Robert Kiyosaki Prediksi Harga Bitcoin Bisa Anjlok hingga Rp 78 Juta

Kiyosaki memprediksi harga Bitcoin mungkin jatuh ke USD 5.000 atau setara Rp 78 juta

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 14 Okt 2024, 14:00 WIB
Diterbitkan 14 Okt 2024, 14:00 WIB
Robert Kiyosaki Prediksi Harga Bitcoin Bisa Anjlok hingga Rp 78 Juta
Penulis buku Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki membagikan wawasannya tentang ekonomi AS, emas, bitcoin, dan tren pasar. (Foto: Jievani Weerasinghe/Unsplash)

Liputan6.com, Jakarta - Penulis buku Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki membagikan wawasannya tentang ekonomi AS, emas, bitcoin, dan tren pasar di platform media sosial X pada Sabtu, 12 Oktober 2024. 

Kiyosaki menunjuk pada harga emas yang tertinggi sepanjang masa tetapi memperingatkan harga emas yang lebih tinggi umumnya berarti investor menjadi pesimis. 

Banyak investor beralih dari saham dan mulai membeli aset defensif. Jadi harga emas yang lebih tinggi belum tentu merupakan pertanda baik. Kiyosaki memperkirakan akan terjadi kejatuhan pasar saham yang signifikan.

"Jika terjadi kejatuhan pasar saham yang besar yang saya harapkan karena pasar saham telah tinggi selama bertahun-tahun. Ini bukan berita baik bagi orang-orang yang tidak memiliki emas, perak, dan bitcoin, kata Kiyosaki, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (14/10/2024). 

Kiyosaki memprediksi harga Bitcoin mungkin jatuh ke USD 5.000 atau setara Rp 78 juta (asumsi kurs Rp 15.569 per dolar AS) per koin sebelum melonjak ke USD 100.000 hingga USD 250.000 dan lebih tinggi.

"Jelas, saya akan membeli semua bitcoin yang saya bisa, serta aset lainnya, dengan harga yang sangat murah, waktu terbaik untuk menjadi kaya akan datang lagi, ujar dia. 

Ia menyimpulkan dengan menasihati para investor untuk mengincar kekayaan, bukan menjadi korban tindakan Federal Reserve dan Treasury. 

Ia mendesak investor untuk bersabar, bergabung dengan klub investasi, menghadiri seminar, berjejaring dengan individu yang proaktif, menjauhkan diri dari pertemanan yang tidak membantu, belajar, berdiskusi, dan mempersiapkan diri untuk masa depan.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Penulis Ternama Robert Kiyosaki Masih Berminat Beli Bitcoin Meski Harga Anjlok

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Sebelumnya, penulis ternama Robert Kiyosaki membagikan tanggapannya terhadap penurunan harga Bitcoin (BTC) baru-baru ini.

Sebagai informasi, Rich Dad Poor Dad adalah buku tahun 1997 yang ditulis bersama oleh Robert Kiyosaki dan Sharon Lechter. Buku tersebut elah berada di Daftar Buku Terlaris New York Times selama lebih dari enam tahun, dengan lebih dari 32 juta eksemplar terjual dalam lebih dari 51 bahasa di lebih dari 109 negara.

"Bitcoin sedang jatuh. Kebanyakan orang harus menjual. Saya menunggu untuk membeli lebih banyak," tulis Kiyosaki di platform media sosial X, dikutip dari News.bitcoin.com, Selasa (25/6/2024).

"Semua pasar naik dan turun. Banyak orang menghasilkan banyak uang dengan berdagang’ di pasar," ujar penulis itu.

 Namun, ia menekankan bahwa "Masalah dalam 'memperdagangkan' aset apa pun adalah pajak, khususnya pajak keuntungan modal 'angka pendek,"

Pada Senin pagi (24/6), harga Bitcoin mengalami penurunan yang signifikan menyusul berita bahwa Mt. Gox akan mulai mendistribusikan USD 9 miliar dalam bentuk BTC kepada kreditor pada bulan Juli mendatang setelah penantian selama satu dekade.

Perkembangan ini juga mengikuti berita bahwa pemerintah Jerman telah memulai penjualan sejumlah besar Bitcoin yang disita.

 

Perkiraan Harga Bitcoin

Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)
Ilustrasi bitcoin (Foto: Vadim Artyukhin/Unsplash)

Seperti diketahui, Kiyosaki telah lama merekomendasikan Bitcoin selain emas dan perak. Dia baru-baru ini menyatakan bahwa mata uang kripto merupakan cara termudah untuk menjadi jutawan. 

Kiyosaki memperkirakan harga Bitcoin akan mencapai USD 350,000 pada Agustus mendatang. Dia juga berulang kali mendesak investor untuk beralih dari dolar AS ke Bitcoin.

"Strategi saya mirip dengan strategi 'beli dan tahan selamanya' Warren Buffett," ungkapnya.

"Apa yang saya lakukan jika tidak memperdagangkan aset? Saya menghabiskan waktu saya untuk membangun aset baru, itulah sebabnya saya menjadi 'pengusaha serial'. Saat ini, saya sedang mengerjakan dua 'start-up' baru," beber Kiyosaki. 

"Jika Anda takut akan kecelakaan, jual lah dan pertahankan pekerjaan Anda, hal ini adalah hal yang seharusnya dilakukan oleh sebagian besar ’karyawan’. Sederhananya, pengusaha dan karyawan adalah dua sisi yang berlawanan dari satu mata uang yang sama. Hati-hati di jalan. Masa-masa sulit di depan. Lakukan yang terbaik untukmu," imbuhnya.

Bank Sentral Singapura Sebut Kripto Swasta Akan Memudar

Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. (Foto By AI)

Sebelumnya, Direktur Pelaksana Bank Sentral Singapura, Ravi Menon menyebut mata uang kripto swasta yang tidak memiliki nilai inheren kemungkinan akan memudar dalam jangka panjang.

Menon melihat sistem moneter masa depan melibatkan tiga komponen utama yaitu mata uang digital bank sentral (CBDC), kewajiban bank komersial yang diberi token, dan stablecoin yang dikontrol secara ketat.

"Koin digital swasta telah gagal dalam ujian uang karena tidak dapat mempertahankan nilainya. Tidak ada seorang pun yang menyimpan tabungan hidupnya untuk barang-barang ini. Orang-orang membeli dan menjual barang-barang ini untuk mendapatkan uang dengan cepat,” kata Menon, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (14/10/2024). 

Dalam visi Menon, stablecoin masa depan yang sepenuhnya didukung oleh obligasi atau uang tunai pemerintah berkualitas tinggi dapat memungkinkan penerapan inovatif sambil menjaga stabilitas, tidak seperti mata uang kripto swasta yang mudah berubah.

Sementara itu, Deputi Gubernur Reserve Bank of India M. Rajeshwar Rao berbagi pandangan positif mengenai CBDC yang memenuhi kebutuhan pengguna yang tidak terpenuhi dengan menggunakan infrastruktur teknologi yang ada, sekaligus memastikan privasi dan keamanan.

RBI berupaya memperluas fungsionalitas percontohan CBDC untuk pembayaran offline. Dalam jangka panjang, Rao menyarankan pertimbangan seputar transisi dari mekanisme CBDC bilateral ke multilateral antar bank sentral.

Diskusi tersebut menyoroti preferensi para bankir sentral terhadap mata uang digital yang diatur dibandingkan mata uang kripto yang diterbitkan secara pribadi dalam sistem moneter masa depan.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya