Usai Rusia Hengkang, 440 Kuburan Massal Ditemukan di Ukraina

Kuburan masal dari 440 jasad telah ditemukan di Ukraina.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 16 Sep 2022, 15:00 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2022, 15:00 WIB
Pasukan Ukraina Pukul Mundur Tentara Rusia dari Wilayah Kharkiv
Pemandangan lapangan yang penuh dengan kawah akibat pengebomam dekat Izium, wilayah Kharkiv, Ukraina, 13 September 2022. Amerika Serikat mengonfirmasi pasukan Ukraina membuat kemajuan besar-besaran dalam serangan baliknya terhadap tentara Rusia di Kharkiv dalam beberapa waktu terakhir. (AP Photo/Kostiantyn Liberov)

Liputan6.com, Kyiv - Pihak berwenang Ukraina menemukan kuburan massal lebih dari 440 mayat di kota timur laut Izium yang direbut kembali dari pasukan Rusia beberapa hari lalu, kata seorang pejabat polisi regional, menambahkan beberapa orang telah tewas akibat penembakan dan serangan udara.

Dikutip dari Channel News Asia, Jumat (16/9/2022), ribuan tentara Rusia meninggalkan Izium akhir pekan lalu setelah menduduki kota itu dan menggunakannya sebagai pusat logistik di wilayah Kharkiv. Mereka meninggalkan sejumlah besar amunisi dan peralatan.

"Saya dapat mengatakan itu adalah salah satu situs pemakaman terbesar di kota besar di (daerah) yang dibebaskan ... 440 mayat dimakamkan di satu tempat," Serhiy Bolvinov, kepala penyelidik polisi untuk wilayah Kharkiv, mengatakan kepada Sky News. "Beberapa meninggal karena tembakan artileri ... beberapa meninggal karena serangan udara."

Reuters tidak dapat segera memverifikasi klaim Ukraina dan tidak ada komentar publik langsung dari Rusia atas tuduhan tersebut.

Presiden Volodymyr Zelenskyy, yang melakukan kunjungan mendadak ke Izium pada hari Rabu untuk menyambut pasukan Ukraina, menyalahkan Rusia dan menyamakan penemuan itu dengan apa yang terjadi di Bucha, di pinggiran ibukota Kyiv pada tahap awal invasi akhir Februari. oleh pasukan Rusia.

Ukraina dan sekutu Baratnya menuduh pasukan Rusia melakukan kejahatan perang di sana. Puluhan ribu warga sipil kemungkinan tewas dalam serangan terpisah Rusia di pelabuhan selatan Mariupol, kata pejabat Ukraina pada April.

"Rusia meninggalkan kematian di mana-mana dan harus bertanggung jawab," kata Zelenskyy dalam pidato video Kamis malam.


Pasukan Rusia

Pasukan Ukraina Pukul Mundur Tentara Rusia dari Wilayah Kharkiv
Seorang tentara Ukraina berdiri di atas bendera Rusia di Izium, wilayah Kharkiv, Ukraina, 13 September 2022. Pasukan Rusia tampak meninggalkan Kota Izium dan Svatove di Luhansk usai pasukan Ukraina memulai serangan baru ke arah timur melalui Kharkiv. (AP Photo/Kostiantyn Liberov)

Setelah seminggu memperoleh keuntungan cepat Ukraina di timur laut, para pejabat Ukraina mengatakan pasukan Rusia memperkuat pertahanan dan akan sulit untuk mempertahankan laju kemajuan.

Presiden Rusia Vladimir Putin belum berkomentar secara terbuka tentang kemunduran yang diderita pasukannya bulan ini. Pejabat Ukraina mengatakan 9.000 km persegi telah direbut kembali, wilayah seukuran pulau Siprus.

Rekaman yang diambil oleh Reuters pada hari Kamis di kota timur Kupiansk, yang direbut kembali oleh pasukan Ukraina minggu lalu, menunjukkan banyak bangunan telah rusak atau terbakar.

"Tidak ada listrik, tidak ada komunikasi ... jika ada komunikasi, kami paling tidak bisa berbicara dengan keluarga. Kalau saja tidak ada pemboman ini dengan semua orang di ruang bawah tanah mereka," kata seorang pria.


Kemajuan bagi Ukraina

Pasukan Ukraina Pukul Mundur Tentara Rusia dari Wilayah Kharkiv
Sebuah jembatan yang hancur di Izium, wilayah Kharkiv, Ukraina, 13 September 2022. Pasukan Presiden Volodymyr Zelensky juga mengklaim berhasil memukul mundur militer Rusia dari lokasi-lokasi strategis terutama di Kharkiv dan Luhansk. (AP Photo/Kostiantyn Liberov)

Kecepatan kemajuan telah mengangkat harapan keuntungan lebih lanjut sebelum musim dingin tiba.

Tapi Serhiy Gaidai, gubernur wilayah Luhansk timur Ukraina, mengatakan masih akan menjadi perjuangan yang sulit untuk merebut kembali kendali wilayahnya dari Rusia, yang mengakuinya sebagai negara merdeka yang dikendalikan oleh separatis.


Rusia Masih Menyerang

Pasukan Ukraina Pukul Mundur Tentara Rusia dari Wilayah Kharkiv
Kendaraan militer yang hancur terlihat di jalan dekat Izium, wilayah Kharkiv, Ukraina, 13 September 2022. Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken mewanti-wanti Ukraina tetap waspada sebab pasukan Rusia ngotot enggan mundur sepenuhnya. (Ukrainian Military Unit Kholodnyi Yar, Iryna Rybakova via AP)

Tidak ada penghentian baik dalam serangan rudal harian Rusia pada hari Kamis, sehari setelah menembakkan rudal jelajah di bendungan reservoir dekat Kryvyi Rih, kampung halaman Zelenskyy di Ukraina tengah.

Pihak berwenang di Kryvyi Rih sedang bekerja untuk memperbaiki kerusakan dan akibatnya permukaan air surut, kata Kyrylo Tymoshenko, wakil kepala administrasi kepresidenan.

Pasukan Ukraina menangkis tiga serangan Rusia di utara kota Donetsk, kata staf umum angkatan bersenjata dalam sebuah posting Facebook.

Pasukan Rusia telah melancarkan serangan ke beberapa permukiman di garis depan Kharkiv dalam 24 jam terakhir, kata Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina.

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya