Demi Jalankan Revolusi Seni Kuliner, Pria Ini Ciptakan Robot Pembuat Burger

Dua pria di San Francisco, Amerika Serikat membuat robot pembuat burger untuk restoran yang akan dibuka pada September mendatang.

oleh Afra Augesti diperbarui 01 Sep 2018, 10:01 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2018, 10:01 WIB
Ilustrasi Robot Pembuat Burger
Ilustrasi robot pembuat burger, Creator. (WANG ZHAO/AFP)

Liputan6.com, San Francisco - Sebuah restoran di San Francisco, Amerika Serikat berniat ingin melakukan revolusi seni kuliner. Caranya yakni dengan memanfaatkan tenaga robot untuk membuat dan menyajikan makanan.

Sebuah robot pelayan bernama Creator, siap membantu para pengunjung di kota itu untuk membuat burger. Creator akan mulai bekerja per bulan September 2018.

Meski diolah oleh tangan robot, namun sang pemilik restoran berani menjamin kesehatan dan cita rasa burger yang disajikan Creator.

Alex Vardakostas tercetus untuk mendirikan perusahaan robotika kuliner demi membantu mereka yang tak ingin menghirup asap dapur ketika proses memasak dilakukan.

"Banyak orang tidak membicarakan hal ini atau menyadarinya, tetapi itu sangat tidak sehat --menghirup uap dan jelaga yang dipenuhi minyak sepanjang hari," kata pria berusia 33 tahun itu, seperti dikutip dari News Max, Sabtu (1/9/2018).

"Jadi, ini adalah ide yang sangat menarik bagi saya, di mana saya bisa memiliki instrumen yang indah dan saya bisa mengendalikannya."

Robot burger Creator ciptaan Vardakostas adalah hasil kolaborasi dengan Steve Frehn (32), penemu dan COO Creator.

"Menggunakan mesin untuk memasak adalah tindakan yang sangat tepat. Jadi jika seseorang memiliki batas terntentu untuk tidak menghirup asap, atau natrium, maka kita bisa melacaknya dan memberikan sedikit penyesuaian," ucap Frehn.

Meskipun penelitian, pengembangan dan biaya pasar yang digelontorkan untuk menciptakan Creator sangat mahal, namun burger buatannya akan dihargai US$6 atau Rp 89 ribu.

"Kami ingin semua orang turut andil," kata Vardakostas.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Saksikan video pilihan berikut ini:


Robot Pembuat Sarapan dari Lego

Dalam sebuah unggahan di situs pemutar video, akun The Brick Wall menunjukkan sebuah robot pembuat sarapan yang dibuat dari batangan Lego (Capture/The Brick Wall)
Dalam sebuah unggahan di situs pemutar video, akun The Brick Wall menunjukkan sebuah robot pembuat sarapan yang dibuat dari batangan Lego (Capture/The Brick Wall)

Salah satu problem sebagian orang ketika pagi hari adalah ingin sarapan tetapi malas menyiapkannya. Jangankan memasak makanan yang sulit, mengambil sehelai roti dan selai saja dirasa berat.

Namun, dengan berkembangnya teknologi, aktivitas manusia kian dipermudah. Salah satu contoh perkembangan teknologi terkini adalah robot pembuat menu sarapan.

Dikutip dari laman UPI.com, Jumat 11 Mei 2018, dalam sebuah unggahan di situs pemutar video, akun The Brick Wall menunjukkan sebuah robot pembuat sarapan yang dibuat dari batangan Lego.

Dalam video tersebut terlihat sebuah robot bernama Breakfast Machine yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa memasak.

Robot ini bisa memasukkan potongan daging ke atas wajan panas. Setelah digoreng, mesin ini punya alat kusus untuk membalik atau menggeser potongan daging tersebut sehingga bisa masak dengan sempurna.

Canggihnya lagi, robot ini bisa memecah telur tepat di atas wajan yang panas. Jika telur sudah hampir matang mesin ini juga bisa menuangkan sedikit garam dan merica di atas telur dan daging.

Setelah dirasa cukup, spatula pada mesin akan mengangkat telur goreng dan daging ke piring makan Anda.

Iouri Petoukhov, sang pembuat robot Breakfast Machine sengaja menciptakan alat berbahan Lego ini untuk ayahnya.

"Ayah saya selalu ingin memasak sarapan namun sulit untuk melakukannya," ujar Iouri Petoukhov.

"Saya rasa ayah pantas untuk menerima hadiah ini," tambah Iouri Petoukhov.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya