Jelang Tahun Baru 2023, Tsunami COVID-19 Mengancam China?

Kasus COVID-19 di China sedang melonjak. Dalam sehari bisa tembus 1 juta infeksi.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 27 Des 2022, 12:34 WIB
Diterbitkan 27 Des 2022, 12:34 WIB
Presiden China Xi Jinping Buka Kongres Ke-20 Partai Komunis China
Presiden China Xi Jinping menyampaikan pidato pada upacara pembukaan Kongres Nasional ke-20 Partai Komunis China yang berkuasa di Beijing, China, Minggu (16/10/2022). China pada hari Minggu membuka dua kali- konferensi partai dalam satu dekade di mana pemimpin Xi Jinping diperkirakan akan menerima masa jabatan lima tahun ketiga yang melanggar presiden baru-baru ini dan menetapkan dirinya sebagai politisi China paling kuat sejak Mao Zedong. (Ju Peng/Xinhua via AP)

Liputan6.com, Hangzhou - Kasus COVID-19 sedang melonjak tinggi di China pada penghujung 2022. Dalam sehari bisa tembus 1 juta kasus COVID-19. 

Media pemerintah China bahkan melaporkan ancaman 2 juta kasus sehari pada sekitar tahun baru 2023. Angka itu pun baru menghitung level provinsi saja. 

Dilaporkan Global Times, Selasa (27/12/2022), Provinsi Zhejiang diprediksi mencatat hingga 2 juta kasus COVID-19 pada sekitar tahun baru. Otoritas kesehatan provinsi menyebut bahwa kunjungan ke klinik sudah meningkat 14 kali lipat hingga 408 ribu kunjungan. 

Provinsi Zhejiang berada di timur China dan memiliki 57,37 juta penduduk. Hingga kini, ada 13 ribu orang yang dirawat di rumah sakit. 

Pemerintah juga membuka klinik-klinik untuk menangani demam di Zhejiang. Sudah ada 6.595 klinik demam yang didirikan. Turut disiapkan juga 101 ribu kasus untuk pasien dan 1.600 kasur ICU untuk pasien.

Provinsi Zhejiang juga meningkatkan fasilitas ambulans agar pasien-pasien kritis bisa dijemput. Pasokan obat-obatan pereda demam disebut telah ditambah, dan pemerintah mengutamakan fasilitas kesehatan di akar rumput untuk mendistribusikan obat.

Salah satu obat yang diandalkan China adalah Paxlovid. Faskes diminta agar memantau distribusi obat Paxlovid supaya mencegah penggunaan ilegal. Obat tersebut dibuat oleh Pfizer.

Pemerintah China juga akhirnya mau mengimpor vaksin-vaksin mRNA, seperti vaksin Pfizer. Sebelumnya, China mengandalkan vaksin-vaksin dalam negeri. Presiden Joko Widodo juga menggunakan vaksin Sinovac. 

Sejumlah warga China dilaporkan rela pergi ke luar China Daratan agar mendapatkan vaksin mRNA. Salah satu target kunjungan adalah Macau. 


China Setop Terbitkan Data Infeksi Harian

Seminggu Setelah China Longgarkan Tindakan Pengendalian COVID-19
Seorang kurir berjalan melewati toko-toko yang tutup di sebuah mal di Beijing, China, Kamis (15/12/2022). Seminggu setelah China melonggarkan beberapa tindakan pengendalian COVID-19 yang paling ketat di dunia, ketidakpastian masih ada mengenai arah pandemi di negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia tersebut. (AP Photo/Ng Han Guan)

China telah berhenti menerbitkan data harian COVID-19. Langkah ini menambah kekhawatiran bahwa kepemimpinan negara tersebut mungkin menyembunyikan informasi negatif tentang pandemi setelah pelonggaran pembatasan.

National Health Commission (NHC) atau Komisi Kesehatan Nasional China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka tidak akan lagi mempublikasikan data setiap hari mulai Minggu 25 Desember 2022, dan bahwa "mulai sekarang, CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit) China akan merilis informasi COVID yang relevan untuk referensi dan penelitian." 

Mengutip informasi dari situs NPR, Senin (26/12), NHC tidak mengatakan mengapa perubahan itu dilakukan dan tidak menunjukkan seberapa sering CDC akan merilis data.

China mengalami lonjakan kasus baru Virus Corona COVID-19 sejak pembatasan dilonggarkan. Di Provinsi Zhejiang timur China saja, pemerintah provinsi mengatakan mengalami sekitar 1 juta kasus baru setiap hari. Sementara itu, Bloomberg dan Financial Times melaporkan perkiraan yang bocor dari pejabat tinggi kesehatan China bahwa sebanyak 250 juta orang mungkin telah terinfeksi dalam 20 hari pertama bulan Desember.

Terlepas dari lonjakan kasus COVID-19, China telah menangguhkan sebagian besar tempat pengujian COVID-19 publik. Itu berarti tidak ada ukuran publik yang akurat tentang skala infeksi di seluruh negeri.

Pekan lalu, pejabat kesehatan China juga membela ambang batas tinggi negara untuk menentukan apakah seseorang meninggal karena COVID-19.

Saat ini, China mengecualikan siapa pun yang terinfeksi COVID yang meninggal tetapi juga memiliki kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya, dan dalam empat hari menjelang keputusan komisi kesehatan untuk mengakhiri perihal publikasi data, China melaporkan nol kematian akibat COVID.


WHO Siap Bantu

Xi Jinping
Xi Jinping menyampaikan pidato penting dalam upacara peringatan 100 tahun berdirinya Partai Komunis China (Communist Party of China/CPC) di Beijing, ibu kota China, pada 1 Juli 2021. (Xinhua/Ju Peng).

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa China mungkin "di belakang kurva" dalam pelaporan data, menawarkan bantuan untuk mengumpulkan informasi. Direktur Eksekutif Program Kedaruratan Kesehatan WHO Michael Ryan mengatakan, "Di China, yang dilaporkan adalah jumlah kasus yang relatif rendah di ICU, tetapi secara anekdot ICU sedang penuh."

Airfinity, sebuah firma data kesehatan Inggris, memperkirakan minggu lalu bahwa angka COVID sebenarnya di China adalah satu juta infeksi dan 5.000 kematian setiap hari.

Pada hari Jumat, seorang pejabat kesehatan di Qingdao, di provinsi Shandong timur China, mengatakan kota itu melihat sekitar 500.000 kasus COVID baru setiap hari. Laporan itu dibagikan oleh outlet berita, tetapi kemudian tampaknya telah diedit kemudian untuk menghapus angkanya. Dilaporkan juga ada lonjakan kebutuhan akan krematorium.


Pelonggaran Prokes COVID-19 Sejak Awal Desember

China Mulai Berikan Vaksin COVID-19 Hirup
Seorang wanita mengenakan masker berjalan di dekat poster yang mempromosikan vaksinasi COVID-19 di pusat kesehatan masyarakat di Beijing, Rabu (26/10/2022). Kota Shanghai di China mulai memberikan vaksin COVID-19 yang dapat dihirup pada hari Rabu di tempat yang tampaknya menjadi yang pertama di dunia. (AP/Andy Wong)

China awal bulan ini telah membatalkan banyak tindakan COVID-19 yang sangat ketat, setelah terjadi protes di seluruh negeri yang mengkritik kepemimpinan. Demonstrasi dipicu oleh kematian dalam kebakaran di sebuah blok apartemen di kota Urumqi di Provinsi Xinjiang, yang menewaskan sedikitnya 10 orang.

Beberapa mengatakan kematian bisa dicegah jika pembatasan tidak terlalu ketat.

Dalam pengarahan baru-baru ini, Institute of Health Metrics and Evaluation Washington memperkirakan hingga 1 juta kematian pada tahun 2023 jika China tidak mempertahankan kebijakan jarak sosial.

Banyak yang khawatir bahwa perayaan Tahun Baru Imlek bulan depan di China bisa menjadi superspreader events (penyebaran super).

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19
Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya