Deklarasi Capres-Cawapres Jokowi-JK Disorot Dunia

Pendeklarasian yang digelar di Gedung Joang 45, Jakarta itu pun dimuat beberapa media dunia seperti ABC Online, New Straits Times, Reuters.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 19 Mei 2014, 12:45 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2014, 12:45 WIB
Jokowo - JK
Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Deklarasi Jokowi Widodo dan Jusuf Kalla sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pemilu Presiden 2014, mendapat perhatian dunia. Pendeklarasian yang digelar di Gedung Joang 45, Jakarta itu pun dimuat beberapa media dunia seperti ABC Online, New Straits Times, Reuters dan Washington Post.

Seperti dikutip Liputan6.com Reuters, Senin (19/5/2014), diberitakan bahwa Jusuf Kalla dinilai tepat mendampingi sosok Jokowi karena dipandang membawa kepercayaan dunia bisnis yang kuat. Karena Jokowi dianggap kurang berpengalaman di bidang itu, meski telah terjun di kancah politik menjadi Gubernur DKI Jakarta pada akhir 2012.

Reuters juga menyebutkan histori menonjol pria yang akrab disapa JK di dunia politik. Seperti saat menjabat sebagai wakil presiden pada masa jabatan pertama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2009. Di mana ketika itu ia mendapatkan sebutan sebagai politikus yang cerdik.

Setelah tak menjabat, ia tetap menonjol di mata publik sebagai Ketua Palang Merah Indonesia, sebuah organisasi kemanusiaan dengan jangkauan luas.

Sosok pria berusia 72 tahun kelahiran Sulawesi itu, dianggap menarik bagi pemilih dari dalam dan luar Pulau Jawa.

Sementara itu, Reuters memberitakan sosok Jokowi unggul karena ciri khas kepemimpinannya yang tegas dan merakyat. Yang membuat dia berbeda dengan lainnya.

JK juga diakui sebagai sosok populer dalam partai Golkar, yang kemungkinan akan meraup  dukungan besar dari pemilih partai beringin.

Setelah resmi mendeklarasikan, pasangan capres dan cawapres Jokowi-JK akan mendaftarkan diri ke KPU untuk berlaga dalam Pilpres 2014, Senin siang ini. (Ein)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya