Bayi Baru Lahir Tidur Terus, Ibu Pakai Strategi ini Saja

Banyak ibu baru yang menderita dengan waktu tidur bayinya yang tak menentu dan mengatasinya dengan berbagai strategi seperti di bawah ini.

oleh Melly Febrida diperbarui 04 Apr 2014, 15:00 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2014, 15:00 WIB
Bayi Baru Lahir
Ilustrasi (Foto: Sheknows.com)

Liputan6.com, New Delhi Setiap ibu baru kesulitan menyesuaikan waktu tidur bayinya. Pada sebagian besar kasus, bayi tidur sepanjang hari dan terjaga pada malam hari. Namun, pada beberapa kasus yang beruntung, bayi bisa tidur nyenyak baik siang dan malam hari.

Banyak ibu baru yang menderita dengan waktu tidur bayinya yang tak menentu dan mengatasinya dengan berbagai strategi seperti dilansir Boldsky, Jumat (4/3/2014):

1. Atur waktu

Seringkali ibu baru membuat bayinya tidur di sepanjang hari. Ini tak perlu agar Anda bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Atur waktu sehingga bayi memiliki waktu untuk tidur.

Misalnya, jika Anda membuat bayi Anda tidur setiap hari selama satu atau dua jam setelah makan siang, maka secara bertahap menjadi kebiasaan anak untuk tidur setelah makan siang.

2. Bangunkan

Ini adalah strategi untuk bayi yang baru lahir. Bayi ini merasa seperti dalam rahim sehingga selalu tertidur. Seorang ibu baru sebaiknya Anda membangunkan bayi yang tidur. Namun, Anda harus memberikan ASi setiap satu atau dua jam, jadi coba bangunkan bayi dengan cara halus.

3. Aktivitas menyenangkan

Terlibat dengan beberapa kegiatan menyenangkan bersama bayi Anda adalah kunci untuk menyeimbangkan waktu tidur anak Anda. Bermain dengan bayi Anda setiap kali dia merasa mengantuk. Anda juga bisa mengalihkan pikirannya dengan mengajaknya berjalan-jalan keluar. Ini bisa mencegah mereka tidur sepanjang hari.

4. Atur mood

Ketika Anda ingin bayi Anda tidur, atur suasana hati Anda dengan sempurna. Gelapkan kamar dan Anda juga berbaring di ranjang. Ini akan membuat bayi berpikir bahwa ini adalah waktu tidur untuk semua orang. Jangan berbicara sama sekali atau dia akan bangun.




* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya