Colorado State University Jadi Magnet Bagi Pelajar Internasional

Colorado State University yang terletak di Fort Collins, merupakan salah satu yang terbesar di negara bagian tersebut.

oleh Tim Global diperbarui 07 Agu 2024, 15:04 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 15:04 WIB
Bendera AS
Ilustrasi negara Amerika Serikat merayakan Memorial Day. Credits: pexels.com by Brett Sayles

Liputan6.com, Fort Collins - Negara bagian Colorado di Amerika Serikat menjadi tujuan populer bagi pelajar internasional. Colorado State University di Fort Collins, salah satu yang terbesar di negara bagian tersebut.

Reporter VOA asal Ukraina Svitlana Prystynska melihat begitu banyak hal yang menarik terkait minat dari pelajar dari negara lain untuk menimba ilmu di sana.

Dustin Moreno dari Panama memutuskan, dengan melanjutkan pendidikan ke AS akan membantunya memecahkan masalah di sektor pertanian negaranya, dikutip dari laman VOA Indonesia, Rabu (7/8/2024).

"Saya memutuskan untuk datang ke AS untuk mendapatkan gelar master saya karena Amerika Serikat memiliki salah satu universitas terbaik dalam ilmu pertanian secara umum. Dan juga karena bahasa Inggris. Saya tahu bahasa Inggris adalah bahasa komersial yang kita gunakan di mana pun," jelasnya.

Moreno sempat khawatir proses penerimaannya akan sulit. Namun, dia mengatakan bahwa pihak universitas membantunya melalui kursus bahasa Inggris selama dua minggu yang ditujukan bagi mahasiswa internasional sebelum studi mereka.

Moreno mempelajari ilmu gulma di Colorado State University (CSU) dan berencana menggunakan pengetahuannya untuk mengatasi masalah sektor pertanian Panama.

Seperti masalah Panama yang tidak memiliki tanah berkualitas tinggi. Ada kalanya curah hujan tinggi, dan daerah pegunungan membatasi tanaman apa yang bisa ditanam.

"Dan ketika saya berada di Panama, saya menyadari bahwa masalah besar yang kami hadapi di Panama adalah pengelolaan gulma, dan kami tidak memiliki banyak orang yang bekerja di bidang tersebut. Saya melihatnya sebagai kesempatan untuk mempelajarinya. CSU memiliki salah satu program ilmu gulma terbaik di AS. Saya hampir menyelesaikan gelar master saya dan saya berencana untuk kembali ke negara saya dan tinggal di sana," sebutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Persiapan Mahasiwa Menghadapi Prospek Kerja di AS

Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)
Bendera Amerika Serikat (AP PHOTO)

Universitas itu membantu mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi prospek kerja di Amerika Serikat dan negara lain dengan berfokus pada program bahasa Inggris.

Laurel Bond, instruktur senior di program internasional di CSU mengatakan: "Mengajar bahasa Inggris di lingkungan ini merupakan hak istimewa terbesar dalam hidup saya. Ini membuka banyak peluang bagi murid-murid saya, keuntungan secara ekonomi, akademis, dan ilmiah di komunitas tersebut, Namun hal ini juga menciptakan hambatan besar jika Anda tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris yang benar-benar profesional."

Lauren Kinter, direktur Program untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Akademik dan Komunitas, atau PLACE, di CSU yang membantu mahasiswa internasional menyesuaikan diri dengan kampus.

"(Program) ini memberi siswa kesempatan untuk tidak hanya meningkatkan kemahiran bahasa mereka tetapi juga membantu mereka mendapatkan akses ke pendidikan, juga akses ke budaya. Menjadi pelajar internasional lebih dari sekedar belajar akademis. Siswa harus dapat berintegrasi penuh ke dalam komunitas CSU dan komunitas Fort Collins," jelasnya.

 


Upaya Membangun Kepercayaan Diri

Ilustrasi bendera Amerika Serikat (AFP Photo)
Ilustrasi bendera Amerika Serikat (AFP Photo)

Moreno mengatakan, belajar di Amerika Serikat juga membantu membangun kepercayaan dirinya.

"Teruslah berusaha, percayalah pada dirimu sendiri. Saya tahu ini kadang-kadang merupakan perjalanan yang sulit. Anda akan merasa bahwa Anda tidak bisa melakukannya tetapi Anda pasti bisa melakukannya."

Selama tahun akademik 2023, kampus Colorado State University menampung mahasiswa internasional dari hampir 30 negara.

Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Amerika Serikat dan China Terancam Perang Dingin? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya