Studi: Meski Cuma Sedikit, Minum Alkohol Bisa Sebabkan Kerusakan Otak

Mengonsumsi alkohol akan menyebabkan pengaruh pada kesehatan otak menjadi lebih buruk.

oleh Liputan6.com diperbarui 20 Mei 2021, 21:00 WIB
Diterbitkan 20 Mei 2021, 21:00 WIB
Ilustrasi alkohol
Ilustrasi alkohol. Sumber foto: unsplash.com/Giovanna Gomes.

Liputan6.com, Jakarta - Studi menjelaskan, bahwa tidak ada yang namanya tingkat minum yang "aman" saat mengonsumsi alkohol.

Dengan meningkatnya konsumsi alkohol, kesehatan otak juga akan menjadi lebih buruk.

Dalam sebuah studi observasional, para peneliti dari Universitas Oxford mempelajari hubungan antara asupan alkohol yang dilaporkan sendiri dari sekitar 25.000 orang di Inggris, dan pemindaian otak mereka.

Melansir CNN, para peneliti mencatat bahwa minum memiliki efek pada materi abu-abu otak - wilayah di otak yang membentuk bagian penting tempat informasi," menurut penulis utama Anya Topiwala, peneliti klinis senior di Oxford.  

"Semakin banyak orang minum, semakin sedikit volume materi abu-abu mereka," kata Topiwala melalui email.

"Volume otak berkurang seiring bertambahnya usia dan lebih parah dengan demensia. Volume otak yang lebih kecil juga memprediksi kinerja yang lebih buruk pada pengujian memori," jelasnya.

 


Jenis Alkohol Tidak Menjadi Masalah

Afrika Selatan Kembali Izinkan Penjualan Alkohol dan Rokok
Seorang pria mengisi rak dengan botol anggur di toko minuman keras ketika Afrika Selatan mencabut larangan penjualan alkohol dan rokok di Johannesburg, Selasa (18/8/2020). Pembelian alkohol dan rokok dilarang ketika Afsel memberlakukan lockdown ketat pada 27 Maret 2020. (AP Photo/Denis Farrell)

Para peneliti juga menyelidiki apakah pola minum tertentu, jenis minuman, dan kondisi kesehatan lainnya membuat perbedaan pada dampak alkohol pada kesehatan otak.

Namun, mereka menemukan bahwa tidak ada tingkat minum yang "aman".

Artinya mengkonsumsi alkohol dalam jumlah berapa pun lebih buruk daripada tidak meminumnya. Mereka juga tidak menemukan bukti bahwa jenis minuman - seperti anggur, minuman beralkohol atau bir - memengaruhi kerusakan otak.

Namun, pada karakteristik tertentu, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, atau pesta minuman keras, dapat membuat orang berisiko lebih tinggi, tambah peneliti.

"Begitu banyak orang minum 'secukupnya', dan berpikir ini tidak berbahaya atau bahkan melindungi," kata Topiwala kepada CNN.

"Karena kami belum menemukan 'obat' untuk penyakit neurodegeneratif seperti demensia, mengetahui tentang faktor-faktor yang dapat mencegah kerusakan otak penting untuk kesehatan masyarakat," tambahnya.


Tidak ada Batasan Aman

Ilustrasi Alkohol
Ilustrasi alkohol Foto oleh Anete Lusina dari Pexels

Alkohol adalah faktor risiko utama penyakit dan kematian dini pada pria dan wanita antara usia 15 dan 49 di seluruh dunia pada tahun 2016, terhitung hampir satu dari 10 kematian, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di The Lancet pada tahun 2018.

"Meskipun kami belum dapat mengatakan dengan pasti apakah 'tidak ada' tingkat aman 'alkohol terkait kesehatan otak saat ini, telah diketahui selama beberapa dekade bahwa minum alkohol buruk untuk kesehatan otak," kata Sadie Boniface, kepala penelitian di Institut Studi Alkohol Inggris.

"Kita juga tidak boleh lupa alkohol memengaruhi semua bagian tubuh dan ada banyak risiko kesehatan," kata Boniface, yang tidak terkait dengan studi Universitas Oxford.

Tony Rao, seorang peneliti klinis di Old Age Psychiatry di King's College London, mengatakan kepada CNN bahwa mengingat ukuran sampel yang besar, kecil kemungkinan temuan penelitian tersebut muncul secara kebetulan karena perannya merusak struktur dan fungsi otak manusia.

"Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa perubahan halus yang menunjukkan kerusakan pada otak dapat muncul dengan cara yang tidak dapat segera terdeteksi pada pengujian rutin fungsi intelektual dan dapat berkembang tanpa terkendali sampai perubahan tersebut muncul dengan perubahan memori yang lebih nyata," katanya.

"Bahkan pada tingkat minum berisiko rendah," katanya, "ada bukti bahwa konsumsi alkohol memainkan peran yang lebih besar dalam kerusakan otak daripada yang diperkirakan sebelumnya. Studi (Oxford) menemukan bahwa peran ini lebih besar daripada banyak risiko lain yang dapat dimodifikasi. faktor, seperti merokok."

Interaksi dengan tekanan darah tinggi dan obesitas pada peningkatan kerusakan yang dilakukan oleh alkohol pada otak menekankan pada peran yang lebih luas dari pola makan dan gaya hidup dalam menjaga kesehatan otak, tambahnya.

 

Reporter: Lianna Leticia

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya