direktur pelaksana Coinbase APAC, John O'Loghlen, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (30/9/2024).

John melanjutkan, Autentikasi dua faktor juga menambahkan lapisan keamanan ekstra, dengan kunci keamanan perangkat keras menjadi yang paling aman, diikuti oleh aplikasi autentikator.

“Jika Anda merasa akun Anda telah disusupi, Anda dapat menguncinya dan menghubungi tim dukungan untuk mendapatkan bantuan,” jelas John.

Meskipun persentase transaksi kripto ilegal rendah, O’Loghlen menekankan bahwa para penjahat menjadi lebih canggih dalam metode mereka. Direktur pelaksana Coinbase itu menggarisbawahi perlunya kolaborasi berkelanjutan antara pemerintah dan industri kripto untuk melindungi konsumen.

 

 


Bos Coinbase Pede AS Bakal Ramah ke Kripto Usai Pilpres 2024

Ilustrasi Kripto. (Foto By AI)
Ilustrasi Kripto. (Foto By AI)

Sebelumnya, CEO Coinbase, Brian Armstrong mengungkapkan industri kripto akan berjalan dengan baik setelah pergantian pemerintahan baru di Amerika Serikat (AS).

Armstrong menyebut, pemerintah AS yang baru diperkirakan akan bersikap konstruktif terhadap kripto terlepas dari partai mana yang menang Pilpres AS 2024.

"Pendukung (kripto) menyuarakan pendapat mereka sebagai blok pemilih yang penting. Politisi di kedua kubu telah memperhatikan, dan ada momentum yang semakin meningkat untuk meloloskan undang-undang kripto yang komprehensif," kata Armstrong kepada para analis, dikutip dari Channel News Asia, Senin (5/8/2024).

Sektor kripto yang sangat fluktuatif dipandang sebagai industri yang berisiko dan telah menarik perhatian dari Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS).

Namun, dukungan dari lembaga-lembaga Wall Street dan raksasa perusahaan seperti Elon Musk dan persetujuan dana kripto yang diperdagangkan di bursa AS telah meningkatkan daya tarik utamanya. Partai Republik dan Demokrat juga telah mengakui pengaruh industri kripto yang semakin meningkat dalam beberapa minggu terakhir.

Tiga komite aksi politik super pro-kripto, yakni Fairshake, Defend American Jobs, dan Protect Progress telah mengumpulkan lebih dari USD 230 juta untuk mendukung capres yang bersahabat.

Kampanye itu menggerakkan jarum untuk kedua belah pihak. Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump berjanji untuk membuat "stok" bitcoin minggu lalu.

Penasihat wakil presiden Demokrat Kamala Harris juga telah menghubungi perusahaan kripto terkemuka untuk "mengatur ulang" hubungan dengan industri, menurut laporan Financial Times.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya