1.552 Orang Tewas dalam Perang Israel Vs Hizbullah di Lebanon Sejak 23 September 2024

Perang Israel melawan Hizbullah di Lebanon sudah satu bulan.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 23 Okt 2024, 16:08 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2024, 16:08 WIB
Tim Penyelamat Terus Cari Korban di Reruntuhan Gedung Pasca-Serangan Udara Israel
Kementerian Kesehatan Lebanon menyampaikan serangan udara Israel menghantam pusat Kota Beirut pada hari Kamis (10/10/2024) yang menyebabkan dua lingkungan, yakni Ras al-Nabaa dan daerah Burj Abi Haidar terbakar. (AP Photo/Hussein Malla)

 

Liputan6.com, Beirut - Perang Israel vs Hizbullah masih berlanjut. Israel terus membombardir Lebanon pada Selasa (22/10) setelah serangan larut malam yang menewaskan 18 orang di dekat rumah sakit Beirut, media pemerintah melaporkan, saat perangnya melawan Hizbullah sudah mencapai satu bulan.

Kematian terbaru ini membuat jumlah korban keseluruhan di Lebanon sejak 23 September 2024 menjadi sedikitnya 1.552, menurut penghitungan AFP dari angka kementerian kesehatan yang dikutip Rabu (23/10/2024) meskipun jumlah sebenarnya kemungkinan lebih tinggi karena perbedaan data.

Kantor berita resmi Lebanon, National News Agency (NNA) mengatakan empat serangan menghantam pinggiran selatan Beirut yang diperangi, benteng Hizbullah, dengan rekaman AFP menunjukkan gumpalan asap mengepul di atas area tersebut.

Serangan itu memaksa Hizbullah untuk mempersingkat konferensi pers setelah tentara Israel mengeluarkan perintah evakuasi untuk area tersebut.

Serangan Israel mengenai sasaran beberapa ratus meter dari tempat kejadian hanya beberapa menit setelah wartawan pergi, kata seorang jurnalis video AFP.

Gambar-gambar AFP menunjukkan satu serangan di daerah Ghobeiri meratakan kompleks apartemen 11 lantai, 

Di wilayah selatan negara itu, Palang Merah Lebanon mengatakan tiga paramedis terluka dalam serangan di Nabatiyeh saat mereka melakukan misi penyelamatan yang dikoordinasikan dengan pasukan penjaga perdamaian PBB.

Serangan di Nabatiyeh menciptakan "sabuk api," dengan sejumlah bangunan tempat tinggal, toko, dan kafe hancur dalam "kurang dari 30 detik", kata NNA, yang menyebutnya sebagai pemboman terberat Israel di kota itu sejak dimulainya perang.

"Satu jalan terlihat seperti medan perang yang mengerikan," lapor NNA.

 

Tidak Ada Peringatan Evakuasi

Ambulans yang membawa korban luka akibat ledakan pager tiba di luar rumah sakit Universitas Amerika, di Beirut, Lebanon, Selasa (17/9/2024).
Ambulans yang membawa korban luka akibat ledakan pager tiba di luar rumah sakit Universitas Amerika, di Beirut, Lebanon, Selasa (17/9/2024). (Dok. AP/Hassan Ammar)

Tentara Israel juga mengebom Al-Hawsh, tepat di selatan Kota Tyre, kata NNA, dengan rekaman AFPTV yang menunjukkan asap mengepul di atas area tersebut.

Pengeboman hari Selasa (22/10) menyusul penembakan hebat hari sebelumnya yang menewaskan total 63 orang dan melukai 234 orang, menurut data kementerian kesehatan.

Adapun jumlah korban hari Senin (20/10) termasuk 18 orang tewas, empat di antaranya anak-anak, dalam serangan Israel di dekat rumah sakit Beirut selatan, kata kementerian tersebut.

Sebanyak 60 orang lainnya terluka dalam serangan di dekat Rumah Sakit Rafic Hariri, fasilitas kesehatan publik terbesar di Lebanon, yang terletak di Jnah beberapa kilometer dari pusat kota, kata kementerian kesehatan.

Tidak ada peringatan evakuasi untuk lingkungan padat penduduk yang telah melihat masuknya orang-orang yang mengungsi dari daerah yang lebih jauh ke selatan.

Rumah sakit mengalami kerusakan kecil dalam serangan itu, dengan jendela pecah dan panel surya hancur, kata direkturnya.

Namun, serangan itu meratakan empat bangunan di dekatnya, seorang koresponden AFP melaporkan.

Tim penyelamat masih menyisir puing-puing untuk mencari korban selamat pada hari Selasa (22/10/).

Di antara mereka adalah penduduk Ola Eid yang mengatakan bahwa dia telah menyaksikan dari balkonnya pada malam sebelumnya ketika lingkungannya dibom.

"Anak-anak sedang bermain di halaman," kata Eid kepada AFP.

"Saya melemparkan mereka cokelat dan permen dari balkon saya," tambahnya.

"Sebelum mereka sempat menangkap mereka, serangan pertama terjadi, lalu yang kedua. Saya melihat anak-anak tercabik-cabik."

Serangan itu terjadi setelah Israel menuduh Hizbullah pada hari Senin (21/10) menyimpan uang di bunker di bawah Rumah Sakit Sahel di dekatnya, tuduhan yang dibantah oleh pemilik fasilitas itu.

Para wartawan diundang untuk mengunjungi rumah sakit itu pada hari Selasa (23/10) karena seruan untuk melindungi infrastruktur medis Lebanon semakin meningkat.

Rumah Sakit Sahel berjarak kurang dari dua kilometer dari Rafic Hariri dan keduanya telah merawat korban serangan Israel.

 

Israel Perluas Jangkauan Perangnya dari Gaza ke Lebanon Sejak September

Membabi Buta, Serangan Israel Ratakan Bangunan di Lebanon Utara
Kementerian kesehatan dan media resmi Lebanon melaporkan serangan Israel tersebut menghantam daerah yang dihuni warga dengan mayoritas beragama Kristen dan jauh dari kubu Hizbullah. (JOSEPH EID/AFP)

Bulan September lalu, Israel memperluas cakupan perangnya dari Gaza ke Lebanon, bersumpah untuk terus memerangi Hizbullah sampai mengamankan perbatasan utaranya untuk memungkinkan kembalinya orang-orang yang mengungsi akibat tembakan roket.

Hizbullah mengonfirmasi pada hari Selasa (23/10) bahwa beberapa pejuangnya telah ditawan tanpa memberikan angka apa pun.

Sebelumnya, tentara Israel mengatakan telah menangkap total empat pejuang Hizbullah sejak dimulainya serangan daratnya di Lebanon, dan merilis rekaman video yang katanya menunjukkan salah satu dari mereka menjawab pertanyaan.

Kelompok yang didukung Iran itu juga mengklaim bertanggung jawab atas serangan pesawat tak berawak yang menargetkan kediaman Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Kota Caesarea pada akhir pekan.

Infografis Israel Mulai Serbu Lebanon Lewat Darat. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Israel Mulai Serbu Lebanon Lewat Darat. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya