Kisah Sandera Hamas Bertahan Hidup Saat Disandera Bersama 2 Anak: Ada yang Harus Saya Perjuangkan

Di penawanan Hamas, seorang ibu Israel menemukan kekuatan untuk bertahan hidup dalam diri 2 putrinya yang masih kecil.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 19 Des 2023, 20:43 WIB
Diterbitkan 19 Des 2023, 20:43 WIB
ibu dan anak
ilustrasi ibu dan anak warga Israel yang telah bebas dari sandera Hamas di Gaza. (Photo by lucas souza from Pexels)

Liputan6.com, Jakarta Masa-masa tantrum, penuh tangis, emosi, dan insiden toilet adalah momen perjuangan masa kanak-kanak yang tak asing lagi bagi setiap orang tua. Namun bagi Doron Katz Asher, tingkah laku sehari-hari anak-anak berubah menjadi dimensi baru yang menakutkan saat berada dalam tahanan Hamas bersama kedua putrinya yang masih kecil.

Jika gadis-gadis itu menangis, para militan akan menggedor pintu kamar tempat dia ditahan. Saat mereka lapar, dia tidak selalu punya apa pun untuk memberi mereka makan. Dia bahkan tidur dengan satu mata terbuka, selalu mengawasi putri-putrinya.

"(Akumerasa) Takut. Ketakutan bahwa mungkin karena putriku menangis dan membuat keributan, mereka akan mendapat arahan dari atas untuk mengambil tindakan terhadap mereka, untuk melakukan sesuatu terhadap mereka," kata Katz Asher kepada Israel Channel 12 TV dalam wawancara panjang yang disiarkan Sabtu 16 Desember 2023 malam. "Rasa ketakutan terus-menerus."

Kisahnya didasarkan pada semakin banyaknya tawanan yang dibebaskan yang berbagi kisah mengerikan mereka selama berminggu-minggu disandera meskipun masih ada sekitar 129 sandera.

Laporan Associated Press (AP) menyebut, Katz Asher, 34, dan putrinya Raz, 4, dan Aviv, 2, sedang mengunjungi keluarga di Kibbutz Nir Oz ketika Hamas menyerang komunitas pertanian yang sepi pada 7 Oktober. Katz Asher, putri-putrinya dan ibunya dimasukkan ke dalam traktor dan diantar ke Gaza.

Baku tembak terjadi antara militan yang menculik mereka dan pasukan Israel, membunuh ibunya dan menyebabkan dia serta Aviv terluka ringan, katanya dalam wawancara. Mereka termasuk di antara 240 orang yang jadi sandera pada hari itu dan penderitaannya telah mengejutkan dan mencekam warga Israel.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dibawa ke Apartemen Selama 16 Hari

Ilustrasi apartemen
Ilustrasi apartemen (dok.unsplash)

Setelah mereka sampai di Gaza, Katz Asher mengatakan dia dan putrinya dibawa ke apartemen sebuah keluarga, di mana luka-lukanya dijahit tanpa anestesi di sofa, sementara anak-anak perempuannya melihatnya. Dia tidak mengatakan apakah Aviv dirawat.

Ayah di rumah tersebut berbicara bahasa Ibrani, yang menurutnya telah dia pelajari bertahun-tahun sebelumnya saat bekerja di Israel. Seorang ibu Palestina dan dua putrinya bertugas sebagai penjaga selama 16 hari mereka ditahan di rumah tersebut. Mereka disuruh diam, namun diberi pensil warna dan kertas serta diberi waktu menggambar.

Katz Asher mengatakan dia mulai mengajari anaknya yang berusia 4 tahun cara menulis dalam bahasa Ibrani. Kata pertama yang dia ajarkan adalah "aba," atau "ayah."

Ketika suara kampanye pemboman sengit militer Israel terdengar di sekitar mereka, para penculiknya memberinya harapan palsu, dengan mengatakan bahwa kesepakatan untuk pembebasan mereka sudah dekat. Menyebut dia dan putrinya pada akhirnya akan dibebaskan melalui perjanjian gencatan senjata sementara pada akhir November.


Dipindah ke Rumah Sakit

Ilustrasi Tahanan Kabur (Istimewa)
Ilustrasi Tahanan (Istimewa)

Karena makanan di rumah keluarga yang menahannya semakin menipis, suatu malam dia mengenakan pakaian Muslim yang menyembunyikan identitasnya dan bersama putrinya dipaksa berjalan selama 15 menit ke rumah sakit yang tidak disebutkan namanya dalam wawancara, di mana mereka ditempatkan di sebuah rumah sakit sekamar dengan tawanan Israel lainnya yang dia kenali.

10 orang dikurung bersama di ruangan seluas 130 kaki persegi dengan wastafel tetapi tanpa kasur. Jendelanya tertutup rapat, makanannya tidak konsisten, dan penggunaan toilet bergantung pada izin para penculiknya.

"Mereka bisa buka pintu setelah lima menit atau satu setengah jam," katanya, mengulangi kesaksian serupa dari tawanan lain yang dibebaskan. Tapi, tambahnya, "gadis kecil tidak bisa menahannya.""

Katz Asher mengatakan salah satu putrinya mengalami demam 104 derajat Fahrenheit selama tiga hari berturut-turut. Untuk menurunkannya, dia menyiramkan air dingin ke dahinya.

 


Cara Mereka Mengisi Waktu dalam Penahanan

Penjara - Vania
Ilustrasi Penjara/https://unsplash.com/Denis Oliveira

Katz mengatakan mereka membuat setumpuk kartu dan menggambar makanan yang sangat mereka rindukan untuk mengisi waktu. Katz Asher menyimpan porsi kecil makanannya — roti pita dengan keju oles dan nasi berbumbu dengan daging — agar putrinya tidak kelaparan.

Putri-putrinya tak henti-hentinya memiliki daftar pertanyaan tentang cobaan berat yang mereka alami, kepolosan rasa ingin tahu seorang anak yang bertabrakan dengan bencana yang tidak dapat dijelaskan.

"Kapan kita akan kembali menemui ayah di rumah? Dan kapan mereka akan kembali ke tempat penitipan anak? Dan mengapa pintunya terkunci? Kenapa kita tidak bisa pulang saja? Dan bagaimana kita bisa tahu jalan pulang?"

Sementara itu, dengan rasa takut yang menyelimutinya, Katz Asher berkata bahwa dia menunjukkan ketenangan pada putrinya, berjanji kepada mereka, dan mungkin dirinya sendiri, mereka akan segera pulang.

"Apa yang membantu saya bertahan hidup di sana adalah karena putri-putri saya ada bersama saya," katanya. "Ada sesuatu yang harus saya perjuangkan."

Infografis Ragam Tanggapan PBB Serukan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ragam Tanggapan PBB Serukan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya