Cara Melihat Hujan Meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids yang Terjadi Mulai 29 Juli 2022

Hujan meteor Delta-Aquariids dapat diamati pada 29-30 Juli 2022 mulai pukul 23.00 WIB di ufuk timur. Puncaknya sekitar pukul 02.00 WIB di langit selatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Jul 2022, 18:05 WIB
Diterbitkan 28 Jul 2022, 18:05 WIB
Hujan meteor bakal terjadi pada akhir Juli 2022 dan bisa diamati dari Indonesia.
Hujan meteor bakal terjadi pada akhir Juli 2022 dan bisa diamati dari Indonesia. (Foto: BRIN)

Liputan6.com, Jakarta - Meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids akan menghujani langit pada akhir Juli 2022. Fenomena hujan meteor ini dapat terlihat dari wilayah Indonesia.

Hujan meteor Delta-Aquariids dapat diamati pada 29-30 Juli 2022 mulai pukul 23.00 WIB di ufuk timur. Puncaknya sekitar pukul 02.00 WIB di langit selatan.

Untuk menyaksikan hujan meteor dengan lebih baik, perlu memilih lokasi pengamatan yang minim gangguan cahaya lampu dan medan pandang ke langit selatan tidak terganggu pohon atau bangunan.

"Pengamatan meteor lebih baik tanpa alat, karena mata mempunyai medan pandang yang lebih luas," ujar Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin dalam keterangannya di Jakarta, ditulis Kamis (28/7/2022)..

Meteor adalah batuan atau debu antar-planet yang memasuki atmosfer lalu terbakar karena gesekan atmosfer. Sedangkan hujan meteor, merupakan fenomena astronomi tahunan yang terjadi ketika sejumlah meteor tampak meluncur silih berganti dari titik tertentu di langit.

Saat fenomena ini terjadi, hujan meteor Delta-Aquariids akan tampak seperti bintang jatuh atau bintang berpindah. "Hujan meteor ini menampilkan belasan meteor per jam. Debu-debu komet 96P/Machholz diduga menjadi sumber hujan meteor ini," kata Thomas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hujan Meteor Alpha-Capricornids

2 Hujan Meteor Bakal Serbu Langit Indonesia Akhir Juli 2022, Catat Waktunya!
Bakal ada 2 hujan meteor pada akhir Juli 2022 yang bisa dilihat dari Indonesia. Kapan waktu menyaksikannya? Yuk simak penjelasan BRIN berikut ini! (pexels/arman alcordo jr).

Sementara, hujan meteor Alpha-Capricornids bisa diamati pada 30 – 31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur. "Namun waktu terbaik adalah setelah lewat tengah malam di arah langit selatan."

Sekitar lima meteor per jam, ungkapnya, diperkirakan akan tampak melintas di langit. Hujan meteor Alpha-Capricornids ini berasal dari gugusan debu komet 169P/NEAT yang berpapasan dengan bumi.

"Debu-debu komet yang berukuran kecil memasuki atmosfer Bumi lalu terbakar menampakkan seperti bintang jatuh. Walau jumlah meteornya sedikit, kadang-kadang hujan meteor ini menampakkan meteor terang dari sisa-sisa komet yang berukuran lebih besar," jelas Thomas.

Thomas menjelaskan, gabungan dua hujan meteor di langit selatan ini menjadi daya tarik bagi pengamat langit di Indonesia. Diharapkan, kondisi kemarau dan tanpa gangguan cahaya pada Juli membuat pengamatan hujan meteor lebih menarik.

Menurut dia hujan meteor tersebut tidak berbahaya. Debu-debu sisa komet habis terbakar pada ketinggian di atas 80 km.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Infografis Jurus NASA Cegat Asteroid Berpotensi Tabrak Bumi

Infografis Jurus NASA Cegat Asteroid Berpotensi Tabrak Bumi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jurus NASA Cegat Asteroid Berpotensi Tabrak Bumi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya