5 Hal Menarik yang Akan Ditampilkan dalam Pembukaan Olimpiade Paris 2024

Berikut ini lima hal menarik dalam pembukaan Olimpiade Paris 2024.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 26 Jul 2024, 16:02 WIB
Diterbitkan 26 Jul 2024, 16:02 WIB
Ilustrasi upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024.
Ilustrasi upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024. (Bola.com/Dok.Olimpiade).

Liputan6.com, Paris - Olimpiade Paris 2024 siap digelar, dan dunia olahraga sedang bersiap menyaksikan kompetisi sengit di 32 cabang olahraga. Acara yang akan berlangsung selama 19 hari, mulai 26 Juli hingga 11 Agustus, akan menyatukan lebih dari 10.500 atlet dari 206 negara dalam perebutan 329 medali emas.

Berikut ini, dikutip dari laman BBC, Jumat (26/7/2024) 5 hal menarik dalam pembukaan Olimpiade Paris 2024:

1. Upacara Pembukaan Secara Outdoor

Untuk pertama kalinya, upacara tersebut tidak akan diadakan di stadion, tetapi di jantung kota.

Tim Olimpiade dari seluruh dunia akan berparade di sepanjang Sungai Seine menggunakan perahu lalu disaksikan oleh sekitar 300.000 penonton dalam pertunjukan yang diarahkan oleh Thomas Jolly, direktur artistik pembukaan tersebut.

Armada tersebut akan membawa lebih dari 10.000 atlet sepanjang rute enam mil (3,7 km) di sepanjang jalur air, yang telah diawasi ketat kebersihannya.

Penyelenggara berharap tontonan hari Jumat (26/7) akan lancar, di tengah operasi keamanan besar-besaran yang akan melibatkan puluhan ribu polisi.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengakui bahwa rencana B (dan rencana C) telah disusun jika tantangan tersebut terbukti tidak dapat diatasi.

2. Kota Cahaya yang Megah

Perahu-perahu akan melewati beberapa jembatan dan bangunan terkenal di kota Paris dalam perjalanan mereka di malam hari -- termasuk katedral Notre-Dame dan tentu saja Menara Eiffel -- sebelum mencapai Trocadéro.

Perjalanan akan berakhir saat matahari terbenam di sisi barat kota, yang diharapkan oleh penyelenggara akan semakin memperkuat kesan Kota Cahaya dari Paris.

Presiden Olimpiade Tony Estanguet berjanji bahwa pengaturan waktu akan membuat pertunjukan "lebih baik, dengan dimensi yang benar-benar puitis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Kamera di Setiap Perahu

Cincin Olimpiade Dipajang di Menara Eiffel
Struktur cincin yang terbuat dari baja Prancis yang didaur ulang ini akan dipajang di sisi selatan landmark berusia 135 tahun di pusat kota Paris, menghadap ke Sungai Seine. (AP Photo/Thomas Padilla)

Penyelenggara menjanjikan kamera di setiap perahu untuk memperlihatkan para atlet dari dekat.

Namun yang masih harus dilihat bagaimana pengaturan ini disesuaikan untuk delegasi Olimpiade dengan ukuran yang berbeda-beda.

Amerika Serikat, misalnya, mengirimkan sekitar 600 peserta sementara beberapa negara kecil diwakili oleh hanya satu peserta.

Puluhan kapal akan digunakan, dengan bantuan dari perusahaan perahu lokal.

 


5. Pembawa Obor Olimpiade Masih Misterius

Olimpiade Paris 2024
Orang-orang berpose di tangga dekat logo Olimpiade Paris 2024 di La Defense Paris, beberapa hari jelang upacara pembukaan. (AFP/Loic Venance)

Obor Olimpiade sudah melakukan perjalanan ke ibu kota Prancis dari Yunani dalam estafet besar-besaran yang dimulai lebih dari tiga bulan lalu.

Sebagai bagian dari perjalanannya, obor tersebut diangkut sebentar dengan perahu dayung terpanjang di dunia yaitu Stampfli Express berkapasitas 24 kursi.

Mengenai siapa yang akan mendapat kehormatan menyalakan obor Olimpiade, itu masih dirahasiakan.

Tugas itu sebelumnya diberikan kepada orang-orang seperti Muhammad Ali di Atlanta pada tahun 1996 dan kepada pelari cepat Aborigin Cathy Freeman di Sydney empat tahun kemudian.

Infografis Timnas Indonesia U-23 Berburu Tiket Terakhir Olimpiade Paris 2024 dan Harapan Menang Lawan Guinea
Infografis Timnas Indonesia U-23 Berburu Tiket Terakhir Olimpiade Paris 2024 dan Harapan Menang Lawan Guinea (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya