PM Prancis Jean Castex Ingin Tingkatkan Kepercayaan Publik pada Vaksin AstraZeneca

Pemerintah Prancis memprioritaskan vaksinasi bagi mereka yang paling rentan.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Mar 2021, 14:58 WIB
Diterbitkan 17 Mar 2021, 14:58 WIB
Melihat Petugas Medis di Korea Selatan Latihan Suntik Vaksin COVID-19
Botol kosong vaksin COVID-19 AstraZeneca terlihat selama sesi pelatihan cara memberikan suntikan vaksin COVID-19 di Asosiasi Perawat Korea di Seoul, Korea Selatan (17/2/2021). Korsel berencana memulai inokulasi virus COVID-19 dengan vaksin AstraZeneca pada 26 Februari. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Liputan6.com, Paris - Perdana Menteri Prancis Jean Castex, Selasa (16/3), mengemukakan keinginan untuk meningkatkan kepercayaan pada vaksin AstraZeneca dengan mendapatkan suntikan vaksin itu segera setelah pemerintahnya mengizinkan penggunaan vaksin itu lagi.

Negara Eropa itu menangguhkan vaksinasi AstraZeneca pada Senin (15/3) lalu sementara menunggu regulator Eropa untuk menghapus keraguan atas kemungkinan terjadinya beberapa efek sampingan, demikian dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (17/3/2021).

Pada usia 55 tahun tanpa punya masalah kesehatan, Perdana Menteri Jean Castex tidak masuk ke dalam kelompok yang memenuhi syarat untuk divaksinasi di Prancis. Pemerintah Prancis memprioritaskan vaksinasi bagi mereka yang paling rentan.

Namun, berbicara dengan penyiar BFMTV, Castex mengemukakan keinginannya mendapatkan suntikan AstraZeneca untuk memberi contoh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Berikut Ini:


Persiapan Lockdown Kembali?

FOTO: Prancis Perintahkan Warga Pakai Masker di Tempat Umum
Perdana Menteri Prancis Jean Castex (tengah) mengunjungi Kota Lille di Prancis, Senin (3/8/2020). Otoritas Prancis memerintahkan warga untuk mengenakan masker di tempat umum outdoor saat penyebaran COVID-19 semakin cepat dan jumlah pasien kembali melonjak. (Xinhua/Sebastien Courdji)

Castex menambahkan bahwa ia ingin menunjukkan kepada sesama warganya "bahwa vaksinasi adalah pintu keluar dari krisis ini."

Perdana menteri dari negara pusat mode itu juga dengan jelas mempersiapkan wilayah Paris untuk kemungkinan lockdown atau karantina wilayah, tampaknya diberlakukan di Pas de Calais dan Alpes Maritime, meskipun ia tidak memberikan rinciannya.

Castex menyatakan pemberlakuan lockdown kembali sudah disiapkannya dan langkah yang diusulkannya itu akan dibahas dalam pertemuan pemerintah pada Rabu (17/3).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya